Wajah Baru Portal Suara Surabaya Net

Selain mengelola beberapa radio, Suara Surabaya Media juga mengelola portal berita SuaraSurabaya.Net. Bertepatan dengan momen 12-12-12, tanggal 12, bulan 12, jam 12, hari ini, SS.net berganti wajah. Perubahan adalah keniscayaan. Change or Die, begitu kutip Errol Jonathans Direktur Operasional Suara Surabaya Media.

Di samping ini adalah screenshoot tampilan website SS.net tersebut.

Dilihat dari sisi konten hampir semua sama dengan tampilan yang lama. Ada sedikit penambahan yaitu video streaming. Bagi Suara Surabaya ini mungkin akan menjadi batu loncatan menuju era radio visual.

Komposisi warna sudah pas dan membuat mata nyaman ketika membacanya.

Beberapa tombol menu terlihat berbeda dengan warna sekitar. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk memberikan point of view agar pengunjung mudah menemukan tombol tersebut.

Ada yang sedikit janggal pada halaman depan, yaitu penempatan login form dan search engine berada di bawah. Namun demikian hal ini tidak mengurangi fungsinya. Situs tersebut nampaknya memang dibuat satu arah, tidak interaktif sehingga penempatan login form tidak diletakkan pada ‘prime place’.

Kejanggalan lain adalah penempatan banner iklan yang porsinya tergolong kecil untuk portal berita. Harusnya SS.net bisa mengoptimalkan space yang ada di halaman depan untuk banner iklan untuk menggenjot pendapatan. Jika belum ada pengiklan bisa diisi dengan filler atau ILM.

Kekurangan lain dari situs ini adalah ukuran preview ‘Iklan Anda’ dan ‘Agenda Kota’ yang kurang lebar. Font yang digunakan juga terlalu kecil sehingga kurang cocok dibaca pengunjung berusia tua yang sebenarnya adalah segmen utama pendengar SS yang kemungkinan besar adalah juga pengunjung situs ini.

Hal yang harus diapresiasi adalah penempatan link ke berita-berita sesuai dengan kategori. Ini sangat memudahkan pembaca yang ingin mencari berita tertentu. Misalkan ingin mencari berita tentang peristiwa politik, bisa langsung menuju kategori tersebut dengan mudah. Penempatan headline berita dan juga list berita terbaru juga sudah tepat.

Secara keseluruhan saya memberikan nilai 75 untuk desain baru SS.net ini. Sedangkan dari segi konten sudah tidak diragukan lagi, SS sudah sangat ahli di bidang jurnalistik seperti ini. Yang perlu ditingkatkan mungkin kecepatan dalam menuliskan berita, harus cepat sekaligus akurat.

Ke depan semoga SS.net menjadi media online utama di Surabaya dan Indonesia dan menjadi jujugan para pencari berita. SS.net dengan support penuh SS Media pasti bisa! 😉

7 thoughts on “Wajah Baru Portal Suara Surabaya Net

  1. Pingback: unting.net - Nyoba Video Streaming Radio Suara Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *