Forum Komunikasi Blogger STIKOMP

Jumat kemarin TPC diundang oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOMP, dulu STIKOM) untuk memberikan pengenalan tentang blog kepada para mahasiswa dan dosen. Saya, Siwi, Angki dan Gandhi didaulat maju ke depan untuk memberikan materi. Duduk di sofa yang berada di stage ruang seminar lantai satu. Ratusan peserta tampak sangat serius menyimak materi yang kami sampaikan.

Acara dimulai sekitar pukul 15.30, dipandu oleh duo MC, Frenavit dan Dior. Sambutan singkat diberikan oleh Bapak Arifin, dosen STIKOMP. Beliau menekankan pentingnya blog bagi mahasiswa STIKOMP. Tiap mahasiswa harus memiliki blog. Rasanya aneh jika mahasiswa kampus komputer tidak memiliki blog.

Selanjutnya adalah pengenalan blog itu sendiri oleh tim TPC. Andi Bagus yang datang terlambat memberikan materi tentang jenis-jenis blog dan provider blog gratisan. Siwi memberikan materi tentang definisi blog dan tujuan ngeblog. Angki berkisah tentang manfaat blog, yang paling utama bagi dia adalah bisa menambah teman dan membuka koneksi dengan orang lain. Gandhi menekankan pada adanya interaksi antara penulis dan pembaca melalui sistem komentar pada blog.

Ketika dibuka sesi tanya jawab, ada pertanyaan menarik yang disampaikan salah satu peserta. Yaitu tentang blog komersial dan bagaimana cara mendapatkan uang melalui blog. Gandhi menjawab pertanyaan tersebut dengan menjadikan blog ini [deteksi.info] sebagai contohnya. Dia menjelaskan kepada penanya bahwa penghasilan bisa datang dari berbagai cara. Yang paling umum adalah Google Adsense yang menerapkan sistem Pay Per-Click.

Jawaban dari Gandhi ternyata membuat penanya yang tidak menyebutkan namanya itu makin penasaran. Berapa besar uang yang akan didapat? Bagaimana cara mengambil uangnya?

Saya yang menjawab bahwa banyak blogger Indonesia yang sudah pernah mendapatkan penghasilan ribuan dollar dari blog. Kemudian saya berikan contoh-contoh dari mana blog bisa menghasilkan uang. Namun saya tekankan pada penanya untuk tidak memikirkan masalah monetisasi blog terlebih dahulu. Tetapi buatlah blog, update isinya secara berkala dan tingkatkan trafiknya. Caranya? Itu adalah seni. Meskipun banyak tulisan yang mengajarkan bagaimana teknik SEO dan sebagainya, tetap saja unsur seni memegang peranan penting. Carilah cara sendiri untuk membuat blog ramai dikunjungi orang.

Saya memang tidak ingin mereka yang baru saja kenal blog langsung memonetisasi blognya. Akibatnya bisa fatal. Tidak jarang ketika kita mencari informasi dengan search engine malah ketemu dengan blog yang tidak ada isinya selain iklan. Sangat mengganggu!

Di akhir acara seorang peserta didaulat maju ke depan untuk memraktekkan cara membuat blog. Ruangan tersebut memang dilengkapi dengan fasilitas wi-fi dengan koneksi yang cukup kencang. Angki memandu peserta bagaimana membuat account blog di WordPress.com, bagaimana membuat posting dan bagaimana memasukkan gambar dan video ke blog.

Acara selesai pukul 18.00. Tapi ternyata beberapa peserta kurang puas. Mereka menghampiri kami dan bertanya lebih jauh tentang bagaimana membuat dan memonetisasi blog. Seorang peserta bahkan minta dipandu secara langsung di laptopnya untuk membuat account di WordPress.com.

Setelah sholat Maghrib berjamaah di Masjid STIKOMP, tim TPC melanjutkan perjalanan. Berburu bebek di Warung Bebek Jemursari Wachid Hasyim. Pulangnya saya dan Arul mampir ke Eiger Adventure Shop Manyar, mau beli tas laptop, tetapi tidak ada yang bagus. Kata mbaknya stoknya lagi habis, mungkin besok datang lagi 😉

Blogger-blogger baru telah lahir di STIKOMP. Selamat datang di dunia blog. Dunia dimana kita bisa bebas berekspresi. Menulis apa saja yang kita mau. Kita adalah tuhan di blog kita! (kata siwi). Ramaikan dunia internet Indonesia dengan tulisan bermutu dan mencerdaskan!

Happy Blogging! 😉

8 thoughts on “Forum Komunikasi Blogger STIKOMP

  1. FenciggenuE

    Good Day

    Today turn PC and look that my Qip don’t have contact list, It is very bad. 🙁
    When I login always received message from contact ONE with Notify
    _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
    1:
    =============================
    System Message
    =============================
    ICQ version 5.1 is no longer supported. Download a free authorized ICQ version from ICQ’s official website.

    You have this problem?

    Please inform I can’t send message to my Son 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *