Bulan kembar pada tanggal 27 Agustus 2008, benarkah?

Tanggal 27 Agustus seluruh dunia akan menunggu untuk suatu moment. Planet Mars terlihat sebesar bulan dengan mata telanjang. Pada 27 Agustus planet ini berjarak 34,65 juta mil dari Bumi. Pastikan untuk melihat fenomena ini. Pada tanggal 27 Agustus 2008 jam 00.30 terlihat Bumi memiliki 2 bulan alias bulan kembar. Fenomena ini akan terjadi lagi pada tahun 2287. Kabari fenomena ini kepada teman-teman karena fenomena ini tidak akan pernah bisa terlihat lagi!

-Email & YM berantai-

Benarkah informasi tersebut?

Setelah melakukan penelusuran referensi dengan bantuan Ki Google, maka saya bisa pastikan informasi tersebut hanyalah berita bohong belaka. HOAX!

Perhatikan penggalan kalimat yang saya bold di atas. Dikatakan bahwa Bumi akan terlihat memiliki dua bulan alias bulan kembar. Secara tersirat kalimat tersebut mengandung makna pada tanggal 27 Agustus 2008 akan terjadi bulan purnama. Dan pada saat bersamaan, Mars juga akan terlihat sebesar bulan.

Apakah benar pada tanggal 27 Agustus 2008 akan terjadi bulan purnama? TIDAK! Karena pada tanggal tersebut akan terjadi pergantian dari bulan Sya’ban ke Ramadhan. Artinya penampakan bulan akan terlihat menyerupai bulan sabit. Bahkan sangat mungkin tidak terlihat. Perhatikan gambar nomer 8 di bawah ini!

Sampai di situ sebenarnya sudah ketahuan bahwa informasi berantai tersebut salah. Masih belum puas? Baiklah, akan saya paparkan bukti berikutnya…

Ternyata informasi tersebut pernah menyebar pada tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya di Indonesia. Banyak sekali posting berita dan blog di internet berhasa inggris yang menampilkan informasi yang sama.

The Red Planet is about to be spectacular! This month and next, Earth is catching up with Mars in an encounter that will culminate in the closest approach between the two planets in recorded history. The next time Mars may come this close is in 2287. Due to the way Jupiter’s gravity tugs on Mars and perturbs its orbit, astronomers can only be certain that Mars has not come this close to Earth in the Last 5,000 years, but it may be as long as 60,000 years before it happens again.

The encounter will culminate on August 27th when Mars comes to within 34,649,589 miles (55,763,108 km) of Earth and will be (next to the moon) the brightest object in the night sky. It will attain a magnitude of -2.9 and will appear 25.11 arc seconds wide. At a modest 75-power magnification Mars will look as large as the full moon to the naked eye. Mars will be easy to spot. At the beginning of August it will rise in the east at 10 p.m. and reach its azimuth at about 3 a.m.

By the end of August when the two planets are closest, Mars will rise at nightfall and reach its highest point in the sky at 12:30 a.m. That’s pretty convenient to see something that no human being has seen in recorded history. So, mark your calendar at the beginning of August to see Mars grow progressively brighter and brighter throughout the month. Share this with your children and grandchildren. NO ONE ALIVE TODAY WILL EVER SEE THIS AGAIN

Wikipedia

Sejarah Mars Hoax

Menurut Wikipedia, informasi tersebut mulai tersebar sejak tahun 2003. Memang benar pada tahun 2003 jarak Mars ke Bumi sangat dekat. Sekitar 55 juta kilometer. Letak kesalahan informasinya adalah pada kalimat bahwa Mars akan terlihat sebesar bulan purnama dengan mata telanjang. Faktanya, untuk melihat Mars sebesar bulan purnama harus menggunakan teleskop dengan pembesaran 75 hingga 80 kali.

Berita bohong tersebut kembali mencuat pada tahun 2005. Isinya kurang lebih sama. Padahal pada tahun tersebut jarak Mars ke Bumi sekitar 69 juta kilometer. Lebih jauh dibanding tahun 2003.

Tahun 2007 juga sama. Demikian juga dengan tahun 2008 ini. Berita bohong tersebut kembali muncul ke permukaan. Banyak yang langsung memercayai berita tersebut dan kemudian ikut menyebarkan melalui Yahoo Messenger, SMS, milis dan posting blog.

Data Matahari, Planet dan Bulan

Berikut ini data diameter Matahari, Planet dan Bulan [sumber] – dalam RIBU KILOMETER

  • Matahari: 1400
  • Merkurius: 4.9
  • Venus: 12.1
  • Bumi: 12.7 Bulan: 3.5
  • Mars: 6.8
  • Jupiter: 140
  • Saturnus: 120
  • Uranus: 51
  • Neptunus: 49
  • Pluto: 2.3

Data lengkap tentang Tata Surya baca di Wikipedia [klik!]

Diameter Bulan sekitar setengah diameter Mars. Namun jarak Mars ke Bumi berpuluh-puluh kali jarak Bulan ke Bumi. Dengan logika sederhana sudah bisa dipastikan bawa Mars tidak akan pernah terlihat sebesar Bulan

Jika benar-benar terjadi

Meskipun sudah bisa dipastikan bahwa berita tersebut bohong belaka, namun tidak ada salahnya mencoba membayangkan apa yang akan terjadi jika hal tersebut benar-benar terjadi.

Mars sebesar Bulan. Artinya jarak mereka ke Bumi hampir sama. Satu bulan saja bisa mengakibatkan air laut pasang beberapa meter ketika terjadi bulan purnama. Jika Mars mendekat ke Bumi sedekat Bulan, maka bisa dipastikan air laut akan pasang dengan dahsyat. Tentu saja ini sangat berbahaya!

Mari kita buktikan

Jika masih kurang percaya dengan berbagai penjelasan di atas, maka satu-satunya jalan adalah dengan menyaksikan ‘fenomena’ tersebut bersama-sama. Mari kita bangun pada pukul 00.30 tanggal 27 Agustus 2008 dan bersama-sama mendongak ke angkasa. Siapkan kamera terbaik Anda.

Jika tahun 2009 berita tersebut muncul lagi, maka dengan santai Anda bisa tunjukkan bukti, bahwa itu hanyalah gosip belaka! :mrgreen:

27 thoughts on “Bulan kembar pada tanggal 27 Agustus 2008, benarkah?

  1. Pingback: Fenomena langka: Bumi dengan Dua Bulan! « Deteksi

  2. kucluk

    hemmm…
    bener cangkemmu lik!..
    wong bulan purnama wes kliwat kok! (pas ono gerhana kuwi kan bulan purnama)
    masa’ ada satu bulan terjadi dua kali bulan purnama..

    oke,…
    mari kita buktikan saja!….

  3. det Post author

    @rindu: gimana kalo kita lihat dari jendela yang sama aja, Rindu? ;;)

    @antown: kalo masih melek tolong saya dibangunkan ya.. :mrgreen:

    @anang: iya, makanya biar pada percaya aku kasih datanya :p

    @kucluk: siapkan kameramu! ;;)

    @arifudin: wah makasih senyum manisnya 😉

  4. Epat

    weih, bener jugaya…
    wah padahal ada temen yang udah bersiap-siap membawa klgnya ke puncak untuk nonton bulan kembar itu ntar..

  5. det Post author

    @gajah: iya mas gajah..

    @epat: kalo ke puncak dapetnya gunung kembar :mrgreen:

    @inung: begitulah..

    @jiewa: hoho… priyadi.net? sama isinya apa sama gaya tulisannya mas jie? 😉

  6. ndop

    Banyak yang langsung memercayai berita tersebut dan…

    itu diya (yang dicetak tebal) penulisan yang BENAR!!!

    loh, aku iki kok malah ngenet! kudune mau ndelok langit, buwat membuktikan apakah hal di atas nyata adanya…

  7. Langgeng

    Tanggal 22 Agustus 2009 bertepatan tanggal 1 Ramadhan 1430. Berarti tanggal 27 Agustus 2009 bertepatan tanggal 8 Ramadhan 1430. Bulan purnama kan tanggal 15.

  8. Pingback: Fenomena Bulan Kembar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *