Harga kamera DSLR Olympus

Selama ini untuk keperluan ngeblog saya mengandalkan kamera henpon Nokia N-lawas dan kamera poket Casio Exilim. Hasilnya tentu saja memuaskan saya sendiri. Sedangkan orang lain yang melihatnya bisa saja langsung mengernyitkan dahi. Foto apa ini? Mungkin begitu keluh kesah kalian. Hayo ngaku!

Sebenarnya saya tertarik jeprat-jepret sudah sejak lama. Dalam sehari minimal ada 20an foto baru. Apa saja saya foto. Kucing yang sedang tidur dengan santainya hingga dosen yang mengajar dengan seriusnya, tak luput dari jepretan saya. Termasuk orang yang lagi asik pacaran. Sementara tangan mereka bergerilya ke mana-mana, tangan saya langsung bergerilya ke dalam saku. Dengan gesit membuka penutup lensa dan langsung, jepret!

Nah, lama-lama kok jadi pengen beli kamera yang lebih sakti. Jujur saja kamera henpon ini hanya menambah kepekaan membidik objek. Terutama objek mesum. :mrgreen: Sedangkan hasil gambarnya tidak bisa diandalkan. Juga tidak bisa detail dan ambilnya harus dari jarak dekat. Coba pakai kamera dengan kemampuan zoom tinggi, kan bisa memotret dari jarak jauh. Bebas konflik pula. Karena pernah ketika memotret orang yang sedang saling remas, di pinggir telaga Ngebel, Ponorogo, si objek marah dan nantang berkelahi. Hehehe…

Sementara kamera poket Casio Exilim ini hasilnya juga tidak maksimal. Banyak kekurangan di sana-sini. Sudah dimasukkan ke Adobe Photoshop tetap saja. Gambarnya kurang hidup. Flat. Hanya cukup untuk keperluan dokumentasi yang tidak memerlukan artistik dan estetika.

Akhirnya saya putuskan untuk membeli kamera DSLR. Karena masih awam sekali tentang kamera jenis ini, saya sempatkan untuk membeli buku tentang kamera DSLR. Ternyata isinya lebih banyak promo tentang kamera DSLR merek Sony. Sudah lupa apa kelebihannya. Tapi salah satunya adalah kemampuan live-view melalui LCD jadi tidak perlu mengintip melalui view-finder. Singkat kata saya langsung tertarik dengan kamera ini.

Besoknya saya baca di koran bahwa di Tunjungan Plaza, Surabaya, akan diadakan launching kamera DSLR merek Olympus. Apa pula ini? Jadi tambah bingung. Sebelumnya merek yang saya kenal untuk kamera DSLR hanyalah Nikon dan Canon. Tapi jujur saja ketika mendengar merek Canon, saya langsung ingat mesin fotokopi dan printer. Masa iya pabrikan fotokopi dan printer bisa bikin kamera bagus? Hehehe..

Sementara itu menurut Mbah Sangkil, jangan beli kamera Sony. Sony itu Walkman atau Handycam. Jangan-jangan Sony hanya menjajal keberuntungan di kamera DSLR? Akhirnya bisikan setan ini berhasil meredakan hasrat saya untuk memiliki Sony.

Singkat cerita saya bersama Kakaknya Kucluk dan Shei ini pergi ke pameran Olympus. Masuk melalui pintu belakang Sogo. Berjalan menyusuri connection TP4. Sampailah di lokasi. Prestige Floor TP3. Tampak seorang fotografer senior sedang memberikan contoh bagaimana memotret model. Kalau tidak salah, fotografer ini bekerja di FHM. Dan si model juga model FHM. Cantik dan sexy! Ah saya lupa namanya. Lihat saja pose dia di bawah ini.

Puas menyaksikan model sensual itu saya akhirnya mencari informasi berapa harga kamera DSLR Olympus yang sedang dilaunching. Waw! Sebelum mulai bertanya ke SPG nya, pandangan mata saya tertuju pada sebuah lensa tele seharga 35 juta! Ngiler! Hehe..

Ups!. Lupakan lensa tele. Urusan belakangan. Kameranya saja belum punya. Lanjut, tanya ke SPG. Dan ini dia rangkuman harga kamera DSLR Olumpus tersebut.

Pulangnya tak lupa ambil katalog produk Olympus untuk bahan perbandingan. Sampai di sini saya belum menentukan kamera DSLR mana yang akan saya beli. Tapi kayaknya Sony dan Canon sudah tersisih. Tinggal Olympus dan Nikon.

Si Sangkil kembali menegaskan, bahwa kamera DSLR terbaik adalah Nikon. Kali ini langsung menyebut tipe. D40. Aha! Saya sering melihat tulisan itu di blognya Galih Satria. Mungkin dia juga pakai D40 itu. Wah berarti bisa kasih review dong. Tapi melihat jepretan Galih sih bagus semua hasilnya. Selain karena jam terbangnya yang tinggi tentu saja karena kameranya bagus kan?! ;)

Yang sudah punya kamera DSLR, ayo bagi pengalaman dan testimoni. Ceritakan kelemahan dan kelebihan kamera kalian. Siapa tahu bisa jadi referensi saya dan pembaca blog ini yang sama bingungnya dengan saya. Hahahaha…

Oia, karena besok sudah puasa, saya atas nama pribadi dan hosting murah indonesia ini minta maaf atas segala salah dan khilaf. Mari masuki Romadhon dengan hati dan jiwa yang bersih. Semoga amal ibadah kita barokah. Aamiin.. Komitmen puasa sebulan penuh! Komitmen tidak misuh di siang hari sebulan penuh!

PERHATIAN ini adalah update harga tahun 2009. Saya tidak menjamin apakah harga sekarang masih sama dengan harga di postingan ini.

33 thoughts on “Harga kamera DSLR Olympus

  1. Pingback: Harga DSLR Olympus « Deteksi

  2. aRuL

    fotone kurang akeh….
    btw saya mau dong dihadiahi camera dslr, gimana kalo istanahosting ngadain lomba hadiahnya itu? :D

  3. Anang

    askum. bismillah

    ak hobi poto jg. tp ga punya nyawa utk membeli kamera, jadinya ya kamera handphone aja.

    alhamdulillah. wskum

  4. galih

    Lensa Olympus terkenal mahal. Asesoris tidak sebanyak Nikon karena bukan merk mainstream di Indonesia (Canon & Nikon). D40 bagus, tapi lensa terbatas, meteringnya agak liar (kadang terlalu over kadang terlalu under). Tapi buat fotografer candid sepertimu, sebaiknya berpikir agak panjang mengenai lensa-lensa tele yang dimiliki Olympus dan Nikon.

    Saya pakai Nikon D40. Happy hunting and welcome to the DSLR photography world :)

  5. det Post author

    @arul: kamu juga suka foto2 ta rul? kayaknya enggak deh! kalo toh ada hadiah kamera dslr kayaknya gak bakal dipake. jadi lebih baik tidak ada hadiah.. hehehe…

    @gajah: jawabannya sama seperti di atas :mrgreen:

    @fahmi: ah, beli aja belum udah mau dipinjem! ;)

    @anang: wah seleb ini suka menyingkat salam. terbiasa efisien. tapi kayaknya salah tempat nang kalo tulisan salam disingkat. mengenai motret pake henpon, gak maslaah sih sebenarnya. cuman kurang puas….

    @sapimoto: mimpi kan gratis kang! ayo mimpi lah… :mrgreen:

    @galih: iya sat, aku juga udah berfikir panjang mengenai lensa tele itu. terutama karena harganya :mrgreen: btw thanks review singkatnya. jadi lebih mudeng ;)

  6. risdania

    kalau butuh model untuk belajar,,,saya gag mau,,,wkwkwk
    kalau uda ahli aja deh,,,heheh
    btw tanggal 6 ada seminar marketing lwt internet di jawa pos,,

  7. ndop

    nyilih sedino det…. ngko wajahmu tak vektorne seprapat… wakaakka…
    nek pingin utuh berarti nyilih pirang ndino?? petang ndino… wekekeke….

  8. mbah sangkil

    beli nikon D60 ato D70 aja det, nanti ku kasih pinjem 3 lensa nikkor ku yg nganggur, Af micro Nikkor, Af Nikkor 35-70, ama zoom Nikkor 80-200. Yang terkahir kayaknya cocok dengan hobby mu ber candid ria :p

  9. det Post author

    @epat: hehe.. ayo beli! ;)

    @zulmasri: ini masih dalam pertimbangan mas. insyallah akan beli dalam waktu dekat kalo sudah nemu yang cucok. pengen beli 1 aja buat dipake terus makanya banyak pertimbangan ;)

    @afwan: ehem.. yang gak biasa tuw bisa bikin adrenalin naik! :mrgreen:

    @ridu: haha.. puasa kan siang, bro! :D

    @risdania: hehe.. meski belum punya jangan dikira masih mau belajar. sudah dari 3 tahun yang lalu! (belajar karena ingin ngajar)

    @ndop: tak selangi 5 menit trus aku vertorno 10 gambar yo! ;)

    @mbah: santai cak, lagi cari2 referensi nie! ntar dieksekusi bareng di sumber bahagia situ oke!

  10. det Post author

    @kucluk: iyo jo, jek nggolek2 sing cucok… [mbek bajet] met puwasa jugah!

    @musafak: tidak salah kok, justru memang mau saya kembangkan hehe.. salam kenal juga ;)

    @edi: iya pak, harga berbanding lurus dengan kualitas. onok rego onok rupo!

  11. mbelGedez™

    Setau sayah, D40 udah ndak ada da pasaran, kecuwali stok lama nyang ndak laku-laku. :D
    Nyang ada D60. Harga di Mall Ambassador 6.1 jeti
    Kebetulan kemaren sayah baru mbeli nyang pocket dan belom sempat sayah review….

  12. cr66

    Saya beli Nikon D40 bulan juli 2008 lalu sumber bahagia surabaya. Saya pilih D40 karena harganya reasonable dengan kantong saya. Waktu itu bawa duit 5jt, pulang bawa D40+filter UV+SD card 2 G & masih sisa sedikit. Kamera saya sebelumnya adalah s5is.

    Secara kualitas D40 lumayan OK, DSLR gitu. iso 800 gambar masih enak untuk dilihat. Gambar cukup tajem meskipun menggunakan lensa bawaannya. Body nggak terlalu gede, jadi kalau hunting nggak perlu tas gede.

    Setelah pakai d40 ini seperti biasa penyakit pengguna DSLR secara umum mulai menular ke saya, pinginnya tambah lensa, flash, tripod, filter dll. Itu yang membuat kantong saya jadi tambah kembang kempis. Hal ini yang membuat saya tambah “semangat kerja”, karena kalau dapat bonus dapat ditabung untuk nambah koleksi lensa. Jadi harga DSLR tidak saja berbanding lurus dengan tingginya harga kamera dan accesoriesnya namun juga akan memacu kita bekerja agar dapat hasil $$$ yang lebih banyak lagi. Welcome to DSLR community.

  13. chiara

    gw saranin sih kl ga punya budget banyak tapi pengen untung, mending beli olympus aja..dapet 2 lensa lagi.nah dari hasil foto2 pake olympus bisa buat ditabung deh buat beli yang lebih berkelas dan berkualitas..

  14. 1oo%NNA

    Arght.. Kapand,NNA punya dslr??
    Ada gag yaAa,,photograph yg mau nge-hibahin ‘satu’ ajja camrax,buat explore talenta.Hahaha,,

  15. sthevanie

    hiks….. pengeeeeeeeeen kamera DSLR…… yang paling murah berapa ya???
    selama ini kalo moto paling pake kamera HP nokia yang 2 megapixel sama camdig Kodak yang M753, ada keterangannya ISO 1250 [maksudnya apa ya? hehe]

    wanna see hasilnya, visit blakecemek.multiply.com

    thanks

  16. ical

    mana nih, kok ni forum gak lanjut? gimana kabar mas yg jd paparazi org pacaran? udah pinter motonya? gua juga baru mo mulai nih, pengennya sih beli nikon d40 karena kata mr kenrockwell pakar dari kenrockwell.com, kamera ini kalo bahasa kita murah meriah utk ukuran fotografer profesional. bgs banget nih buat pemula. kamera nikon kalo gua bandingin dg merek lain kyknya yg paling byk variannya dan paling luas personalisasinya (lensanya byk bgt bro).

  17. yayak

    Mas.wis tuku kamera ‘dijital’ opo durung? Yen urung tuku DSLR tuku
    kamera film wae .saiki regane murah.body karo lensa kit paling 500 ewu + tele lens sing 200mm .Dadine apik gambare nyeni, aku ugo isih nganggo canon Ae1 ,hasile liat flickr ‘ceklikboy’

  18. adhim

    bang aq mau tanya, keamaren aq lihat camera 0lympus seharga 1 juta, 12 pixel kira2 bagus gak bang? camera di gital yg seharga 1 jutaan yg bagus/ awet merek apa bang? matur nuwun..

  19. rahmad agung wicaksono

    klo bisa para ULAMA’ MUI membuat fatwa haram pacaran. karena pacaran bisa saja menjadi maksiat . hi….. ngeri deh dengernye. SYUKRON : (bahasa arab dari kata terima kasih(indonesia))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>