Wak Gus Arif Afandi

Yang sudah pernah mampir ke blog Arif Afandi Wakil Walikota Surabaya mungkin penasaran, apa arti “Wak Gus” di depan namanya itu. Bukankah biasanya laki-laki di Surabaya dipanggil Cak?

Saya sendiri juga penasaran dan akhirnya menanyakan langsung ke yang bersangkutan melalui Yahoo Messenger. Ya, beliau memang aktif berinteraksi dengan warga kota Surabaya melalui berbagai saluran yang ada di internet. Facebook juga punya!

“Wak itu panggilan yang artinya Pakde untuk orang Surabaya pinggiran. Gus itu panggilan untuk santri. Jadi Wak Gus artinya Pakde santri hehehe…”, begitu Wak Gus Arif Afandi menjelaskan.

“Gus bisa juga panggilan Jawa yang artinya anak bagus”, begitu tambahnya. Bagus dalam bahasa Jawa artinya ganteng atau cakep.

Di kalangan Pesantren di Jawa Timur, khususnya di Jombang, Gus biasanya digunakan untuk menyebut anak seorang Kyai. Contohnya Gus Dur untuk menyebut KH.Abdurrahman Wahid, mantan presiden RI. Beliau memang anak seorang Kyai kondang asal Jombang, Jawa Timur. Begitu juga dengan sapaan Gus Mus untuk menyebut KH.Mustofa Bisri, Kyai terkenal dari Rembang, Jawa Tengah.

Yang saya belum mengerti, beberapa teman dan tetangga saya di Surabaya ini memanggil saya Gus Dion. Apakah mereka mengira saya anak seorang Kyai Jombang gara-gara pernah tinggal di sana 3 tahun? Atau karena saya ganteng? :mrgreen:

16 thoughts on “Wak Gus Arif Afandi

  1. arifudin

    gu………………………………..s…….. den bagu………………………………….ssssssssssssssssssssssssss

    ๐Ÿ˜†

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *