Bus Patas Cendana Ponorogo-Madiun-Surabaya Yang Aneh

Lebaran Iedul Adha kemarin saya mudik ke kampung halaman, Ponorogo. Dari Surabaya berangkat Jumat (05/12/08) sehabis Jumatan. Kembali lagi ke Surabaya Selasa (09/12/08). Pulang dan pergi naik bus. Dari Surabaya naik bus Jaya. Dari Ponorogo naik bus Patas Cendana.

Jarak antara Surabaya ke Ponorogo tidak sama dengan jarak Ponorogo ke Surabaya. Selisihnya sekitar 20 kilometer. Lho, kok bisa?

Karena kalau ke arah Surabaya, di Madiun harus lewat Ring Road, melewati Asrama Haji Madiun yang bersebelahan dengan SMA 3 Madiun. Kemudian di Caruban harus lewat jalan lingkar yang di kanan-kirinya banyak sawah. Di Nganjuk juga tidak bisa lewat kota, tetapi melewati jalur di luar kota.

Perjalanan dengan bus dari Surabaya ke Ponorogo normalnya 4 jam. Dari Ponorogo ke Surabaya 4,5 jam. Tetapi yang saya alami kemarin ini benar-benar keterlaluan. Bus Patas Cendana yang harusnya dari Ponorogo ke Surabaya hanya transit di Madiun ternyata berhenti di sembarang tempat untuk menaikkan penumpang baru!

Tarif yang dikenakan ke penumpang juga beragam. Dari Ponorogo ada yang dikenakan 40 ribu per orang. Sementara saya hanya ditarik 25 ribu. Itu karena saya melakukan negosiasi harga dengan kondektur sebelum naik bus. Saya mulanya ingin naik bus Restu yang terkenal suka kebut-kebutan di jalan. Tetapi tidak jadi karena pasti banyak yang merokok. Merokok di dalam bus? Dasar penumpang yang aneh!

Secara fisik, bus Cendana memang bisa dikategorikan ke dalam bus patas. Formasi tempat duduknya 2-2. Ber-AC dan semua kru memakai pakaian yang rapi. Tetapi ternyata selama perjalanan baru ketahuan bahwa ini adalah bus semi patas. Tarifnya tarif patas untuk sebagian penumpang. Tetapi berhenti di sembarang tempat bukan merupakan kebiasaan bus patas.Apalagi kecepatannya, jauh dari yang seharusnya. Ponorogo Surabaya ditempuh selama hampir 6 jam! Bus Jaya yang terkenal lemot pun masih kalah lemot! Bus patas yang aneh!

Ada kejadian unik ketika transit di Terminal Madiun. Ada sepasang muda-mudi yang masuk ke dalam bus bergandengan tangan dengan mesranya. Si cewek tampak manja menggelanyut di lengan si cowok. Sambil sesekali mencium pipi cowoknya. Kondekturpun datang menyerang. Menyodorkan 2 karcis sambil menyebutkan angka: “40 ribu, mbak!”. Setelah menerima 40 ribu, sang kondektur pergi. Eh, si mbak manja itu protes: “lho, pak, dua lho pak, dua kali 40 ribu kan 80 ribu!”. Si kondektur dengan mata berbinar-binar segera menghampiri si mbak. Menerima tambahan 40 ribu! Dasar mbak-mbak yang aneh! :mrgreen:

Selama perjalanan, TV di dalam bus menayangkan video dangdut dengan penyanyi berbaju minim dan ketat. Goyangannya erotis. Tetapi kualitas vokalnya hancur. Liriknya? Ah saya tidak faham, liriknya menggunakan bahasa Jawa Tengah atau Jawa Barat, atau jangan-jangan bahasa Banyuwangi. Pakai isun-isun. Dangdut yang aneh!

Rute Surabaya-Ponorogo

Yang aneh lagi ketika naik bus Patas Cendana dari Surabaya ke Ponorogo. Di Terminal Bus Purabaya Surabaya para makelar menarik-narik penumpang dan dibawa naik ke bus Patas Cendana. Dikatakan bahwa tarifnya tarif biasa. Orang pasti akan berfikir tarif biasa adalah 23 ribu. Naiklah mereka ke dalam bus dingin dengan formasi kursi 2-2 tersebut dengan hati gembira!

Setelah bus berjalan beberapa kilo, kondektur mulai membagikan karcis dan menarik biaya. Alangkah terkejutnya mereka yang tidak tahu bahwa tarif biasa bagi bus Patas jurusan Surabaya Ponorogo adalah 45 ribu. Sebagian besar penumpang yang merasa tertipu akan marah-marah ke kondektur. Bagi yang punya duit mungkin tidak jadi masalah. Tetapi bagi yang duitnya mepet mending langsung turun dan ganti bus biasa.

Kebiasaan menaikkan penumpang di sembarang tempat juga berlaku untuk rute ini. Rupanya ini sudah menjadi tradisi perusahaan PO Cendana Madiun. Tradisi yang aneh!

Dan jangan heran jika kemudian Anda diturunkan di Terminal Madiun dan dioper ke bus biasa. Memang begitu kebiasaan bus Patas Cendana. Padahal dengan tarif patas tersebut penumpang berhak diantar hingga kota tujuan terakhir, Ponorogo.

Ayo Lapor!

Saya yakin banyak sekali diantara penumpang yang punya pengalaman dikecewakan oleh Bus Patas Cendana. Kemarin saya sempat mencacat nomor pengaduan yang tertulis di atas dashboard. Nomornya:

085235397000

Ayo Lapor!

62 thoughts on “Bus Patas Cendana Ponorogo-Madiun-Surabaya Yang Aneh

  1. sapimoto

    Wakakakakakaka…
    Oalah Det, malang bener nasibmu…
    Bahkan terkadang juga tetap menaikkan penumpang, walaupun semua kursi telah terisi…
    Masih mending naik SK….

  2. denologis

    hem,,,,
    keren, jadi postingan juga….
    tapi, kondekturnya gak sampeyan kebi*i kan? :mrgreen:

    [merasa cukup cerdas ketika tahu ada mbak2 yang aneh itu]

  3. antown

    lah laa lah…
    huh kasian bgt sih. Smoga segera sadar ya tuh penumpang. masak merokok dalam bus. Tidak sepakat saya.

    semoga bukan komen yang aneh ini

  4. aRai

    waduh om … kemaren balik ke ponorogo ya?

    tau gitu mah kita bareng … kemaren diriku sendirian di perjalanan tanpa teman dan tanpa saudara … hanya di temani musik yang aneh … alah paan coba :D

  5. dwiprayogo

    Hal seperti itu sudah lumrah dan sering terjadi di indonesia. Tapi cuma menjadi masalah yang tidak terselesaikan kalo kita semua tidak mau saling mengingatkan dan merubahnya. Itulah hal yang paling sulit di Indonesia dari dulu sampai sekarang yaitu mentaati peraturan.
    Dilaporkan saja hal seperti itu biar ditindak lebih lanjut oleh pihak-pihak yang terkait.

  6. erander

    Seperti pepatah yang mengatakan :

    Sudah gaharu cendana pula ..
    Sudah tahu, bertanya pula ..

    Makanya .. sebelum naik gaharu cendana, kudu tahu bertanya dulu .. wakakaka :lol:

    Eala .. sampeyan entu wong Ponogoro toh? .. saya 3 tahun di Madiun koq ga pernah ketemua sampeyan ya?

  7. Syech Mbelgedez, "Imam Madzab Bocor Alus™ "

    Hajaaaaaarrr……………!!!

    Bakaaaaaarrrr……………….!!! :shock:

  8. azaxs

    Penumpang yang aneh!! :mrgreen:

    Hari gini naik CENDANA? kasian bngt kang…. :lol:
    Mmang itu bukan rahasia lagi…. tapi kok kayaknya g ada penanganan dari dinas yang bersangkutan…. itu kan bentuk premanisme transportasi….

    Intine ga usah naik CENDANA!!! ~ soale aku yo pernah jadi korban~

  9. TinG-tINg

    mai kita sama-sama membakar armada + crew + Direksi + all karyawan PO CENDANA yang persis seperti KELUARGA CENDANA bangsat bejat dan merugikan bangsa negara masyarakat serta PEMKAB PONOROGO dan MADIUN bupati harus menindak

  10. aneh

    silahkan lsg telpon ke bos / pemilik PO CENDANA namanya Bambang Budyanto (Wim) no telpon 0351-463092/462584

  11. Pingback: Bus Patas Cendana = Siput | Web Blog Of Sapimoto

  12. preaxz

    Mosok onok ta sapi numpak motor. Aku eruhe iku sapi numpak sapi, biyen malah tahu onok sapi numpak kodok ijo

    wakakakakak

  13. himawan giri ayoga

    asyik bgt tu pengalamannya…..aku tu dah kapok naik bis cendana,soal e luama bgt nympk surabaya.aku psti naik bis restu atau bis akas….soal ecuepet bgt alias ngebut

  14. rie2n

    kan gak selamanya bus cendana itu jelek kan???? ada sisi positifnya kok alon-alon waton klakon

  15. Danang Mayka Irawan

    tapi masih mending cendana yang pariwisata lho…………
    motore apik banget n punya satu merzedez benz.waktu aku carter buat kejogja ma temen2 sekelasku….
    masih mending citu 6 jam………aku malah pernah 8 jam.gara2 ban bisnya bocor n ga punya serep.so,harus nunggu nambal
    CAPEK ……DECH………………
    masih enk naek patas bis AKAS………….

  16. shafa

    Pada hari sabtu malam minggu pk. 21.30, saya naik bus patas cendana yang biasanya jurusan terminal madiun-sangen tarif Rp. 4000, kok ditarik 10 rb jadi bardua 20 rb, setelah tak tanyakan kondekturnya udah naik katanya..
    eh….ternyata besoknya pas aku balik tarifnya masih sama 4 rb…..gimana dong kalo kondekturnya maen narif sembarangan….

  17. Ice Cube

    Waktu itu saya habis libura di Ponorogo,kmdian di Terminal Seloaji saya di tawari oleh kernet dr Cendana agar naik cendana. Saya menolaknya tp kernet dan beberapa temannya malah memaksa saya untuk naik,karena saya tidak mau naik y saya tolak tawaran itu,tapi mreka ttap maksa terus. Saat itu saya membawa barang(oleh oleh dari ponorogo),tiba2 mreka membawa barang saya dan hendak di naikkan ke dalam bus dan tentu saja saya sedikat emosi dan menolaknya dg nada marah.
    Kmudian sopirnya berkata “wis lak ra gelem ojo di pekso”,tp sopir itu berkata demikian dengan nada sombong dan sok sekali.
    saat itu saya hampir naik pitam dan ingin sekali memberi pelajaran sama sopir itu tp saya urungkan krn sya brada diwilayah orng lain.
    kenapa pihak cndana seperti itu?
    apa mereka tidak di ajari sopan santun?

    Selain itu saya dengan dr temen saya kalau pamannya tertipu oleh cendana. awalnya kondektur cendana bilang kalau tari dari madiun ke Ponorogo cm 25 ribu,tapi setelah paman teman saya naik,dia di tarik biaya sebesar 45 ribu.
    knapa bsa terjadi sperti ini?
    apa semua kondektur cendana seperti itu?
    semuanya penipu?

  18. tole

    dari cerita semua yg paling aneh adalah ” ayo lapor! ”
    kenapa kok gak dilaporin,yg terima sopir-sopirnya sendiri

  19. H@n4

    Pengalamanku naik Cendana kok ya lumayan.Sopirnya hati2 jadi aku bisa tidur tenang dan tidak deg2an.Kalo naik bis Sumber Kencono nyawa taruhannya.Ya Cendana walaupun kamu diumpat2,tapi bagiku kamu adalah pilihanku……

  20. nujul

    iyo mas, cendana karo jaya podo ae. padahal rute mediun-ponorogo kan mong ono jaya karo cendana. mau dikemanakan muka kita sebagai warga madiun-ponorogo. jika ada wisatawan dan kecewa dengan pelayanannya.

  21. Yudi

    Kejadian hari ini 14 april 11 menimpa juga pada istri saya dan anak saya, pada saat di bungurasih si Kondektur bilang tarif biasa, mau ke Mojokerto, setelah naik ternyata di tarik 20rb x4 = Rp. 80 rb, yg biasanya cuma 5rb x 4 = Rp. 20 rb selisih Rp. 60 rb betul2 tidak halal, Istri saya sudah ngotot tapi si Kondektur malah marah2…Wah ini bener2 keterlaluan…sy tadi sudah kontak no hp pengaduan 085235397000 dan no. the owner Bambang 0351- 463092 tapi hasil nihil …tidak ada yg menjawab…yang jelas penipuan ini harus dihentikan,….bila perlu sebarkan informasi ini sebanyak2 nya…biar masyarakat luas tau dan tidak mau lagi naik bis Cendana ini…jadi tinggal nunggu Kebangkrutannya….saya akan tulis ke koran Jawa Pos secepatnya…semoga mendapat perhatian dari dinas perhubungan ..biar di cabut ijin operasionalnya…biar si Kondektur dan Sopirnya…di PHK….dan semoga mereka tobat akan kesalahannya…amin…

  22. bambang

    Kejadian kemaren di hari minggu tanggal 24 April 2011
    saya berangkat dari bungurasih kira2 jam 7 malam ke mojokerto
    waktu naik kaget juga …lho kok tempat duduk 2-2 tapi ngga ada tulisan patas. lumayan enak juga neh. Di lampu merah medaeng, abis lampu merah medaeng (deket jembatan tol), di masjid taman dan bypass ternyata dia berhenti buat nyari penumpang. Dalam hati ..wah …bener neh bukan patas.
    Ternyata ……. waktu ditarik karcis saya bilang ” Mojokerto , Ciwi pak”. Lha kok dia bilang “20rb mas ….” hahh ???????? ini lho ngga ada tulisan patas. masak segitu. yang benr aja.
    Kondektur berkilah ” Itu mas di karcis ada harganya”
    Asemmm ….untunglah saya bawa uang 25rb, …jadinya saya bayar 20rb sisa 5rb.
    Batal deh acara ke warung buat makan. Terpaksa bli aqua aja plus bayar parkir motor.
    Ternyata ngga hanya saya aja yg merasa tertipu, tapi ada juga ibu2 yang bawa anaknya kena bayar 40rb
    Memang selayaknya ..BUS CENDANA DICABUT TRAYEK-NYA

    lapor kemana yahh ???

