Tim SAR Brimob Polda Jatim Berhasil Evakuasi Mayat Terakhir

Mayat Menyembul

Evakuasi mayat terakhir yang sudah ditunggu-tunggu warga dan keluarga korban akhirnya berakhir sukses. Tim SAR Brimob Polda Jatim bekerjasama dengan operator alat berat berhasil menaikkan mayat korban sekitar pukul 14.30 hari ini (16/12/08).

Proses evakuasi berjalan alot. Posisi mayat sudah ditemukan sejak kemarin. Karena masih terjepit reruntuhan jembatan, mayat belum berhasil diangkat. Akhirnya mayat tersebut diikat dengan alat berat menggunakan tali plastik berwarna biru.

Hari ini evakuasi kembali dilakukan. Dua orang anggota SAR masuk ke dalam sungai. Mereka dilengkapi dengan selang yang terhubung dengan air compressor untuk membantu supply oksigen. Sekitar satu jam keduanya berada di dalam air namun naik kembali dengan tangan hampa. Mereka menyebutkan bahwa mayat masih terjepit. Keduanya kelelahan dan akhirnya menyerah.

Satu orang anggota SAR yang lain mengambil alih posisi keduanya. Dia turun ke sungai sambil membawa tali kawat baja. Sekitar 15 menit di dalam air kemudian naik kembali ke atas dan langsung memerintahkan operator mesin katrol untuk menaikkan tali.

Penonton Membeludak

Seluruh penonton tampak tegang. Apalagi ketika sesuatu tampak menyembul ke atas. Setelah terus ditarik ternyata yang menyembul itu adalah batang besi sepanjang kira-kira 8 meter. Beberapa detik kemudian mayat korban menyembul sendiri ke permukaan air!

Para penonton wanita segera berteriak-teriak menangis. Sebagian lagi mengucapkan takbir. Kondisi mayat sudah dalam keadaan membengkak. Warna kulitnya putih. Rambutnya di kepalanya sudah habis. Baju dan celananya masih lengkap.

Besi Penjepit Mayat

Bersamaan dengan menyembulnya mayat, hujan mendadak turun dengan deras, seolah ingin memandikan sang mayat. Setelah mayat dimasukkan kantong mayat dan dibawa ambulance, hujanpun reda!

Keterangan Foto:

  • ATAS: (1) Wartawan (2) Mayat (3) Besi Penjepit (4) Tim SAR
  • TENGAH: Penonton membeludak
  • BAWAH: Inilah besi penjepit mayat itu

44 thoughts on “Tim SAR Brimob Polda Jatim Berhasil Evakuasi Mayat Terakhir

  1. jebrak

    waduwwwww….. sak no rekkk, om det salah satu tim SAR yang gagal tadi pow yang berhasil pow malah gaga kedua duanyaw?????? 😀

  2. Edi Psw

    Begitu mendebarkan ya, Mas? Cuaca yang buruk seperti ini memang serba repot. Hujan dan banjir seakan-akan sudah menjadi langganan warga surabaya. Dimanapun berada kita harus ekstra hati-hati.

  3. sapimoto

    Sepertinya makin banyak konstruksi rusak di Surabaya, dan mungkin ini perlu untuk dijadikan sebuah bahasan bagi para pihak terkait.
    Gak nulis masalah papan iklan yang roboh didepan JW Marriot, Det?

  4. risdania

    malu dengar berita jembatan 22milyar baru dibangun bisa patah dibagian tengah pas…artinya kan tuw jembatan nahan momen beban berat jembatan itu sendiri aja gag kuat….

  5. dewi

    Bersamaan dengan menyembulnya mayat, hujan mendadak turun dengan deras, seolah ingin memandikan sang mayat. Setelah mayat dimasukkan kantong mayat dan dibawa ambulance, hujanpun reda!

    🙂

  6. sawali tuhusetya

    selamat atas kinerja Tim SAR Brimob Polda Jatim yang Berhasil meng-Evakuasi Mayat Terakhir, semoga masyrakat makin simpati kepada korps ini. wah, kok bisa ya, hujan tiba2 turun lantas reda begitu mayat terevaluasi?

  7. nico

    mas dion ngeliput ndiri tuch? mantab mas…
    OOT: tulisannya bener bener ngebuat saia ngerasa ada di tempat kejadian… keren mas..

  8. casual cutie

    kasian…semoga arwahnya diterima di sisi TYME. begitulah kalo dana pembangunan jembatan banyak dikorupsi, bahan2 dikurangin. jembatan jd cepet rapuh dan ga bisa nahan beban sebagaimana mestinya sesuai dengan aturan jembatan menurut PU.

  9. aRuL

    @mantan kyai : bukannya ngak mau nolong, liat aja TIM SAR aja butuh alat yang “besar” untuk mengevakuasi mayat gituh. Lek sampean koyok’e alat’e “kecil” jadi ngak bisa bantu kan? 😛 hihihihi

  10. miky

    saya turut prihatin terhadap terjadinya bancana yang memakan msyarakat sipil.semoga orang yang mengasihinya diberikan ketabahan.amien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *