Komunitas Blogger

Sebuah komunitas bisa terbentuk karena kesamaan hobi. Ngeblog merupakan sebuah hobi yang sedang dan akan terus ngetrend. Semula hanya di kota-kota besar yang akses internetnya mudah yang banyak bloggernya. Seiring dengan kemudahan mendapatkan akses internet, jumlah blogger terus bertambah.

Trend selanjutnya adalah terbentuknya komunitas blogger. Baik komunitas formal maupun yang terbentuk begitu saja secara tidak sadar.

Komunitas formal adalah komunitas yang sengaja mendeklarasikan diri sebagai komunitas blogger. Di Surabaya ada TPC, di Ponorogo ada Blogger Warok, di Jogja ada Cah Andong, di Makassar ada Anging Mammiri, di Semarang ada Loenpia, di Ngawi ada Kota Ngawi, dan sebagainya.

Komunitas blogger yang secara tidak formal terbentuk begitu saja juga ada. Interaksi blogger dari berbagai kota melalui berbagai media telah secara tidak sadar membentuk sebuah ikatan antarblogger. Sebuah komunitas yang secara eksplisit tidak memiliki nama namun memiliki berbagai aktifitas bersama.

Bergabung dengan komunitas blogger selain bisa menambah persaudaraan juga bisa dijadikan ajang saling bertukar informasi dan ilmu terbaru seputar blog dan IT.

Selain itu komunitas blogger juga bisa mengambil peran untuk memajukan daerah di mana dia berada. Tentunya dengan memanfaatkan blog atau potensi yang lain.

Tetap menjadi blogger mandiri atau bergabung dengan komunitas blogger adalah pilihan. Semuanya boleh dipilih! 😉

16 thoughts on “Komunitas Blogger

  1. bedh

    keknya sih emang banyak banget keuntungannya kalo ikut komunitas bloger. saya sendiri ikut komunitas Batagor buat blogger yang ada di bandung. tapi saya masih kurang bisa bermanfaat dan berpartipasi di komunitas tersebut. mudah2an di kemudian hari beda lagi ceritanya 😀

  2. azaxs

    Budhal! eh.. Maphag!

    Sip.. setuju kang… semua pilihan ada di tangan masing-masing, dan belum tentu yang gabung di komunitas lebih baik daripada blogger mandiri…

    Btw ada Blogger BCA atau Blogger BNI ta? :mrgreen:

  3. petruk

    bethul…kang
    biarkan orang bilang bloger itu kurang kerjaan,penipu, atau yang lainya….
    poko’e seng penteng NGEBLOG….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *