Buah Bintaro Beracun

Daun dan buahnya mengandung bahan yang mempengaruhi jantung, suatu glikosida yang disebut cerberin, yang sangat beracun. Getahnya sejak dulu dipakai sebagai racun panah/tulup untuk berburu. Racunnya dilaporkan dipakai untuk bunuh diri atau membunuh orang. -Wikipedia-

Ternyata buah bintaro ini sangat beracun. Tak heran jika perlu dipasangi papan peringatan untuk tidak memakan Buah Bintaro ini di setiap pohon bintaro yang banyak terdapat di tepi jalan raya Kertajaya, Surabaya.

Buah Bintaro, Buah Beracun

Tanpa papan peringatan tersebut entah sudah berapa banyak orang yang menjadi korban buah bintaro tersebut. Maklum, bentuk buahnya memang sangat menarik. Bulat penuh dan sepertinya enak dimakan. Ranum dan segar.

Entah apa alasan pemkot Surabaya menanam buah bintaro di tepi jalan raya. Apakah pohon bintaro mampu menyerap polusi dari asap kendaraan, atau karena harganya bibitnya murah, atau karena perawatannya mudah atau apa?

Percuma saja menanam tanaman berbuah jika ternyata tidak bisa dikonsumsi. Mending diganti dengan pohon lain yang buahnya bisa dimanfaatkan masyarakat.

Setuju gak?!

42 thoughts on “Buah Bintaro Beracun

  1. suryaden

    mungkin bermanfaat untuk menangkap ikan …wahaha..
    kalo dilihat dari struktur daun sih banyak nyerap polusi kliatannya…

  2. Mas nur

    Oh itu to buah bintaro…..Ya kalo di pinggir jalan ditanami buah durian entar jatuhin mobil parkir dong, kikikikik….

  3. Edi Psw

    Menanam pohon di tempat umum apalagi kalau tempat itu banyak digunakan orang duduk-duduk, harus hati-hati. Hendaknya dihindarkan menanam pohon yang berbahaya, seperti yang buahnya beracun, daunnya atau getahnya membuat iritasi di kulit, atau buahnya yang bikin kulit gatal-gatal.

  4. ali

    kalo nanam buah-buahan yang bisa dimakan, dijamin tuh pohon ga bakal bertahan, dipanjati anak2 terus tuh pohon. baru tahu nih buah bintaro tuh yang itu, padahal sering liat juga.

  5. sawali tuhusetya

    sepakat banget itu, mas dion. tempat2 publik idealnya ditanemi pepohonan yang rindang dan nyaman untuk berteduh, bukannya bintaro yang beracun. trus nanti kalau berdampak buruk bagi warga sekitar gimana, hayo!

  6. didik

    seharusnya dinas pertamanan atau yg terkait lebih selektif dalam menentukan tanaman yg akan ditanam pada area public

  7. Alchemist

    Walaupun beracun, bijinya mengandung minyak yang cukup banyak (54,33%) dan berpotensi digunakan sebagai bahan baku biodiesel dengan melalui proses hidrolisis, ekstrasi dan destilasi.

  8. Agus - Alat Pengusir Tikus

    minta ijin pake gambar + ngelink ke sini y… :)

    emang kacau klo di jalanan banyak ditemukan buah-buahan beracun, apalagi klo tanpa sosialisasi yang jelas…

    nanti bisa2 malah makan banyak korban… terutama anak kecil..
    (mengingat waktu kecil dulu sering makan asem metik di pohon pinggir jalan)

  9. ceprudud

    sayang pada gak tau tentang buah bintaro…
    buahnya itu merupakan salah satu tanaman pengganti solar atau untuk biodisel.. buah mahal nanti tu

  10. ayahfaizfadhli

    Pohon Bintaro memang beracun (malah sangat beracun) tapi bagus dalam meng”absorpsi” polusi udara serta merubahnya menjadi oksigen. Selain itu Pohon Bintaro ini memang memiliki daya tahan kuat serta perawatannya yang mudah & murah, jadi memang untuk penghijauan dan penataan kota sangat bagus

  11. kebunku

    tidak ada ciptaan Tuhan yang tidak berharga. IPB telah mengembangkan energi alternatif dari buah bintaro ini.

  12. dani

    eh buah ni juga bikin benjol kepala loh….
    kalo ditimpukin dari jarak dekat dan dengan tenaga kuat.wkwkwk.

    di jalan tol semarang juga banyak ditanam pohon ini. mungkin emang bisa buat nyerap polisi eh polusi..

  13. Senoaji

    @…anak ilang September 14, 2010 at 7:06 pm
    betul tuh, ceprudud. padahal buahnya bisa buat ngusir tikus, gratis lagi.

    Cuma Mo berbagi pengalaman…

    Benar atau tidaknya Buah Bintaro itu beracun, saya blom pernah mencoba & saya tidak akan pernah mencoba untuk memakannya…hehehe….
    Tapi dari yang pernah saya coba gunakan tuk mengusir tikus ternyata benar sekali…

    Memang baru sekitar 4 bulan ini buah bintaro saya gunakan untuk mengusir tikus di sekitar rumah saya. hal ini saya ketahui dari Orang Tua saya yang membawa 1 kantong plastik (-+ 7 butir) yang katanya diberikan oleh security dari Kompleks Villa Pondok Indah yang bersebelahan dengan Kompleks Perumahan saya.
    Kata Orang Tua saya saat itu “Buah ini untuk mengusir tikus”. Awalnya saya tidak percaya & katanya lagi buah Bintaro itu cukup diletakkan di sudut rumah atau jalan yg biasa dilalui tikus… memang pada kenyataannya… sampai hari ini… rumah saya yang biasanya setiap malam selalu saja ada tikus (tikus2 besar/kecil) berkeliaran di sekitar teras atau terkadang menyelinap ke dalam rumah… sejak saya meletakkan buah Bintaro ini… semua tikus2 yang berkeliaran tidak ada lagi…

    Saya juga tidak mengetahui secara pasti apa yang terkandung di dalam buah Bintaro ini… tapi yang pasti bagi saya, bahwa Buah bintaro ini sangat membantu sekali untuk menghilangkan tikus2 yang biasa berkeliaran di sekitar rumah saya…

    Saat ini saya malah berkeinginan untuk menanam buah Bintaro tsb, karna saya sudah mendapat manfaat dari buah itu untuk mengusir tikus, daripada saya membeli lem/racun tikus… yang akan menyusahkan kita maupun tetangga kita karna bau yang ditimbulkan.

    Semoga sharing ini bisa bermanfaat bagi rekan2 semua.

    Saran saya saat ini hanya…
    coba & gunakan untuk mengusir tikus di sekitar rumah anda & jangan coba2 untuk memotong / memakan buah ini yang katanya getahnya sangat beracun.

    Cukup diletakkan di sudut rumah & jauhkan dari jangkauan anak2 !

  14. langdon

    saya sdh mencobanya utk mengusir tikus,sampai sekarang +/_ 2 minggu masih ampuh, dulu saya pernah coba k\ulit durian utk mengusir tikus, ternyata tdk mempan,
    wassalam

  15. Colette

    These also emit the full spectrum of light, on an even basis.
    So steps are taken to add moisture to the air and to keep the soil moist prevent the plants from becoming
    dry. They only use a portion of the red and
    small portion of the blue.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>