Tower RRI Surabaya rawan patah!

Perhatikan foto berikut ini. Ini adalah tower RRI Surabaya di Jl.Pemuda, tepat di depan Plasa Surabaya (Delta Plasa). Tower tersebut belum lama ini ditinggikan. Tinggi semula 100 meter, seperti ditunjukkan oleh panah merah.

Tinggi 100 meter tersebut mungkin dirasa masih kurang. Pancaran sinyal RRI terhalang gedung BII tower di sebelahnya. Di atas gedung BII tersebut juga terdapat tower pemancar beberapa stasiun radio lain. Akhirnya RRI menambah tinggi towernya. Dari semula 100 meter menjadi sekitar 150 meter.

Namum tower extended tersebut hasilnya tidak sempurna. Bagian atasnya miring! Perhatikan gambar di bawah ini. Miringnya mulai dari panah merah hingga ujungnya. Garis putih itu sengaja saya tambahkan untuk memperjelas kemiringan bagian atas. Padahal selain harus menahan beban dirinya sendiri, bagian atas tower tersebut juga harus menahan beban dari antenna pemancar. Belum lagi beban terpaan angin dan grafitasi kemiringan.

Saya sempat mengamati lebih dari 15 menit, dan terlihat jelas sekali bagian atas tower tersebut bergoyang-goyang ke arah miringnya. Goyangan tersebut sangat berbahaya. Bisa menyebabkan tower patah mendadak. Atau jika tidak patah, goyangan terus menerus bisa melonggarkan mur-baut pada sambungan segmen-segmen tower. Lama-lama mur-baut nya lepas, dan towernya runtuh!

Semoga RRI menyadari bahaya ini dan segera memperbaikinya 😉

UPDATE 23.15

Tadi sore sekalian sholat maghrib di gedung RRI, saya ingin melaporkan ke manajemen terkait masalah ini. Sayang kantor mereka sudah tutup. Saya tengok ke ruang teknisi pemancar juga tidak ada yang jaga. Kemudian saya turun ke lantai satu dan bertemu satpam. Menanyakan apakah RRI sudah tahu towernya miring.

Ternyata mereka sudah tahu. Bahkan bulan lalu bagian ujung tersebut sudah diturunkan untuk diperbaiki. Namun begitu dirakit ulang hasilnya tetap miring. Dalam waktu dekat ini mereka akan memperbaiki lagi.

Memang sebaiknya tower tersebut segera diperbaiki sampai tuntas sebelum musim penghujan tiba. Semoga tidak keduluan runtuh seperti tower Mercury Grup beberapa bulan lalu 😉

13 thoughts on “Tower RRI Surabaya rawan patah!

  1. sapimoto

    Walah, mengerikan sekali…
    Mudah-mudahan segera ditanggapi oleh pihak-pihak terkait dan akan segera ada tindakan pembenahan ke arah yang lebih baik…

  2. anton

    Sebagai orang awam, kita tidak bisa berbuat apa. Kalau pun ada hal yang paling baik adalah request lewat channelnya. Terima kasih dan salam kenal

  3. aRuL

    garis putihnya koq terlihat miring juga?
    adabaiknya sih kayaknya RRI pindah kantor aja, atau numpang tower di kantor yg lebih tinggi ketimbang harus menambahkan ketinggian towernya itu dan membahayakan…

  4. antown

    kalo saya jadi superman mungkin saya bisa bantu mengatasinya. saya punya mata laser yang bisa ngelas dan memuat konstruksi lebih kuat.
    Tapi itu hanya impian. Semoga yang di bawah tower tidak mendapatkan musibah. Semoga…

    bukan photoshop kan??

    piss

  5. Anang

    jan memang sampeyan bisa mendeteksi apapun… label deteksi pun rasanya sudah pantes melekat di diri sodara… bener juga.. makin tinggi gedung sekarang jadinya pemancar makin susah mendapatkan ruang pancar.. halah..

  6. khalila86

    hemmm… baru2 ini program pendidikan profesi arsitektur its kebagian jatah desain Menara RRI. Dan katanya mereka sudah tidak memerlukan pemancar setinggi itu karena pemancar tipe terbaru hanya berupa piringan semacam piringannya indovision gt dengan ukuran lebih besar. (Kalo emang punya duit buat beli gituan, napa towernya yg sekarang ga buru buru diganti ajah ya…)

  7. blog home

    This is such a good reference that you’ll be delivering and you give it away for totally free. I love finding internet sites which realize the benefit of giving a superior resource for totally free.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *