HSDPA USB Modem HUAWEI E220

Huawei HSDPA USB ModemModem ini di Indonesia dipasarkan melalui bundling dengan produk Indosat, Telkomsel dan XL. Namun ada juga yang dijual bebas di pasaran. Kali ini saya mencoba koneksi internet Indosat M2 dengan Modem HSDPA Huawei E220. Sebelumnya saya pernah mencoba kecepatan koneksi internet IM2 wireless broadband access tersebut menggunakan modem ZTE.

Seperti modem HSDPA yang lain, modem ini juga sudah dilengkapi dengan driver autoplay. Begitu ditancapkan ke colokan USB langsung menginstall dirinya sendiri. Setelah siap, akan keluar windows interface modem tersebut.

Langkah pertama adalah membuat profil setting koneksi. Caranya dengan masuk ke menu Tools > Option > Profile Management. Buat profil baru dan masukkan semua parameter koneksinya.

  • APN set ke STATIC dan isikan: indosatm2
  • Access Number: *99#
  • Username: username
  • Password: password

Ini dia hasil uji kecepatan internet IM2 dengan Modem HSDPA Huawei E220 menggunakan speedtest dari Indosat yang saya lakukan pada sore hari sekitar pukul 18.00.

Huawei HSDPA Modem E220

Dan ini speedtest yang saya lakukan barusan, sekitar pukul 04.00 dini hari.

Huawei HSDPA Modem IM2

Bandingkan dengan kecepatan IM2 pada Modem ZTE. Test kecepatan ini saya lakukan di lokasi yang sama. Asumsi saya kondisi jaringannya juga sama. Ternyata hasilnya tidak jauh berbeda. Hanya saja pada modem ZTE tersebut lebih sering hilang sinyal, sementara Huawei ini lebih stabil.

22 thoughts on “HSDPA USB Modem HUAWEI E220

  1. mbelGedez™

    .

    Test kecepatan ini saya lakukan di lokasi yang sama. Asumsi saya kondisi jaringannya juga sama.

    Mangsud situh, nge test nya di nDolly ya Det ???

    Kalo ngetes nya di sono, kok lemah syahwat begituh ???

    Mestinya kan bisa kenceng….???

  2. nico

    @dani: saya lebih recommended huawei E220 alasannya? karena modelnya yang lebih ergonomis daripada sierra usb (terlalu besar dan udah kayak handphone aja). Hanya saja pada sierra usb ada tipe yang sudah dilengkapi dengan fitur GPS. Terus sierra usb itu juga pake batere kalo gak salah.

    Mantab mas dion jualan modem sekarang? haha

  3. casual cutie

    biasanya modem huawei cepet panas mba. sy pake modem vodavone model kuno (waktu itu harganya 1,75jt), ga cepat panas dan tahan banting. udah pernah jatuh kira 10 kali tp ttp oke. biasanya saya pake 12 jam sehari setelah itu giliran sodara sy make sampe pagi. ga panas, dan itulah sebabnya kenapa sy msh mempertahankan modem sy yg kuno ini…ga mau pindah ke lain hati…

  4. warok_suromenggolo

    saiki im2 wes akeh seng nggawe cak,dadi speed e rodok berkurang

    1 tahun yg lalu aku nggawe im2 dengan moden huawei e 220 isok oleh speed
    down: 1,4-1,6 mb
    up 200kb-500kb

    saiki podo koyok speed seng sampean test kui :((

  5. Jafar Soddik

    Saya pernah mencoba modem USB Huawei diatas dan memang cepat panas sekali, saya cuma coba dibawah 1 jam tapi sudah panas. Dan sampe sekarang pun masih menggunakan modem HSDPA yang pcmcia, lumayan kuat dipake 24 jam non stop juga.

    Btw, im2 bukannya sekarang banyak yang ngeluh karena sulit terhubungnya?

  6. gene

    modem huawei e220 emang panas tapi itu normal aja kok dipake 24 jam 7 hari seminggu gak masalah khan panasnya gitu2 aja…..

  7. edwin

    gw pake huawei dan lgsg panas. apa kalau dibiarin hidup 24 jam bisa meleleh yah

  8. kiss

    hai..
    numpang tanya doenk,,
    aq pake modem huawei-smart bro baru beli bulan maret dan aku pake kartu tri, setelah dua bulan, modem ini gak bisa di koneksikan ke internet. waktu modem di plug ke USB slot ada dialog box “the device has been disnonnected and unavailable” dan sinyal tidak terdeteksi. apakah kemungkinan masalah datang dari OS yang saya pake “windows XP” yang baru saja kena virus? atau aplikasi modem yang dibawakan tidak bekerja dengan baik untuk mendeteksi modem. aplikasi bawaan yang saya pake Smart bro dan Mobile partner.
    mohon bantuannya kalau ada yang mengerti , bisa dibalas melaui account email yang saya pake.
    terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *