Pesta Blogger 2009

Pesta Blogger 2008Hari ini, Sabtu (22/11/08) ratusan blogger berkumpul di sebuah tempat di Jakarta. Mereka mengadakan sebuah pesta berjuluk Pesta Blogger 2008. Ini adalah kali kedua pesta digelar. Yang pertama dulu juga digelar di Jakarta. Tahun 2007 lalu konon dihadiri oleh sedikitnya 500 blogger dari seluruh Nusantara. Tahun ini panitia menargetkan 1000 peserta.

Meskipun saya sendiri tidak tahu apa yang terjadi di pesta 2007 lalu itu, ada satu hal yang cukup penting bagi kelangsungan ‘hidup’ blogger di Indonesia. M.Nuh Menkominfo menyatakan hari pelaksanaan pesta pertama tersebut (27/10/07) sebagai Hari Blogger Nasional.

Pada Pesta Blogger 2008 ini saya kembali absen. Sebenarnya saya sudah terdaftar sebagai peserta. Namun saya akhirnya membatalkan keberangkatan saya karena berbagai alasan. Namun demikian saya berdo’a dan berharap semoga pelaksanaan pesta hari ini berlangsung sukses.

Secara khusus saya telah menitipkan pesan kepada teman-teman saya dari Jawa Timur yang berangkat ke pesta. Isi pesan saya adalah supaya mereka mengusulkan tempat pelaksanaan Pesta Blogger 2009 (kalau masih digelar lagi) supaya tidak di Jakarta lagi. Alasan saya sederhana: prinsip keadilan. Peserta pesta 2007 dan 2008 ini saya lihat banyak yang dari luar Jakarta. Mereka telah mengeluarkan banyak biaya untuk perjalanan ke Jakarta. Tahun depan, gantian blogger Jakarta yang turun ke daerah-daerah.

Jogja, Surabaya, Makassar, Malang, Ponorogo dan kota-kota lain yang memiliki komunitas blogger lokal saya rasa layak dipertimbangkan sebagai tempat pelaksanaan Pesta Blogger 2009. Jika perlu, acara ini bisa dijadikan agenda tahunan bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika, juga Kementrian Pariwisata Indonesai untuk mengangkat potensi wisata daerah lain di Indonesia.

Semoga teman-teman saya tidak lupa menyampaikan usulan ini 😉

38 thoughts on “Pesta Blogger 2009

  1. sawali tuhusetya

    surabaya bisa jadi alternatif tempat berlangsungnya pestabloger 2009, mas det. selain TPC yang sudah mapan komunitasnya, surabaya juga menjadi ikon sebagai kota pahlawan. siapa tahu dari sana akan muncul bloger yang benar2 bisa menjadi pahlawan *halah*

  2. sapimoto

    Semoga acaranya sukses, dan usulan untuk pindah lokasi sepertinya memang harus diagendakan, karena blogger bukan hanya dari Jakarta…
    Kalau tahun depan acaranya di Surabaya, mudah-mudahan saya juga bisa ikutan datang…

  3. brillie

    sayang dari surabaya cuma ada perwakilan 7 orang (dari TPC), dan ditambah saya (jadi 8). Tapi gak sia-sia datang jauh dari Surabaya, saya dapet hape 🙂 Tahun depan mudah”an dari Surabaya bisa banyak yang datang.

  4. brillie

    tahun depan pb2009 di bali kykna, soalnya tahun ini bali yg menang. so, otomatis jadi tuan rumah. Hahahha… cuma sekedar angan”

  5. eshape

    Pesta ini sebenarnya gak terlalu banyak manfaatnya, aatu belum kelihatan manfaatnya.
    Teman wartawan ngomong sama saya,”pesta ini akan jadi sia2, kalau kualitas blogg yang dihasilkan masih itu2 saja”
    Ke surabaya th 2009?
    Menarik tuh, tapi kalau acaranya model kayak kemarin mungkin mikir2 dulu [duitnya]

    Salam

  6. dHarto..!!

    kalo taon depan ada pesta blogger lagi dan bukan di Jakarta semoga aku punya uang untuk dateng ke sana.
    Atau ada yang mau berdana??
    *hahahaha*

  7. lathifulamri

    saya berkunjung dan salam kenal…

    wah, gawat.. klo di jawa, gantian saya donk yang turun gunung….
    tapi gak papa, blogger jakarta siap datang di manapun 😀

  8. BanpolOtak

    betuk itu gan,.,.,
    aq juga dari blogger jakarta saja bisa merasakan hal tersebut,,.,.,
    ya sekalian kepengen jalan2 aja ke luar jakarta,.,.,
    apa lagi menghadiri pesta blogger 2009,.,.,
    apa lagi diluar jakarta,.,.,.,
    aq yg dateng duluan pasti’y,.,.,
    salam blogger,.,.,.
    BanpolOtak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *