Awas Maling Laptop!

Sebuah laptop digondol maling dari sebuah kamar rumah kost mahasiswa di kawasan Keputih, Sukolilo, Surabaya. Modus yang digunakan oleh pelaku tergolong rapi. Pagi hari tadi sekitar pukul 8 dia datang layaknya mahasiswa yang sedang mencari kost. Ibu kost langsung memberikan kunci kamar twin sharing (sekamar diisi 2 orang). Kebetulan kamar tersebut sudah terisi satu orang sehingga masih bisa diisi satu lagi.

Alangkah terkejutnya si pemilik laptop ketika sore hari sepulang kerja mendapati laptopnya sudah tidak ada di tempat. Laptop Acer yang baru dibeli bulan lalu itu raib bersama tas, charger dan data-data penting di dalamnya. Ibu kost yang menerima laporan langsung kaget bukan kepalang. Nomor telepon dan alamat yang ditinggalkan pelaku ternyata palsu. Masuk membayar 200 ribu, pulang menggondol laptop baru seharga 9 juta!

Kasus pencurian laptop sebelumnya juga terjadi di halaman parkir kampus Teknik Lingkungan ITS bulan puasa lalu. Laptop yang ditinggal pemiliknya tergeletak di dalam mobil itu digondol dengan jalan memecah kaca pintu depan. Berhasil mendapatkan barang incaran, pelaku langsung kabur. Untungnya ada intel kampus yang memergoki kejadian tersebut dan langsung berteriak maling. Mendengar teriakan tersebut pelaku panik akhirnya sepeda motor yang ditungganginya terjatuh di depan pos satpam. Yang satu langsung tertangkap dan satunya lagi kabur ke kawasan kampung dan akhirnya babak belur dihajar warga.

Amankan Laptop Anda!

Mencermati kejadian tadi kita patut meningkatkan kewaspadaan. Inilah resiko tinggal di kota besar. Potensi kejahatan ada di mana-mana. Mobil yang sebesar itu saja bisa digondol, apalagi hanya laptop, apalagi handphone!. Jangan mau kalah dengan penjahat. Sementara Pak Polisi berusaha menangkap pelakunya dan menekan angka kejadiannya, kita sendiri harus extra waspada. Jadilah polisi untuk diri sendiri dan lingkungan.

Tips mengamankan laptop dari pencuri…

  • Jangan biarkan laptop tergeletak di atas meja tanpa pengawasan. Jika sudah tidak digunakan selalu taruh di tempat yang aman.
  • Lengkapi laptop dengan kunci pengaman. Biasanya berbentuk tali kawat baja yang panjang. Setiap laptop memiliki lubang untuk memasukkan kunci tersebut dan diikat ke meja atau benda berat lainnya.
  • Bagi para pemilik rumah kost, jangan sembarangan memberikan kunci kamar kepada calon penghuni baru atau orang yang mengaku sebagai teman atau kerabat pemilik kamar.
  • Selalu backup data di laptop secara periodik. Jika sewaktu-waktu tercuri maka Anda tidak kehilangan data penting.
  • Berdoalah semoga harta benda Anda dan Anda sendiri aman dan selamat di manapun dan kapanpun 😉
  • Jika sudah terlanjur tercuri, laporkan ke kantor Polisi terdekat dan segera hubungi vendor laptop tersebut. Beberapa merek laptop dilengkapi dengan kode keamanan khusus yang bisa dilacak melalui internet.

Mengutip Bang Napi, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah!!! Waspadalah!!!

17 thoughts on “Awas Maling Laptop!

  1. Anang

    selalu waspada setiap saat.. sekarang maling sudah sedemikian canggihnya… temen saya sebut saja si x kehilangan laptop di sebuah tempat yang suci buat umat muslim.. di masjid.. gila.. maling sekarang dah ga mengenal waktu bahkan tempat….

    tips buat jaga laptop sih… jangan sampe ditinggal begitu aja tanpa pengawasan,….. kalo bisa dirante kayak dompet.. halah kayak apa aja….

    trus khusnudon aja kalo memang kejadian… mungkin kita kurang jakat atau sedekah… ehehehehe……

  2. ekkei

    Jadilah polisi untuk diri sendiri dan lingkungan.
    Setuju mas.
    ngemeng-ngemeng, itu gerendel lapienya keren juga 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *