Menjadi Blogger Bertanggungjawab

Ketika seseorang tiba-tiba mendapati hal baru maka biasanya akan terjadi euforia. Termasuk ketika mulai kenal dengan blog. Apalagi setelah mendapat informasi bahwa dari blog bisa mendapatkan uang.

Maka apapun akan ditulis. Tidak jarang tulisannya berlebihan. Bercampur-baur dan tidak bisa dibedakan mana yang berita mana yang opini. Mana yang fakta dan mana yang hanya gosip belaka.

Namun pada saatnya hal tersebut akan mencapai titik keseimbangan. Blogger akan menjadi bertanggungjawab. Mampu menyajikan informasi yang berbobot dan bisa membedakan antara fakta dan gosip. Antara berita dan opini.

Lahirnya berbagai komunitas blogger di Indonesia harus bisa menjadi katalisator tercapainya titik keseimbangan tersebut. Komunitas blogger harus bisa membuat para anggota lebih santun dan berkualitas dalam menulis.

Banyaknya komunitas blogger tidak boleh dijadikan sekat pemisah yang menjadikan blogger terkotak-kotak. Komunitas-komunitas yang ada harus mampu mendorong bersatunya blogger untuk mengambil peran bagi kemajuan bangsa dan negara.

Hal tersebut disampaikan Arif Afandi dalam sambutannya pada acara launching Markas TPC di Hi-TechMall, Selasa, 20 Januari 2009.

25 thoughts on “Menjadi Blogger Bertanggungjawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *