Search Engine Blocking

Cara membuat blog cepat terdeteksi dan terindex oleh search engine itu sudah banyak sekali yang membahas. Istilah keren yang biasa digunakan adalah SEO. Singkatan dari Search Engine Optimization. Saking populernya istilah SEO ini sampai ada orang yang mengaku sebagai pakar SEO, perusahaan SEO dan sebagainya. Intinya mereka berlomba-lomba membuat website atau blognya bisa cepat tampil di halaman pertama Google.

Mereka yang ribut membicarakan SEO biasanya para pemain bisnis internet yang menggantungkan penghasilannya dari banyaknya pengunjung blog mereka. Semakin banyak pengunjung maka semakin tinggi peluangnya untuk mendapatkan penghasilan lebih tinggi. Bagi pemain adsense, pengunjung berkualitas adalah pengunjung yang datang dari search engine. Makanya tidak heran mereka terus berlomba canggih-canggihan teknik SEO.

Seseorang dari Bojonegoro dengan percaya dirinya menawarkan ke saya teknik SEO yang menurutnya belum diketahui oleh siapapun dan belum ditulis oleh siapapun. Untuk antiques online store yang akan saya buat, dia menjamin dalam 1 minggu sudah akan terindex oleh Google dan dijamin akan ada transaksi dari pengunjung di Amerika dan Eropa. Untuk jasanya itu dia meminta imbalan 10 juta. Tetapi ketika saya minta contoh website yang sudah di-SEO oleh dia, dia tidak mau menyebutkan dengan dalih takut ilmunya dicuri!

Benarkan SEO sedahsyat itu? Saya sendiri tidak ambil pusing dengan SEO. Menurut saya WordPress ini sudah dibuat SEO oleh para developernya. Dan lagi, menurut saya SEO bukan hanya masalah ketepatan membidik keyword tertentu, tetapi bagaimana membaca pikiran pengguna internet dari seluruh dunia. Apa yang mereka cari ketika searching, dan keyword apa yang mereka ketikkan di search engine itu. Jutaan pengguna internet tentu tidak sama pikirannya!

Bertolak dari pemahaman itu saya (sementara) berkesimpulan bahwa teknik SEO terbaik adalah RAJIN POSTING tentang apapun. Dengan demikian maka search engine akan mendeteksi banyak kata kunci dari blog kita. Namun rajin posting saja belum cukup. Tetapi harus posting tulisan yang berkualitas. Tidak harus tutorial yang njlimet, bisa juga game yang bisa didownload, atau apa saja yang bisa membuat pengunjung tersebut kembali lagi ke blog kita. Atau bahkan berlangganan artikel kita.

Search Engine Blocking?

Berkebalikan dari SEO yang berusaha keras membuat artikel mudah dideteksi oleh search engine, maka Search Engine Blocking atau SEB malah berusaha keras bagaimana membuat website atau blog tidak terdeteksi oleh search engine.

Sekarang ini search engine memiliki robot yang sangat cerdas. Google menamai robotnya Googlebot. Tugasnya mengindex seluruh halaman web yang ada di internet. Cepat atau lambat Googlebot akan menemukan halaman web dan mengoleksinya. Meskipun halaman tersebut sangat jelek dari sisi desain dan konten.

Lalu apakah semua orang ingin website atau blognya tampil di search engine? Meskipun kebanyakan orang menginginkan hal tersebut tetapi ada juga yang tidak ingin blognya terdeteksi search engine.

Sama dengan SEO yang harus dilakukan dengan teknik-teknik khusus, SEB juga demikian. Sangat sulit untuk melakukan SEB. Bahkan jauh lebih sulit dibandingkan SEO. Jumlah artikel yang membahas SEB juga kalah jauh dibanding jumlah artikel yang membahas SEB. Google hanya mengindex 440 halaman yang mengandung kata “Search Engine Blocking”. Sementara itu ada 32,4 juta halaman yang mengandung kata “Search Engine Optimization”

Salah satu teknik dalam SEB adalah dengan memanfaatkan META pada header halaman HTML, seperti contoh di bawah ini: [sumber]

<html>
<head>
<meta name=”robots” content=”noindex,nofollow”>
<title>…</title>
</head>
<body>

Sedangkan bagi pengguna WordPress bisa memanfaatkan fitur yang terdapat di dashboard. Login ke WordPress Anda, buka halaman SETTING kemudian klik menu PRIVACY dan pilih option “I would like block search engine, but allow normal visitors

Google Tool untuk SEO dan SEB

Google sebagai search engine paling favorit menyediakan tools untuk para webmaster yang ingin melakukan SEO dan SEB. Untuk menambahkan website atau blog ke dalam database Google bisa memanfaatkan fasilitas Add URL. Sedangkan untuk menghapus website atau blog dari Google bisa memanfatakan fasilitas Remove Content.

Akhirnya semua kembali ke Anda. Ingin terkenal atau ingin sembunyi. Selamat bereksperimen dan happy blogging! 😉

23 thoughts on “Search Engine Blocking

  1. det Post author

    **mengutuk OPERA. habis nulis panjang tentang GAME ONLINE malah ilang. akhirnya menulis lagi tentang SEO dan SEB ini pake FIREFOX**

  2. Frenavit Putra

    Sabar Boz……

    Aku setuju dengan sampeyan mas… Gak terlalu penting kita memikirkan SEO, yang terpenting adalah untuk ajeg POSTING….. Content dulu ajah….

    Masalah tawaran itu mas… Ati2…. Gak Berniat Sombong… 5 ndino artikel Backlink Gratis q wes iso nangkring nang SEP Page 1…. Jadi iku piye??? Aku kebetulan ato Udah Master SEO?????

  3. vicky

    @ Frenavit Putra????
    Cepat atau lambatnya posisi keyword kita di halaman google kan banyak pengaruhnya ya bos?????
    Tapi hebat juga kamu…. BIsa Nongkrong Cepet banget…
    tapi kalau cuma terindek di google aja pernah cuma 2 jam… sejak posting artikel langsung terindek…
    tapi kalau nangkring di halaman pertama kayaknya 6 an hari deh… Aku gak ngecek sih….

  4. aRuL

    SEO? yah dari pengalaman sebenarnya….
    😀
    mantap.. deteksi.info sudah jadi pakar SEO 🙂
    sampean mo dibayar berapa? 😀

  5. ridu

    kalo ridu sih let it flow aja lah.. hehe.. gak mementingkan seo-seoan

    tapi gak mau di ngeblock search engine lah.. kasian ntar.. kalo ad ayg butuh foto ridu gimana huehuheuheue

  6. antown

    yap, saya akan mencoba untuk posting dan posting terus… selama masih ada kesempatan. thx infonya!!
    semoga blog sampean juga semakin naik PR nya

  7. jebrak

    halah om saiki komacem macem ae panganan nek dunia sejuta mimpi ikihhhh

    sek enak sego pecelko tapi 😆 g nyambung blazzz

    sing penting semangat nuuuww dan niat mesti new

  8. cebong ipiet

    sopo det soko bojonegoro ngaku ngaku
    *tak kutuk e dadi kodok*

    lapo SEO SEO an
    lah wong mak jepret enter, iso langsung di index gugel kok.

    setuju ama det, rajin posting ae

    kalo soal nembak keyword misal keyword yg sering di cari download mp3, opo ya sak blog arep diisi kata download mp3

    arep ngomong opo maneh mau, lali je wekekekkekeke

  9. Anton

    Betul mas, ternyata asal tembak saja juga tidak membawa hasil. Salah satu domain untuk adsense saya difilter / dibanned 🙁 .

    Maaf mas jika yang lalu saya pernah menjelek jelekkan mas 🙁 .

  10. galih

    Setuju. Biarkan Google mengindex dengan natural, dan karenanya lambat laun akan tampil di halaman utama Google jika kualitas tulisan memang benar-benar bagus.

  11. Less

    saya mengalami pencemaran nama baik via blog, dan blog tersebut sudah dihapus, tetapi di search engine msh keluar. bagaimana cara menghapusnya, sedangkan web/blog tersebut bukan saya yang membuat? Terima Kasih

  12. det Post author

    @less: tidak bisa dihapus karena itu tersimpan di dalam cache search engine (istilah indonesianya: tembolok)

    tapi itu nanti akan hilang dengan sendirinya kok..

  13. Pingback: email to fax

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *