Strategi Sukses Ala Tianshi

Bagi yang belum tahu tentang Tianshi atau Tiens silakan baca tulisan saya terdahulu di SINI. Seperti yang pernah saya ceritakan, para pelaku Tianshi terus menerus mengejar-ngejar saya, mengajak untuk bergabung. Bukan pantang menyerah. Tetapi yang nawari saya selalu beda orang. Begitu sudah capek karena tidak berhasil mengajak saya, maka besoknya lagi ada lagi orang lain yang mengejar saya.

Tujuan mereka sepertinya mulia: mengajak saya menjadi kaya raya dengan cara yang mudah dan tidak menyita waktu banyak dengan jalan membangun jaringan pemasaran. Namun sayangnya mereka selalu tidak menyebut Tianshi. Ada saja istilah untuk mengelabuhi saya: bisnis supermarket, bisnis pupuk pertanian, waralaba personal, investasi untuk membangun toko, dan seterusnya.

Analogi yang diberikan selalu sama: cicak dan laba-laba. Cicak harus standby terus menerus jika ingin mendapat makan. Sementara laba-laba cukup bekerja sedikit untuk membangun sarangnya dan kemudian tinggal santai-santai menunggu serangga yang akan kena jebak dan nyangkut di sarangnya itu.

Nah, kemarin sore saya kembali mendapat ajakan. Yang ini berasal dari kawan lama saya yang baru saja mendapat nomor HP saya ketika secara tidak sengaja bertemu saat jogging. Kawan saya ini konon levelnya di Tianshi sudah tinggi. Menurut teori di Tianshi, selangkah lagi dia akan mendaatkan bonus BMW. Dia sudah menekuni tianshi sejak sekitar tahun 2004. Sempat keluar untuk bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi di Jakarta dan kembali lagi ke Tianshi. Katanya di perusahaan telekomunikasi itu gajinya terlalu kecil buat dia. Hanya 8 juta per bulan. Sedangkan di Tianshi gajinya sudah bisa mencapai puluhan juta.


Gambar di samping ini adalah isi SMS dari kawan lama saya itu. Seperti yang dilakukan orang-orang Tianshi yang lain, dia juga tidak menyebut nama Tianshi secara langsung ketika mengajak orang untuk bergabung. Jelas itu adalah wujud ketidakpercayaan diri yang tinggi. Mereka takut jika menyebut nama Tianshi (atau MLM) maka orang akan lari duluan.

Padahal justru sikap seperti itu menurut saya yang melemahkan citra Tianshi sendiri yang memang sudah terpuruk itu. Menawarkan produk dan mengajak orang untuk bergabung menjadi distributor dengan cara yang tidak jujur.

Tidak bisa dupungkiri bahwa saat ini untuk mencari downline memang susah. Tak jarang mereka harus mengeluarkan duit pribadi untuk merayu seseorang agar mau bergabung. Misalnya saja untuk membayari tiket ke seminar dan mentraktir makan setelah itu. Juga banyak waktu yang terbuang untuk presentasi ke setiap prospek. Padahal katanya di MLM tidak memakan banyak waktu bisa fleksibel. Tapi tak jarang mengorbankan waktu kerja, kuliah, sekolah, dan waktu buat keluarga.

Bayangkan saja jika energi, waktu dan pikiran yang mereka keluarkan untuk membesarkan dan memperkaya pabrik asal China itu digunakan untuk membuat dan menjalankan bisnis sendiri. Saya yakin akan lebih sukses daripada sekedar menjadi distributor Tianshi.

Dicari: Orang Tianshi Paling Sukses!

Ya, saya mencari satu orang pelaku bisnis Tianshi yang sudah sukses dan mau berbagi dengan para pembaca blog ini. Silakan kontak saya melalui email dan nanti kita akan janjian untuk wawancara ;)

39 thoughts on “Strategi Sukses Ala Tianshi

  1. Kind

    weheheh…

    bagus..bagus..

    tulisannya mengena sekali…, aq jg sempat “Mbatin” gitu ma org2 tianshi.. :mrgreen:

    kl d lihat dr bbrp postingan lalu, kayaknya suka merhatiin mlm ini yah?

  2. aRuL

    tianshi nama apa tuh? hehehe..
    ah.. kemaren saya diceramahi yg anti MLM, padahal sy juga anti MLM :P
    btw referal itu juga salah satu bentuk MLM, apakah anda mengikutinya juga? wakkakakak :P

  3. Wongbagoes

    Hmm,.
    benar pakdhe saiya pernah di ajak rapat.. eh malah di ceramahin tianshi..

    Bisnis legal, tapi kadang klo mengajak orang kok “sedikit berbohong”

  4. det

    @anang: kalau mau sampe puncak [katanya] harus memulai dari bawah kan nang?

    @kind: ndak juga kind, kebetulan saya dikejar2 terus jadi ya keluar tulisan ini…

    @arul: kata siapa referal salah satu bentuk MLM? cara operasinya beda rul.. kalo bicara bisnis semuanya ya selalu ada transaksi bertingkat dan itu ndak bisa dikatakan sama dengan MLM. bisnis itu sendiri ada jauh sebelum istilah MLM dipopulerkan ;)

  5. det

    @arul: google will help you till the rest ;)

    @gajah: kalo ndak ikut MLM kemungkinan nominal yang masuk ke rekeningmu malah jauh lebih banyak cak, dan bisa bertahan dalam waktu lebih lama ;)

  6. anggi

    akhrny ad lg yg nulis ttg MLM :D
    iya, sy jg pnh ktipu pas tmn ajak ikut bisnis supermarket, tnyata oh tnyata MLM tianshi inih
    knp coba ga blg dr awl klo ajakin MLM, sebel…….

    lha, yg diundang org yg sukses tianshi malah yg dtg yg anti smw :P

  7. det Post author

    @syech Mbel: saya ngelink karena 2 alesan. pertama karena situ punya simbol blog anti MLM. trus yang kedua, mereka sama-sama orang aneh hehehe…

    @kucluk: kuserahkan semua padamu, nak.. ;)

    @arifudin: ;)

    @dira: ;)

    @maman: lebih baik kalo ngeblog itu nulis sendiri mas. jangan kopas tulisan orang!

    @anggi: sebelumnya saya juga sudah pernah nulis. mbelgedez imam madzab bocor alus itu juga pernah nulis. bahkan mengharamkan MLM!

  8. erander

    Seperti menjual mimpi ya pak .. membangun jaringan laba² kemudian menunggu ‘mangsa’ masuk perangkap? apakah itu tidak terlalu ‘sadis’ ya pak? hehehe ;) .. memangsa yang terperangkap.

  9. udin

    TiansHi=gerombolan penipu alias tukan bohong,,
    Temenku yang dulu menjadi corong dan mengagung-agungkan tianshi terbukti gak bisa kaya, padahal berjanji dalam dua tahun jadi milyader, tapi faktanya ampe skrg gak kaya..kaya…
    Saya juga heran mengapa banyak para mahasiwa yang ktx pinter juga banyak yang menjadi membernya, padahala klau dicerna pas presentasi, amat kentara sekali kebohongannya..

  10. nano

    Sebenernya sih soal rezeqi itu sudah ada suratannya, tinggal kita mencarinya dan memanfaatkannya. Biarpun rezeqi sedikit, tapi mencari dengan halal dan usaha yang penuh, juga memanfaatkan dijalan yang benar, hasilnya akan diterima dengan bahagia di sisi Tuhan.
    Jadi kalo ada nyang memastikan 2 tahun di MLM jadi kaya, itu namanya nduluin taqdir, sombong dan takabur.
    Cuma tidak berarti MLM itu tidak halal, ya selama caranya halal dan misi dan visinya juga halal. MLM itu kan cuma nama keren-kerenan, pd akhirnya semua aktifitas perdagangan juga masuk disitu, baik transaksi, distribusi, garansi maupun iklan. Tidak ada yang berbeda. Soal tipu-tipu, dalam perdagangan konvensional juga ada, tetapi tergantung personal, bukan dilakukan secara berjamaah.
    Saya masih cari MLM yang skema pembagiannya benar menguntungkan, baik buat konsumen (harga~kwalitas) maupun penjaja (-pedagang). Dulu ada Krieger Oil, tapi nggak tau terus terpuruk gara-gara produsennya dicekal (olinya kemurahan kali, jadi banyak yang senewen).

  11. det Post author

    @frenavit: ;)

    @erander: begitulah pak yang sering saya dengar dari mereka ketika memberikan analogi perbandingan bisnis konvensional dengan bisnis jaringan.

    @deet: begitu MLM sudah masuk sana, bisa jadi deet menjadi salah satu targetnya hehhe…

    @nano: betul sekali mas bahwa rejeki itu ada takarannya sendiri-sendiri. tinggal kita berusaha meraihnya dengan cara yang baik dan benar supaya rejeki tersebut halal. aksi tipu-tipu di MLM memang tidak diajarkan oleh pendirinya mas, tapi sudah turun temurun dari distributor ke downline. istilah mereka: duplikasi. dan itu terjadi secara tidak sadar sehingga akhirnya dianggap sebagai sebuah kebenaran ;)

  12. bayu

    ke bandung lagi det. ntar kukenalin ama temenku yang bintang 7. katanya sich penghasilan 40 jutaan cuman mobil masih jazz (nyicil).

    :lol:

  13. Pingback: Tianshi; Kunci Sukses « | d e n o l o g i s | b i a s a s a j a |

  14. Pel3g Sepeda

    Klo emang MLM bisa bikin orang menjadi kaya dalam waktu singkat kenapa ndak smua orang pada ikutan yuaaaa……? Biar dunia ini penuh dengan orang2 sugeh, tp siapa ya yang jdi kulinya…:):):)
    btw, q jg pernah kedatangan tamu si Tianshi itu tapi q tolak mentah2, soale q ndak hobi sm sekali dengan MLM, yang selalu menceritakan orang2 yang sukses, rumah gedung bertingkat sepuluh, mobilnya berjajar di garasi dll, tapi koq ndak pernah menceritakan kesuksesan dirinya ndiri yaa…

  15. ardi

    tianshi pan tuh
    d byak iorang miskin gara2 tiens luh
    klo bisnis tuh jgn nipu d awal dung
    kasih tw bgmna carnya dptin tu merci
    jgn lupa kasih tw klo presentasi bilang nnti ada tu2p pointjgn diem j

  16. wkwkwkwkwk

    yaaa.. sbnrnya kasian juga sih gw,, mereka di suru bayar gitu 2jt, trus ikud seminar2 gtu bayar lagi tentunya,, trus hrus ktmuan di sana sini ongkos lagi tntunya,,
    dan 1 hal lagi.. waktu.. waktu adalah uang man.. lw buang2 waktu 1 orng gw liat si 2 jam-an gtu aplgi orngnya gak trtarik.. mkn lama deh tu wktu bwt presentasi..

    iya lah di fanatik.. 2 juta man !! gede !! wkwkwkwkwkwkwkwk

    mereka bilang (“drpda kerja2 gtu gak kaya2, mnding ikud”)
    anda sadar tdk y? jelas2 kata2 ini bukti bahwa mereka memanfaatkan ketidak kritisan dan kemalasan anda ..

    malas itu setan bos,, gara2 malas buyar semua.. kenapa anda takut kerja? anda putus asa jalanin hidup? klo mmng tianshi itu benar gak usah kerja aj semua ikut tianshi aj semua.. gak ad penemuan2 baru yng memajukan dunia ini -kiamat-

    kasian gw ama member tianshi, mungkin kbnykn dijauhi.. dan mereka ad yng membuang waktu untuk kuliah.. bahkan keluar dari kuliah.. mereka tergait mimpi tanpa action (baca:kemalasan)

    makanya udah lah..
    mnding lw semua ikutin perkembangan dunia ini.. drpd kaya gtu gak jelas.. berkereasi kan lbh baik bos? ya gak?

    mmber mlm itu gw liat sih mmbuang wktu bwt seminar2 gak jelas gtu.. katanya cuma bwt 2 thn.. tp ad jga yng gak berhasil.. sia2 2 thn umur dia..

    harapan hidup orang 60 thn.. 2 tahun itu sayang bgt lho klo dibuang bwt gituan doang.. lagian klo tu bisnis bangkrut.. lw dpt uang drimana misal lo udah tua? miskin deh..

    jngn mls lah.. setan lo banyak tu,,, fanatik gak jelas gtu
    kasian ckckckck

  17. Dedi

    WAH…..SAMPAI HARI INI TIANSHI MEMANG HEBAT.
    SALUT DEH……..

    Banyak Blog yang membuat BERITA TENTANG TIANSHI……IMAGENYA JELEK…KOK BISA JELEK YA…..pasti Hasil Surveymungkin Alias Survey Pribadi ( mungkin anti MLM, pernah menjalankan lalu putus tengah Jalan ..Kecewa …JELEKIN DEH (sakit hati kali Ya )….termasuk GW masih belum yakin….Tiada hari tanpa Prospek…….

    GUE HERAN……..Tetangga GW dulu jelek2 tianshi terus……lama
    Akhirnnya Gabung juga ( kagak tau kok bisa ikut gabung – kali kena PELET TIANSHI ) awalnya sih die anti amat ama TIANSHI…
    Udah 3 tahun Gw Kagak Ketemu Dia …..Minggu lalu Gw dan Keluarga mau liburan ke temu die di Bandara Soekarno Hatta Penampilan Berubah Banget and GW sempat ngobrol2 bentar.. ( gw selidiki di facebook rupannya dah bintang 8)…GILE…
    Gw SMS die kok bisa …….And dia BLS …Ngak SEMUA Yang Di Anggap JELEK itu JELEK…….dan panjang deh SMSnya (SMS motivasi )……Dan GW salut….

    Sampe Skr GW belum Join ( masih idealis anti MLM)

    INTINYA GW AMBIL KESIMPULAN…….
    SUATU PERUSAHAAN YG KITA JELEK2kin KOK MAKIN GEDE YA…..
    KAYAK kita sendiri……harus belajar banyak dari mereka walaupun Kgak JOIN…..GW terus terang banyak dapat Ilmu dari mereka….jadi GW terapkan di BISNIS GW…ternyata BERHASIL ( membuat jaringan kerja)……TAK ADA SALAH AMBIL SISI POSITIF NYa

    SUKSES UNTUK SEMUA

  18. marina

    se7 banget sama maz dedi, seburuk apapun kita menilai, mengapa tidak melihat sisi positifnya sama sekali, biar adil gitu.
    tdk mbela siapa2 sich nich, coz gue juga sama se x tdk tertarik join tianshi kuq.
    (^_^)

  19. det Post author

    apapun usaha jika dilakukan dengan cara baik, tidak main paksa dan tipu, insya-alloh hasilnya baik..

    yang ditekankan di sini adalah MAIN PAKSA DAN MENIPU-nya yang ndak boleh dilakukan

  20. Bravo

    Wew, saya jga slma ini bingung ngejalanin bisnis ini. Soalnya banyak yg bilang inilah itulah, bohonglah, benar lah.. gak tau mana yg benar.. Sebaiknya kita berbisnis itu yang benar dan jujur biar dapat hasil yang baik dan pahala di sorga. Even though, jalan yang diambil orang baik itu sulit.. tapi ttp jgn mnyrah.. Harus tetap ambil positifnya aj dari bisnis Tiens ini.. Sukses untuk smua..!

  21. omi

    ikt brbgi; mlm adlh bsnis prkmbngan bisnisnya dg mnggunkn jaringan(network marketing). 27% org trsukses di amerika adlh pmbngun jringan(bisnis jringan). dan ksuksesannya tdk hnya sukses doank ttp FREEDOM…! bisnis ini trbgi dlm 4 system
    1. metric
    2. single level
    3. bynari
    4. breakway
    tiens yg tman2 bcrkan adlh Metric!
    cb tmn2 pljri system breakway mk tmn2 psti brbh pkiran mngnai mlm! 081339903312

  22. bowo

    di tiens bkan mlm murni coz ini bisnis network marketing,,, kalo qta berjlan dengan dua kaki, yang satu krja konvensional, n yang satu network marketing, qta akn memperoleh bebas finansial, n bebas waktu, qta jga membantu yang ada di bawah qta mjadi sukses, jadi ini bukan skedar bisnis jadi orang kaya, tai bisnis kemanusiaan yang mensejahterakan sesama……….
    salam suksess,,…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>