  23. peyank harkit

    po cendana yg satu grub ama sari indah jurusan sby-jakarta jg sama menipunya………..waktu ke jakarta dr bungurasih kena tarif 250 rb padahal fasilitas td lengkap akhirnya saya tawar2 tdk kena jg padahal bus yg ke jakarta cman tgl terakhir ya po sari indah cendana groub akhirnya naik jg meskipun jalanx lemot.dasar po yg suka menipu

  24. Pingback: Harga sapi di caruban | terkini terbaru

  25. guslege

    Betul. Tgl 19/2/13 kmrn saya naik Cendana dr Ponorogo. Sblm naik, saya smpt tanya ke 3 org yg narik2 penumpang. “Ini biasa kan Pak”. Semuanya jawab “ya”. Anehnya, begitu naik langsung didatengin krunya sambil menyodorkan karcis. Saya tanya lagi, “Biasa kan?”. Ya, katanya. Tp saya memberikan uang 50 rb. Kembaliannya nanti katanya. Sampai hampir masuk Bungur, kembalian tdk jg dikasih. Saya tanya ke kernet, katanya suruh nyari sendiri kondekturnya di blkg. Anehnya lagi, trnyt kondekturnya bkn orang yg ngasih karcis pertama wkt naik. Saya dikasih kembalian Rp 5 rb. Saya protes. Tp dia terus mengelak dg alasan yg “pokok sakmenange dewe”. Akhirnya saya dikasih tambahan kembalian Rp 10 rb. Jd berarti tarifnya Rp 35 rb. Kalau memang patas, mengapa :
    1) jarak tempuh Po-Sby 5,5 jam
    2) setiap ada penumpang di pinggir jalan disamperin
    3) kondisi bis yg lebih tepat dikatakan tdk layak jalan. Bisnya model lama dg mesin di depan, 75% interiornya sdh keropos, suaranya pun kriyet2.
    Tolong Dishub, perlu ada sanksi tegas kpd pengelola PO Cendana yg sdh banyak korbannya. Dari pada nanti dibakar massa.

  26. edy

    sudah kayak gitu Organda JAtim juga Dishubnya yang membidangi budeg ,tuli, diam dan tidak ada tindakan anehh pantas negara ini jadi sakit…

    Pak Gubernure juga sibuk karepe dewe ora tau ngecek piye transportasi rakyate cuma bingung arep macung maneh karepe dewe,
    kita nikmati aja kecuekan para pejabat yang Dzolim ini semoga nanti di Akherat dia yang menanggung semua penderitaan kita ini
    kedepan kita cari Gubernur yang kayak Pak Jokowi Aja nggak banyak ngomong banyak kerjanya dan no teori bualan
    Okk

    kepada managemen PO Cendana mestinya ada perhatian tentang hal ini ,
    kalau tidak ada kita kasih tau aja semua temen ,keluarga,juga orang deket kita jangan naik bis Cendana biar tidak menderita
    Ok kawanm

  27. dEa

    Emang dasar bis yang aneh…
    Klo aq Cendana jurusan Mdn-Pon kena tarif 10ribu, hbs gitu kondekturnya dandan sok preman bentak2 penumpang pake kacamata item. Ada ibu2 tua turun didorong sampe mau jatuh…
    Haduh…lapooorrrr…!!!!

    Harus dibasmi nie premanisme diatas bis CENDANA yg ANEH….!!!!
    Klo perlu dibakar bersama kondekturnya sekalian.. Platnya AE 7263 UR…

  28. pardjogimoen

    sik mending lemot…., dari pada tarif patas, tapi kursine ga kena diduduki…! jebol kabeh…! ancrit….

  29. sengkuni

    No pengaduane mirip no hp ku.aku sering ditelp salah walaupun kadang wes terlanjur dipisuhi barang..no pengaduan 085235397000 bukan 085235357000..ojo salah!!!

  30. lakone

    ITU bus emg anjing bgt….
    Pelayanan anjing, fasilitas anjing, tarif jg anjing.
    Pkkny kapok gal lagi2 den….
    Jengkel stngh mati…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>