Menyusui Selama Dua Tahun, Mau?

menyusui bayiTengoklah ke berbagai media hari ini, banyak sekali yang memberikan ucapan “Selamat Hari Ibu”. Ya, hari ini (22/12) adalah hari ibu. Hari untuk mengenang jasa seorang ibu yang begitu besar. Begitu besarnya hingga tidak bisa dinilai dengan apapun.

Ibu-lah yang telah mengandung kita selama 9 bulan, melahirkan dengan penuh perjuangan bertaruh nyawa, kemudian menyusui, membesarkan dan mendidik kita hingga menjadi seperti sekarang ini.

Peran ibu begitu penting bagi seorang anak. Ketika baru lahir anak harus meminum air susu yang keluar pertama kali dari payudara ibu atau biasa disebut dengan kolostrum. Kandungan kolostrum begitu dahsyat, mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan seorang bayi. Jika tidak meminum kolostrum, daya tahan tubuh anak akan sangat lemah sehingga mudah sakit.

Ibu jaman dulu merawat bayinya dengan total. Selain menjaganya dari berbagai bahaya dan memenuhi semua kebutuhan sang buah hati, ibu juga menyusui bayinya selama dua tahun. Ibu melakukan itu semua dengan ikhlas dengan harapan agar bayinya bisa tumbuh dengan baik, sehat dan kuat.

Siang dan malam semua perhatian ibu tercurah untuk sang bayi. Ketika tengah malam seringkali ibu tidak tidur demi menjaga anaknya supaya tidak digigit nyamuk. Nyamuk-nyamuk yang mendekat segera dihalau dengan tangan ibu.

Tapi ibu jaman sekarang sudah jauh berubah. Menyusui anaknya hingga usia dua tahun dianggap terlalu lama dan bisa mengganggu aktifitas kerja. Selain itu para ibu muda kuatir jika menyusui anaknya terlalu lama maka payudaranya akan kendor dan tidak menarik lagi. Maka kemudian sang ibu menyerahkan tugasnya kepada para sapi untuk menyusui sang bayi.

Maka tidak heran jika kemudian susu bayi menjadi produk yang paling laku di banyak toko. Setiap hari kita dengar dan saksikan iklan susu formula untuk balita dan anak-anak di berbagai media. Susu ini bisa membuat otak anak tumbuh optimal. Susu itu membuat pertumbuhan anak menjadi baik.

Perilaku ibu yang malas menyusui anaknya telah melahirkan bisnis baru. Atau bisa jadi sebaliknya. Maraknya produk susu formula makin membuat ibu malas menyusui. Atau keduanya merupakan lingkaran setan yang tidak ada ujung dan pangkalnya.

Akibatnya bisa kita saksikan sekarang. Anak tidak lagi menaruh hormat kepada ibu. Nasehat ibu tidak lagi di dengarkan. Bahkan kemudian ada yang tega menghabisi nyawa ibunya sendiri. Maklum, anak sapi. Kelakuannyapun meniru sapi. Tapi sapi yang menyusui mereka-pun tidak akan sekejam itu, khan?!

Solusinya kita harus kembali ke yang alami, yaitu susu ibu. Ayo para ibu muda, susui bayi Anda hingga usia dua tahun. Bagaimanapun susu ibu merupakan makanan terbaik bagi anak. Dan para bapak muda, jangan ganggu istri Anda yang sedang menyusui bayinya! :mrgreen:

31 thoughts on “Menyusui Selama Dua Tahun, Mau?

  1. Jiewa

    Nasehat ibu tidak lagi di dengarkan.

    Jaman skrg anak2 lebih nurut sama babysitternya lho… gawat tenan..

    ps : sumpah ga konsen baca tulisane abis liat foto paling atas.. πŸ˜›

  2. risdania

    perilaku anak juga gag bisa tergantung dari menyusui 2 tahun atau enggak kan…
    banyak faktor selain itu..
    misalnya lingkungan,,pendidikan, pergaulan, tingkan moral, dll..

    globalisasi merambah semua bidang..
    ‘asi + susu formula’ kenapa diartikan si ibu malas memberikan asi?

    lagian knp bisa meng-jugde perempuan skrg gag mw menyusui selama 2 tahun,,dilingkungan mas det seperti itu kah?

    karena yang saya tahu, sekarang malah makin banyak wanita karir yang mau menyusui anaknya selama 2 tahun..

    modernisasi ruang juga memberi wadah khusus untuk para ibu yang ingin menyusui di ruang umum misal mall, jadi mungkin mas det aja yang gag tau kalau tuw ibu nyusuin anaknya selama 2 tahun karena tiap memberikan asi dia masuk ke ruang tertutup,,

    semisalnya seorang ibu gag mau menyusui selama 2 tahun, bisakah itu jadi jawaban mengapa seorang anak bertingkah kaya “sapi”?
    Semisal seorang ibu hanya menyusui anaknya 6 bulan pertama, bisakah dia dianggap tidak semulia seorang ibu yang menyusui anaknya 2 tahun?

    mungkin selain asi ada yang hal utama yang dilupakan, bahwa melahirkan seorang anak tuw batas dunia akhirat seorang wanita..

    Selain itu, mari para pria mulai hargai wanita tidak hanya dari ukuran dadanya saja. Mari hargai wanita bagaimana pun dia seperti kita menghargai ibu kita..

    buat dedek ku kelak,,,insyaallah bunda kasih dedek asi 2 tahun yah..doain bunda lancar kerjanya biar bisa beli susu formula yah..heheheh

  3. aRuL

    lho…. lho lost of focus ki… gara2 gambar….

    @risda : yang penting usahanya dulu menyusui selama 2 tahun…
    kalo emang dokter bilang ngak bisa ngak dipaksakan koq..
    itu adalah waktu ideal πŸ™‚

  4. isnuansa

    saya pikir, 2 tahun juga terlalu lama… saya nanti cukup 6 bulan saja deh. anak tetap dapet asi, ibu juga bisa segera seksi πŸ˜‰

  5. azaxs

    skrinsyut yang mantabb.. postingan yang keren..

    * dicari, calon istri yang mau menyusui anaknya selama 2 tahun.. yang mau silahkan hubungi.. 08135920**** :mrgreen:

  6. dewi

    Dan para bapak muda, jangan ganggu istri Anda yang sedang menyusui bayinya! :mrgreen:

    ni keknya cucok bangetz buat nasehatin kamu πŸ˜€

  7. Frenavit Putra

    Sampeyan bener mas susu ibu alias ASI emang sangat baik untuk perkembangan si kecil…. Sangat kelihatan berbeda si kecil yang minum ASI dengan si kecil yang tidak Minum ASI… Nice Info…

  8. Napi

    wah saya juga pernah terbayang akan susahnya ibu Napi ini pas melahirkan aku beberapa tahun yang lalu… pastinya butuh pengorbanan yang sangat berat…
    oh ibuku yang tercinta…

  9. Ratna

    SELAMAT HARI IBU,

    Bunda, adalah profesi agung yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Begitu banyak hal yang harus ditangani oleh seorang Bunda. Dari bangun tidur, hingga tidur lagi, Bunda tidak pernah lepas dari perannya. Sebagai seorang ibu, yang merawat, mengasuh dan mendidik anak-anaknya, juga sebagai istri dan pengatur kerumahtanggaan.
    ……bundazone.com…… lahir di Hari Ibu ini, dipersembahkan untuk para Bunda. Sebagai salah satu referensi agar Bunda makin disayang dan bertambah sayang kepada keluarga.
    Bergabung dengan komunitas Bunda Zone..untuk sharing dan mendapatkan informasi tentang parenting

    Salam hangat,
    Ratna

    Dion, maaf nih…saya lagi numpang belajar nyepam :mrgreen:
    BTW, saya menyusui anak-anak saya 2 tahun penuh dan untungnya selama itu tidak pernah diganggu gugat bapak-bapak muda πŸ˜€

  10. sapimoto

    Wah, sebenarnya tidak selalu seperti itu, Det…
    Ibu jaman sekarang juga masih ada kok yang total dalam mendidik dan memberikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan dan kemudian berlanjut sampai usia hampir 2 tahun, contoh nyata adalah istri dan adik kandung…
    πŸ˜€

    Untung itu nulisnya sapi gak pake moto, bisa-bisa saya disomasi karena telah menebar begitu banyak anak diseluruh dunia… πŸ˜†

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *