Tangga Lagu Indonesia, Bagaimana Membuatnya?

Setelah dua kali menampilkan Tangga Lagu Indonesia ternyata banyak yang bertanya melalui email, bagaimana cara membuat tangga lagu.

Kebetulan saya pernah berkecimpung di industri radio, sedikit tahu bagaimana Tangga Lagu dibuat, baik Tangga Lagu Indonesia, Tangga Lagu Manca maupun Tangga Lagu Mandarin dibuat.

  • Tangga Lagu berdasarkan request. Hampir semua stasiun radio memiliki acara request lagu. Dari sana kemudian lagu-lagu yang direquest didaftar dan dicatat, berapa kali lagu tersebut direquest. Durasinya bisa mingguan atau bulanan. Lagu yang paling banyak direquest kemudian ditempatkan pada urutan pertama tangga lagu. Lagu yang jumlah requestnya kurang akan dikeluarkan dari tangga lagu dan digantikan dengan new entry, yaitu lagu baru yang sedang naik daun atau dipromosikan.
  • Tangga Lagu berdasarkan pesanan studio rekaman. Ketika sebuah studio rekaman mengeluarkan album baru, maka radio-radio akan mendapatkan kiriman kaset atau CD nya sebelum diedarkan di pasaran. Tujuannya untuk promosi. Lagu baru tersebut sengaja disisipkan ke dalam chart sebagai new entry meskipun belum ada request. Chart tersebut bisa diputar pada prime time sehingga banyak orang yang mendengarkan dan akhirnya penasaran. Kemudian pada tangga lagu periode berjalan, lagu tersebut dimasukkan ke dalam tangga lagu.
  • Tangga lagu sesuai ketentuan Music Director. Bagi radio yang tidak membuka acara request biasanya tetap membuat tangga lagu sebagai patokan bagi penyiar, lagu apa yang boleh diputar saat itu. Biasanya sebuah stasiun radio memiliki ketentuan khusus tentang pemutaran lagu. Misalnya lagu yang sama tidak boleh diputar lebih dari sekali dalam sehari. Lagu dari artis yang sama tidak boleh diputar dalam jam yang sama, dan sebagainya.
  • Tangga lagu dari website. Karena keterbatasan waktu dan biaya, ada juga radio yang tidak menyusun tangga lagu sendiri, melainkan mengambil data dari website tertentu. Namun sebenarnya hal ini tidak dianjurkan mengingat selera musik antar-daerah bisa jadi berbeda.

Proses penyusunan tangga lagu biasanya tidak dilakukan secara manual, melainkan dengan bantuan software. Terutama tangga lagu berdasarkan request atau frekuensi pemutaran lagu tersebut.

Radio automation software seperti RADUGA, JAZZLER, AUDIOVAULT dan sebagainya biasanya sudah dilengkapi dengan kemampuan membuat tangga lagu. Parameternya bisa disetting terlebih dahulu. Berdasarkan parameter tersebut kemudian software mengumpulkan data statistik dari “gudang lagu” yang mereka miliki dan menyusun tangga lagu secara otomatis.

Hal tersebut juga dilakukan oleh rumah karaoke keluarga seperti NAV. Dalam penyusunan tangga lagu mereka berpatokan pada banyaknya lagu yang diputar oleh pengunjung. Semua dilakukan oleh software mereka.

Selain tangga lagu berdasarkan hits, biasanya radio juga memiliki tangga lagu berdasarkan periode. Yaitu Current, Re-current, Top 40 dan Oldies. Periodisasinya untuk tiap radio memiliki ketentuan tersendiri. Misalnya Current adalah lagu yang berusia maksimal 1 tahun. Re-current berusia maksimal 2 tahun, dan seterusnya.

15 thoughts on “Tangga Lagu Indonesia, Bagaimana Membuatnya?

  1. Oemar Bakrie

    wouw … yg namanya tangga lagu di radio masih ada to ? soalnya di radio-radio yg saya dengar sekarang (cuma dengar radio kalau di mobil) nggak pernah ada tangga lagu-nya. Jadi inget jaman SMP dulu di Surabaya, cuma punya radio sebagai hiburan, setiap minggu yg ditunggu ya tangga lagu itu …

  2. Mrs. Intan

    Wew, tapi disuruh ati2 tu lagunya kalo naek tangga, jangan sampe pake rok, tar ndak diintip orang dr bawah,….wkwkwkwk….
    (Jayus, rek.. )

  3. Lizma

    Thanks for information 😉 ini berguna banget buat saya sebagai music director pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *