Mengatasi Masuk Angin

Siapa yang belum pernah masuk angin? Hampir semua orang pernah mengalaminya. Tapi herannya, dunia kedokteran tidak mengenal istilah masuk angin. Herannya lagi, hampir setiap menit selalu muncul iklan produk jamu atau obat masuk angin di televisi. Entahlah, biasanya para dokter kan memang suka membuat istilah yang sulit dimengerti masyarakat umum :mrgreen:

Orang yang masuk angin biasanya akan mengalami perut kembung, mual dan nyeri. Ditambah lagi tidak bisa kentut dan bersendawa. Tapi perlu diwaspadai jika nyeri dan sesak itu terasa di dada. Bisa jadi itu adalah angin duduk. Akibatnya bisa fatal, yaitu mati mendadak!

Untuk mencegah terjadinya masuk angin, biasakan makan secara teratur. Konsumsi vitamin. Bisa vitamin alami dari makanan maupun suplemen makanan. Bisa juga obat atau jamu pencegah masuk angin. Tujuannya supaya daya tahan tubuh menjadi baik. Kemudian pakailah pakaian tebal atau jaket jika sedang mengendarai sepeda motor atau berada di daerah dengan angin kencang dan dingin.

Jika sudah terlanjur terkena masuk angin, hindari minum minuman dingin. Konsumsilah wedang jahe atau minuman hangat lain. Jika mau minum jamu atau obat masuk angin, perhatikan dosisnya. Jangan sampai berlebihan karena berbahaya. Olesi bagian perut dan pinggang dengan minyak kayu putih. Kerokan juga bisa menjadi alternatif. Tapi hati-hati. Tekanan yang terlalu kencang bisa menyebabkan kulit iritasi.

Ada satu tips lagi untuk mengusir masuk angin. Tips ini saya peroleh dari seorang dokter ketika saya terkena masuk angin. Siapkan air panas kemudian masukkan ke botol air mineral yang besar. Tambahkan air dingin supaya tidak terlalu panas. Tutup rapat. Merebahlah terlentang. Kemudian guling-gulingkan botol berisi air panas tersebut di sekitar perut. Saya sudah mencobanya dua kali dan berhasil! ;)

Sumber Gambar: Indonesia Media
Bahan Bacaan: Gizi.Net, SinarHarapan.Com

27 thoughts on “Mengatasi Masuk Angin

  1. Edi Psw

    Selain membuat kulit iritasi, kerokan bisa menyebabkan makin lebarnya pori-pori di kulit, Mas, sehingga justru akan menjadi mudah terkena masuk angin. Sekali kerokan, selanjutnya harus pake kerokan lagi jika masuk angin.

  2. Anang

    yon, jangan-jangan perut buncitmu itu isinya cuman angin tok…. hahaha *piss*

    ada baiknya kita waspada dengan penyakit masuk angin *penyakit bukan?* jangan suka keluar malam tanpa baju yg cukup.

    eh yon, wanita-wanita malam kok jarang kena masuk angin ya? apa karena dimasuki yang laen? *mencoba berpikir*

    ah, entahlah!

  3. det Post author

    @suwahadi: baik dikeroki atau dikop, sama-sama butuh bantuan orang lain :mrgreen:

    @arul: ya mungkin di sulawesi sana beda istilah rul. atau daya tahan tubuhmu yang kuat jadinya ndak pernah kena masuk angin ;)

    @ali: yang bisa mati mendadak tuw angin duduk mas. beda sama masuk angin. tapi kadang sulit dibedakan karena sama-sama ndak enak di perut dan dada

    @kucluk: hekekeke… gawe nyiram koe nek wes umup!

    @edipsw: mungkin ada benarnya pak. tapi bukannya pori-pori itu elastis ya pak. kalo cuman dikerok sekali aja ya pastinya balik ke bentuk dan ukuran semula. kecuali kalau terlalu sering..

    @anang: ya mungkin mereka sudah minum jamu nang. atau karena sudah terbiasa sehingga tubuhnya sudah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan malam itu… lapo nang, mau coba jadi pekerja malam ta? :mrgreen:

  4. erander

    Kalo masuk angin .. mungkin karena ga dikeluarkan lewat depan ato belakang. Soalnya kalo dikeluarkan suka dibilangin ga sopan, sehingga dibiarin aja didalam perut .. jadi gitu deh hehehe :lol:

    *serius mode : ON*

    Saya lebih memilih minum wedang jahe pak .. kalo saya telat makan, sebelum makan, saya minum wedang jahe dulu, setelah perut hangat ..baru makan.

  5. kaudanaku

    nek tetep ga mari, njengking dhe, mengko enthut te metu dewe, kekekekekekkkksss………………..
    utowo tidur telentang kaki disandarin ke tembok membentuk sudut 90 derajat ngunuw…….

  6. masDan

    Hlah, Kalo Dokter Juga Ngurusin Masuk Angin, Kasihan Tuh Tukang Kerok, Dukun Dukun, dan Lainya …. Wedang Jahe Pancen Uenak Tenan …

  7. ndop

    aku nek masuk angin cukup mengelola nafas dengan benar, biasane langsung glegeken.. karo ngentat-ngentut… wekekeke…

  8. Lala

    betul.. mengatasi masuk angin yang cepat pake botol isi air anget gitu, trus pake minyak angin kalo minyak kayu putih kurang anget rasanya :D

  9. vra

    klo makan bwang merah&putih (bwang tunggal gt,ato macam acar) ngaruh juga…tapi mang enak kerokan seh ;)

  10. rida

    kerokan masih jadi pilihanku. pinginnya sih ada cara lain yang lebih patas. tapi terkadang kurang yakin juga sih. kerokan masih top one

  11. William

    tapi mna isa isi botol ama air panas… pas botol d isi air panas malah botol na menciut pas aq coba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>