Safe Sex

Ternyata pemahaman remaja kita tentang safe sex justru membawa mereka ke perilaku free sex. Mereka memahami safe sex sebagai berhubungan sex hanya dengan satu orang, yaitu pacar. Kemudian senjata andalan mereka adalah alat kontrasepsi, terutama kondom!

Tentu saja ini bukan generalisasi. Masih banyak remaja kita yang berperilaku sex sehat. Artinya mereka tidak melakukan aktifitas seksual sebelum menikah kelak.

Safe sex bagi mereka yang belum menikah adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual dengan siapapun, termasuk pacar. Sedangkan safe sex bagi pasangan resmi yang sudah menikah adalah dengan melakukan hubungan seksual hanya dengan pasangannya. Setia!

Adanya penyimpangan pemahaman tersebut menurut saya adalah dampak dari pendidikan sex yang sangat minim. Orang tua kebanyakan masih menganggap tabu berbicara masalah sex kepada anaknya. Padahal si anak justru akan mencari jawaban sendiri atas pertanyaan yang menari-nari di dalam otaknya. Tak jarang untuk mendapatkan jawaban tersebut mereka melakukan eksperimen berbahaya!

Kemudian maraknya iklan kondom di berbagai media menurut saya juga memberikan pemahaman yang keliru. Mereka seolah menegaskan kalau sudah pake kondom berarti sudah aman, meskipun hubungan sex dilakukan bukan dengan pasangan sah.

Kalau mau apatis, semua kembali ke individu masing-masing, mau safe sex atau free sex itu urusan personal. Orang lain tidak berhak ikut campur. Tetapi jika dibiarkan berkembang berpotensi makin merusak tatanan sosial yang sudah rusak ini 😉

Bagaimana pendapat Anda?

28 thoughts on “Safe Sex

  1. roons

    betull….
    jauhi free sex, narkoba, dan bencong…!!
    ketiganya sangat berbahaya….namun nikmat.
    setelah nikmat, baru tau gak enaknya…

    jauhi…jauhi..jauhi..!!!!!

  2. denologis

    hem,,,,
    benar sekali….

    info : hari minggu besok, di gedung sasana praja ponorogo ada seminar tentang free sex dan HIV/AIDS. konon, pembicaranya juga ada dari bencong alun2.
    [saya hanya katanya teman saya. ndak tau beneran apa ndak. yang jelas dia juga jadi pembicara dalam acara tsb.]
    [kalo saya sih, mending tidor saja sama pacar2 saya. wekz]

  3. sawali

    betapa pentingnya melakukan upaya2 hubungan sex yang sehat bagi pasutri dan menjaga cara berpacaran yang sehat bagi kaum remaja. sungguh menyedihkan kalau iklan kondom justru merangsang kaum remaja utk melakukan free sex dg menggunakan alat kontrasepsi semacam itu.

  4. dewi

    Orang tua kebanyakan masih menganggap tabu berbicara masalah sex kepada anaknya. Padahal si anak justru akan mencari jawaban sendiri atas pertanyaan yang menari-nari di dalam otaknya. Tak jarang untuk mendapatkan jawaban tersebut mereka melakukan eksperimen berbahaya!

    keknya aq ada sample anak yg mencari jawaban sendiri untuk semua pertanyaanx. sampe ngelakuin eksperimen gila en berbahaya jg loh..
    whew!! pdhl masih kecil tuh 🙁

  5. Rian Xavier

    setuju. Memang kadang salah persepsi kita dan ketabuan itu menimbulkan pertanyaan di pikiran anak-anak. ya maw gimana lagi ini kan indonesia. Kalau di luar negeri pendidikan tentang sex sudah dari sejak dini ditanamkan walaupun tetap free sex tinggi.

  6. aRuL

    mantap dah…..
    heran pemerintah koq dukung kampanye kondom, padahal itu lho sumber malapetaka banyaknya HIV/AIDS.
    payah pemerintah…

  7. aziz

    weh, free sex tuh merusak moral bangsa…. sistem kita aja udah cukup rusak, jangan ditambah rusak lagi ama perbuatan2 gak bermoral…..

  8. fithraw

    setubuh,,, eh,,, setujuh… 😛
    tapi memang sulit juga untuk mencegah terjadinya freesex sebagai penyebab paling sering terjangkitnya HIV/ AIDS… semua tergantung dengan masing2 individu…
    tul gak??? 😀

  9. udin

    Sex itu nikmat……
    Gak ada effeknya det klau cuma sex education…
    KLau menurutqu perlu adanya aturan cara bergaul bagi lawan jenis, Biarpun mengerti sex klau pergaulan lawan jenisnya bebas, malah tambah pinter ngesek . Pokoknya jangan munafik de semua, siapun orangnya klau berduaan dengan lawan jenis pasti pengen ngesek, apalagi di tempat sepi, seperti Kos2an, Kontrakan, dlll.

  10. Pingback: “Gunakan Kondom Sebelum Sex” — deteksi.info

  11. ardi

    klu mnurut q ngesex pacar sndiri ga’ papa, klu yg prempuan di tawarin mau sih ga papa klu pake kondom kan ga bsa hamil

  12. jem sumadi

    jangan sekali kali ngeseks sama pelacur, bencong dan kupu2 malem, dan juga jangan merampas kegadisan orang lain Tuhan bisa marah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *