Domain tidak terdeteksi Google?

Suatu ketika seorang customer IstanaHosting bertanya setengah protes. Mengapa domain yang baru saja dia daftarkan melalui kami tidak bisa terdeteksi oleh Google. Indikasinya, ketika dia memasukkan keyword yang sesuai degan isi blognya, alamat blognya tidak muncul di hasil pencarian Google.

Mendapat pertanyaan seperti itu yang pertama saya lakukan adalah tersenyum. Setidaknya ada dua kesalahan persepsi. Pertama, terdeteksi oleh Google atau tidak menurut customer saya dipengaruhi oleh domain tersebut dibeli dari mana. Kedua, begitu posting maka harus langsung terindex Google dan keluar ketika keywordnya dimasukkan.

Saya kemudian memberikan penjelasan, bahwa terindex oleh Google atau tidak itu tidak tergantung pada domain tersebut dibeli di mana. Tapi lebih dipengaruhi oleh konten dari website tersebut. Ketika kita memasukkan keyword ke Google, tidak bisa serta-merta posting baru kita akan tampil. Googlebot perlu waktu untuk mengindexnya.

Googlebot adalah program komputer rancangan Google yang memiliki kecepatan jelajah amat sangat tinggi. Tugasnya mengindex seluruh halaman website dan menampilkannya dalam hitungan milidetik ketika ada orang mencari keyword tertentu. Namun tentu saja Googlebot memiliki keterbatasan sehingga Google perlu menulis seperti ini di website mereka:

We add and update new sites to our index each time we crawl the web, and we invite you to submit your URL here. We do not add all submitted URLs to our index, and we cannot make any predictions or guarantees about when or if they will appear. (google.com/addurl)

Tentang kecepatan terindex oleh Google ini saya acungkan 4 jempol untuk WordPress.Com. Saya sudah membuktikan sendiri melalui blog saya yang lama, posting apa saja, 1 menit diposting langsung terindex Google!

Nah, berdasar hasil investigasi, ternyata customer saya tersebut sebelumnya menggunakan domain dan hosting gratisan. Baru saja dia memindah seluruh isi blog lamanya ke lokasi baru. Sementara itu file-file di tempat lama tidak dihapus. Jelas saja Google akan menampilkan index ke alamat yang lama.

Untuk customer yang lain, jika ada pertanyaan bisa langsung diajukan ke saya melalui YM. Nanti kita akan belajar bareng untuk menemukan akar penyebab dan memberi solusi yang tepat 😉

16 thoughts on “Domain tidak terdeteksi Google?

  1. Wongbagoes

    Siip wordpress emang jago!!!

    @ndop: Wajar ae Om, lha wong semua orang gak pinter koyok sampean…. jadi wajar aja klo tanya kayak gitu… :mrgreen:

    Jadi inget saya dulu pernah nanya kayak gitu,… huehue….

  2. galih

    bikin aja satu website yang udah dikenal google, tiap ada customer baru tambahkan link di situ biar bisa langsung keindex.

  3. risdania

    orang tanya jangan diketawain dong..
    << nasib sering tanya trus yang ngajarin ngomel2 gara2 gag ngerti2,,
    ^_________^

  4. Edi Psw

    Bener, Mas. Umur blog juga menentukan Google Search. Blog yang lama walaupun gratisan memiliki ranking lebih tinggi daripada blog yang baru dibuat meskipun menggunakan hosting berbayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *