Backup blogmu!

Berkaitan dengan aksi deface dan hacking yang hingga kini masih marak terjadi, tidak ada salahnya jika para pemilik website dan blog melakukan backup periodik. Tujuannya supaya ketika sewaktu-waktu terkena serangan maka bisa segera dilakukan pemulihan. Bagaiamana cara melakukan backup?

Bersyukurlah jika Anda menggunakan hosting yang dilengkapi fasilitas cPanel. Backup dan restor bisa dilakukan hanya dengan beberapa klik. Ini sangat memudahkan kita untuk melakukan full backup maupun partial backup. Caranya sangat mudah. Login ke cPanel dan kemudian pilih menu BACKUP WIZARD. Ikuti instruksi selanjutnya yang sangat mudah diikuti.

Jika blog Anda bermesin WordPress, backup dan restore konten blog bisa dilakukan langsung melalui DASHBOARD. Login ke WordPress dan kemudian masuk ke menu MANAGE > EXPORT kemudian klik tombol DOWNLOAD EXPORT FILE. Sedangkan untuk mengembalikan gunakan menu IMPORT. Perlu dicatat bahwa aksi EXPORT-IMPORT ini hanya untuk content/posting saja. Sedangkan untuk theme harus dibackup secara manual melalui cPanel atau FTP.

Selain untuk backup, cara ini juga yang biasa digunakan para blogger yang ingin pindah ke domain dan hosting sendiri. Konten dari blog lamanya di WordPress.Com maupun BLOGSPOT dipindah ke server baru melalui mekanisme EXPORT-IMPORT ini.

Konten Blog Deteksi Media ini secara rutin saya backup seminggu sekali. Jika sewaktu-waktu terjadi serangan maka saya sudah siap merestorasi dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Bagaimana dengan blog Anda? 😉

19 thoughts on “Backup blogmu!

  1. Cabe Rawit

    Oohh… begitu toh caranya 😯
    Untungnya, ane funya kebiasaan menulis dulu di word baru di cofi faste ke WP. Jadi sudah funya bek-ap kalo satu waktu blog ane diserang oleh fara teroris dunia maya yang iri dengan keindahan isi blog ane….
    *ditendang*

  2. Masenchipz

    manfaat backup kerasa banget pas ada yang jailin blog… he..he.. kayak kemarin2 tuh temen2 gw… yang kena hack massal… wih… capek juga… klo gak punya backup…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *