Hasil Akhir Putusan Sidang MK Terkait Pilkada Jawa Timur

Hari ini, Selasa (02122008) Mahkamah Konstitusi telah membacakan putusan sengketa Pilkada Jawa Timur. Pembacaan putusan tersebut dimulai sektar pukul 10 dan baru berakhir pukul 12. MK mengabulkan gugatan pasangan Khofifah Indar Parawansa – Mujiono. Dengan demikian putusan KPUD Jatim tentang rekapitulasi perhitungan suara Pilkada Jatim putaran 2 dinyatakan batal.

Dalam putusannya, panel hakim konstitusi yang dipimpin oleh Prof.Mahfud MD Ketua MK tersebut berhasil mengungkap kecurangan terstruktur dan sistematis yang dilakukan oleh pasangan Soekarwo – Syaifullah Yusuf.  Kecurangan yang dimaksud diantaranya adalah adanya kontrak politik antara KarSa dengan asosiasi Kepala Desa di Jawa Timur. Dalam kontrak politik tersebut disebutkan bahwa Kepala Desa akan mendapatkan sejumlah uang jika berhasil memenangkan KarSa di daerahnya.

Ada 2 kabupaten yang harus melaksanakan pemungutan suara ulang, yaitu Sampang dan Bangkalan. Sedangkan di Pamekasan harus dilakukan penghitungan suara ulang. Putusan tersebut didasarkan atas intensitas pelanggaran yang terjadi.

Semoga Pilada Ulang yang menurut keputusan MK harus dilakukan paling lambat 60 hari sejak putusan dibacakan tersebut bisa berlangsung langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (LUBER – JURDIL) sesuai dengan harapan MK ;)

20 thoughts on “Hasil Akhir Putusan Sidang MK Terkait Pilkada Jawa Timur

  1. aRuL

    sipz…. inilah yang saya suka di dunia politik, permainan politik yang indah yang menggunakan landasan hukum. Yah namanya politik :D

  2. det

    @galih: putaran pertama sekitar 500 milyar, putaran kedua sekitar 200 milyar, ‘partai ulangan’ diperkirakan sekitar 20 milyar.

    ada gak ya peblogger monetize yang bisa mendapatkan duit segede itu? hehehe…

  3. jebrak

    jane mono MK ikuh opowtow om menurut pen DETEKSI an moe??

    wonng katrok meluw nimbrung kih jane mono yuuuwg eruh opow ikuh politik :mrgreen:

  4. agus

    yooo….wong nang dunyo ayo podo elingo ajo podo serakah marang pangkat lan jabatan nanging lali karo sing kuwoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>