Repost: Surabaya IT Trends 2009

Catatan: Sabtu (13/12/08) kemarin saya sudah memosting artikel ini. Sudah ada beberapa komentar yang masuk, tetapi tiba-tiba artikel ini hilang. Sebagian besar komentar pada posting sebelum ini juga hilang! Untungnya saya menemukan cache artikel ini di google. Saya repost! 😉

Trend IT di Surabaya dan Indonesia pada tahun 2009 tidak akan jauh berbeda dengan yang terjadi pada tahun 2008 ini. Kita masih akan lebih banyak menjadi konsumen, khususnya untuk hardware. Untuk menjadi produsen terlalu jauh karena keterbatasan infrastruktur dan regulasi. Demikian ungkap Lendy Widayana Managing Partner Indonesia Discovery Research and Documentary dalam acara Dialog IT Gathering berjudul Surabaya IT Trends 2009 di The Empire Palace hari ini (13/12/08).

Sementara itu trend IT di dunia penyiaran radio menurut Herru Soleh Business Development Manager Suara Surabaya Media akan terus berkembang menuju arah radio multiakses. Selain bisa didengarkan melalui penerima terestrial, radio juga akan terus memanfaatkan internet untuk menyiarkan programnya. Jika saat ini ada trend radio streaming, maka ke depan akan ada radio visual. Pendengar radio online bisa melihat aktivitas di studio melalui video streaming.

Ke depan bahkan kita bisa mendengarkan radio melalui handphone. Nokia telah menancapkan chips khusus ke dalam perangkat terbarunya. Hanya dengan menekan tombol tertentu kita bisa mendengarkan radio mana saja di dunia. Radio tidak hanya didengar, tetapi juga diakses!

Meskipun secara teknis kedua hal di atas nampaknya masih akan terkendala masalah infrastruktur jika diterapkan saat ini di Indonesia. Video streaming Suara Surabaya saja saat ini hanya bisa diakses oleh maksimal 25 pengunjung pada saat bersamaan. Maklum saja, kecepatan internet kita masih kembang kempis :mrgreen:

Di sisi lain, sebenarnya karya anak bangsa di bidang IT khususnya software sudah setara atau bahkan lebih bagus dibanding karya dari luar negeri. Contohnya video tutorial yang diproduksi oleh Dewan TIK Nasional atau DETIKNAS. Banyak yang terkecoh dengan tampilannya yang sangat bagus. Pengguna mengira itu hasil kreasi orang luar. Nyatanya itu adalah hasil kreasi dalam negeri. Hal ini disampaikan oleh Eva Handriyantini Direktur CyberKidz Indonesia.

Pameran Komunitas IT

Selain bisa menyimak pemaparan tentang trend IT 2009, para peserta juga berkesempatan mengunjungi stand pameran komunitas IT di Surabaya. Tercatat ada 4 komunitas yang berpartipasi dalam acara tersebut, yaitu Komunitas Blogger Surabaya, Komunitas Linux Arek Suroboyo, RoboKids Indonesia dan Komunitas 3DS.

Acara dimulai pukul 09.00 dan diakhiri pukul 13.00 dengan pembagian doorprize. Tiga orang berhak membawa pulang printer, puluhan orang mendapatkan voucher Blink pelindung laptop, puluhan orang yang lain mendapatkan goodie bag berisi kaos dan majalah dan semua peserta yang mengumpulkan kuisioner mendapatkan mug cantik dari Hi-Tech Mall

Acara tersebut terselenggara berkat kerjasama Suara Surabaya Media, Hi-Tech Mall dan didukung TuguPahlawan.Com;)

8 thoughts on “Repost: Surabaya IT Trends 2009

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *