Jusuf Kalla tidak hormati Merah Putih

Hari ini Indonesia memperingati ulah tahun kemerdekaan ke 63. Seperti biasa pemerintah mengadakan upacara bendera di istana.

Ada yang mengganjal di hati saya ketika menyaksikan upacara yang disiarkan secara langsung di beberapa televisi tersebut. Ketika Presiden SBY memberikan hormat, Wapres JK tidak ikut hormat. Kejadian tersebut terulang lagi pada upacara penurunan bendera.

Menurut beberapa teman yang saya hubungi, memang kalau memakai penutup kepala tidak wajib hormat dengan mengangkat tangan ke pelipis wajah. Cukup menunduk. Waktu itu JK memang memakai songkok.

Saya perhatikan peserta upacara yang lain. Hampir semua melakukan hormat dengan mengangkat tangan, termasuk yang memakai penutup kepala.

Jadi makin bingung ya?!

23 thoughts on “Jusuf Kalla tidak hormati Merah Putih

  1. gempur

    JK emang beda dan pengen tampil beda dengan banyak melangkahi pakem yang ada, mas! Sekalian menunjukkan betapa kuatnya pengaru dia ke SBY. hehehe

  2. Kind

    ouw iya ta kalo pake penutup kepala g perlu hormat?

    Lha aq dulu waktu PasKiBra pakek songkok juga tp ttep hormat..

    hm..jaman sudah berubah.. :mrgreen:

  3. dhieskha

    makasih ya mas det. papa seneng aku punya blog dan mau dibelikan notebook! salamnya buat bu guru cantik sudah aku sampein mas det.

  4. det Post author

    @risdania: begitulah yang terjadi…

    @kucluk: masa lupa kok sampe 2 kali, pagi dan sore?

    @azaxs: tanyakan pada rumput yang bergoyang… :mrgreen:

    @arul: kalo sipil cara hormatnya gimana rul?

    @gempur: waw… hipotesa menarik!

    @adhini: ato mungkin saking menghayatinya ya dhin… ato hormat di dalam hati? :mrgreen:

    @kindy: waw… mantan paskibraka ya? keren! udah punya cowok blm kin? xixixixi…

    @mbahsagkil: mungkin aja mbah..

    @dhieskha: makasih ya dek… salam lagi ya… hehe… 😉

    @cempluk: semoga kalo sakit cepat sembuh pluk..

  5. Berly

    Check this out, guys…
    Website: http://www.myspace.com/funeralremain
    Email: [email protected]
    Friendster: http://www.friendster.com/funeralremain

    We are Grunge, Experimental Psychedelic, Rock Alternative band from here….SMALVEN

    Best Regards from us,
    Cheers !!

  6. Oemar Bakrie

    Menurut beberapa teman yang saya hubungi, memang kalau memakai penutup kepala tidak wajib hormat dengan mengangkat tangan ke pelipis wajah. Cukup menunduk. Waktu itu JK memang memakai songkok.

    Lho opo gak kewalik tah? setahu saya justru kalau pakai tutup kepala (topi, songkok, sorban dll.) harus mengangkat tangan tapi kalau nggak pakai tutup kepala cukup menunduk saja …

  7. Pingback: Jusuf Kalla undang SPAM — deteksi.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *