Cara Menaikkan Page Rank Turun

Halo blogger Indonesia. Hari ini Google kembali merilis Page Rank terbarunya. Siapa yang Page Rank-nya naik, dan siapa yang Page Rank-nya turun? Yang PR naik tentu berbahagia. Yang PR turun bisa nangis darah karena banyak opportunity yang bakal terlewatkan begitu saja, khususnya yang main paid review.

Blog yang sedang Anda baca ini termasuk yang menjadi korban kekejaman mutulasi PR ala Google. Terjun bebas dari PR 3 menjadi PR 0. Hua hua…

Saya langsung merasakan dampaknya siang ini juga. Sebuah Grab Bag Task tidak bisa saya ambil dan mendapatkan warning bahwa PR saya tidak mencukupi!

Beberapa blog saya yang lain juga mengalami penurunan PR. Ada yang langsung anjlok ke NOL, ada juga yang turun satu tingkat.

Yang bisa saya lakukan adalah segera memulai proyek baru dengan domain yang sudah bertengger di PR 4+, yang untungnya dalam lelang kemarin dimenangkan oleh teman sendiri 😉

Fenomena Page Rank yang naik turun ini memang misterius. Tidak bisa diketahui secara pasti apa penyebabnya. Dan itu pula yang menyebabkan tidak diketahui secara pasti pula bagaimana menaikkan kembali Page Rank yang terlanjur turun.

Saya pernah meyakini prinsip keseimbangan inbond dan outbond link. Link yang masuk harus sama dengan link yang keluar supaya Page Rank kita bisa bertahan. Nyatanya itu tidak terbukti sepenuhnya!

Adakah yang mau berbagi pengalaman (bukan ilmu, karena secara ilmu tidak bisa dipastikan), bagaimana menaikkan kembali Page Rank yang turun ini?

23 thoughts on “Cara Menaikkan Page Rank Turun

  1. det Post author

    @frenavit: kalo akibat review, seperti yang saya katakan di atas, saya menjaga keseimbangan link masuk dan keluar. sudah 6 bulan lebih aman-aman saja 😉

  2. det

    @fahmi: begitu pula dengan beberapa domain mangkrak teman2 itu ada yang PR4, 5 bahkan 6! Ajaib kan?

    Kalo ngomongin traffic dan UV, tidak ada masalah, malah cenderung naik. Mau fake ke deteksi.wordpress.com lagi aja kayaknya :mrgreen:

  3. imcw

    Terggantung tingkat kesalahannya sih, Mas. Blog saya sempat anjlok PR-nya ke 0 akibat gangguan DNS saat pindah hosting. Begitu keadaan normal, PR kembali ke posisi semula. Untuk kasus Paid Review memang agak susah naikinya karena memang penurunan PR akibat kena banned dari Google.

  4. Indonesian Blogger

    Dari beberapa kali mondar/ir di forum luar, saya mencoba menyimpulkan apa yang tdk disuka oleh google, yg bs nyebabin PR terjun bebas.
    1. google ga suka dengan web xxx n gambling
    jadi jangan ambil job ptr tentang itu
    2. warez
    3. navigasi yang sulit
    4. inbond n outbond link yang ga imbang dan
    5. Blackhat SEO
    kalo temen2 ngerasa blognya ada unsur2 tadi, mungkin bisa diperbaiki sebelum google update PR lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *