Bocoran Soal UAN SMP SMA 2009

Bagi siswa SMA mungkin hari ini adalah hari yang sangat menegangkan. Hati berdebar-debar menyambut datangnya UAN besok Senin. Berbagai persiapan untuk sukses UAN (atau UN?) sudah dilaksanakan. Tinggal eksekusi dan menunggu hasilnya: LULUS / TIDAK LULUS

Ada persiapan yang positif misalnya dengan meningkatkan pemahaman terhadap materi dan mengasah kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal secara cepat dan tepat. Disamping itu juga meningkatkan intensitas dan kualitas do’a kepada Tuhan. Dengan demikian menjadi siap menghadapi UAN dengan penuh percaya diri, yakin bahwa dia akan bisa mengerjakan soal-soal dan akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tapi ada juga yang melakukan persiapan ‘nyleneh’. Misalnya dengan sibuk membangun ‘jaringan’ dengan teman-teman yang dianggap mumpuni dalam mata pelajaran tertentu. Secara pribadi dia sangat tidak siap menghadapi UAN karena tidak menguasai materi.

Dia hanya mengandalkan belas kasihan dan kekompakan ‘jaringan’ yang telah dibentuknya. Lulus tidak lulus malah semakin menggantung. Lulus satu lulus semua. Tidak lulus satu tidak lulus semua!!!

Persiapan negatif yang lain adalah dengan sibuk mencari BOCORAN SOAL UAN. Momen ini kemudian dimanfaatkan oleh orang yang ingin mengeruk keuntungan pribadi dengan menjual ‘bocoran soal UAN’ dengan harga mencapai jutaan rupiah. Bocoran betulankah yang dijual itu? Tidak ada yang menjamin.

Kalau toh ternyata terbukti itu bukan bocoran betulan, sang penjual bocoran bisa berkilah: “lha kan ada banyak tipe soal UAN”. Begitu saja sudah selesai. Jika ternyata bocoran itu palsu sepertinya tidak mungkin akan dilaporkan ke polisi. Itu sama saja dengan membongkar aib diri sendiri dan juga mempermalukan citra sekolah.

Nah, daripada mencari bocoran soal UAN yang sudah pasti mahal tetapi belum tentu valid, buat yang besok mau UAN lebih baik melakukan persiapan pribadi. Terus belajar dan berdo’a semoga bisa melaksanakan UAN dengan lancar. Tidak mencret atau kebelet pipis ketika waktunya mengerjakan, bisa mengerjakan sebagain besar soal dengan jujur dan kemudian lulus dengan nilai memuaskan.

Bagi pihak sekolah dan dinas jangan ikut-ikutan tidak percaya diri dan kemudian melegalkan (apalagi menganjurkan) praktik kecurangan.

Memang seharusnya pihak sekolah-lah yang menentukan sendiri apakah siswanya lulus atau tidak, berdasarkan rangkaian ujian yang holistik, bukan hanya UAN. Namun karena sistemnya sudah seperti ini, mau tidak mau sementara ikuti saja, sambil terus mendorong caleg pilihan Anda untuk memperjuangkan masalah pendidikan ini.

Selamat menyambut UAN, Ki Sanak. Semoga hasilnya memuaskan!

64 thoughts on “Bocoran Soal UAN SMP SMA 2009

  1. det Post author

    @MQ: wah benar mas, semoga siswa SMA beserta jajaran dinas pendidikan tidak ikut2an stress kayak caleg2 itu! πŸ˜‰

  2. goen2x

    wah, pasti banyak anak SMA malas yg googling bocoran soal yg terjaring postingan ini nih. πŸ˜›

    niat mau nyari bocoran, eh malah dapat nasihat bagus, hahaa..

    btw, ujian akhir ini lama2 bikin kesel karena hobi gonta-ganti nama. mulai dari EBTANAS, UAN, hingga sekarang jadi UN. whew…

  3. senoaji

    memudahkan proses yang sebenarnya akan berdampak pada pengkerdilan otak sering kali jadi jalan alternatif utama untuk siswa dalam mengejar prestasi. yang sebenarnya juga bisa didapatkan dengan hasil yang memuaskan tanpa meninggalkan satu proses dengan apa yang disebut belajar.

    semoga yang muda yang berdikari untuk negeri untuk bangsa ini. Amin

  4. Generasi Patah Hati

    Mohon doanya bos Dion, besok saya menjalani UN πŸ˜€
    wah kalau di daerah saya, jaringan pencontekan sudah antar sekolah, pakai hape soalnya, di sekolah saya juga sepertinya 90 % pro gotong royong saat UN.
    Bismillah, saya akan berusaha jujur 100% πŸ˜€
    btw buat memancing trepik lebih banyak, ada baiknya judul postingan ini ditambah kata tahun 2009 πŸ˜€

  5. olip

    wew… besuk adek ku tercinta UAN

    dOakan ya Om… biar Lulus dengan nilai yang baek ….

    gak usah beli soalΒ² bocoran yang gak jelas …… berdosa !!!

    ha ga ga ga ga .. πŸ˜€

  6. denologis

    saya juga minta doanya….
    besok saya ikut ITA-UAN alias Ikut Serta UAN, maksudnya ikutan merayakan UAN dengan liburan.
    Ya iyalah, 70% dosennya pada ngawasin UN. :mrgreen:

  7. galihsatria

    Wah, seru kalo sekolah itu ada lulus dan tidak lulusnya, jadi perayaannya benar-benar dahsyat. Dulu jamanku tidak ada lulus dan tidak lulus, cuma dapat Surat Tanda Tamat Belajar (STTB), bukan Ijazah.

  8. ndop

    awakmu kok malih tiru-tiru ndoro kakung to.. hahahaha…

    poye to kisanaak kisanak…

    jago nembak kiwod juga yo kowe det…

  9. DETEKSI

    @ndop: siapa itu ndoro kakung? kenal aja enggak, ngapain niru2?

    kata KI SANAK itu sudah ada sejak jaman dulu kala ndop!

  10. surrip

    o0o…!
    lha ko’ mLah
    do ndoMbL0nk…,
    Ayo gEk dGaraP…!
    Mau pinTar…?
    Mkanx bLjar…!!~_^
    Hwahahaha
    “sUkses UAN 2009”

  11. hasanudin

    selamat………………………………………………………………………………………………..yach!!!!!!!!!!!!!!!!!!!semoga berhasil ok!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!…………………………………………..

  12. liandika

    I LOVE YOU ERNA…………………………………………… I WILL ALWAYS LOVE YOU

  13. kesawa evannico

    bagi yang lgy liat coment ini ato tahu siapa diriku doa’in aku ya?
    hohoho!!!!!!!!!!!

  14. ajo

    dilihat dari manfaatny, UAN apakah dapat meningkatkan mutu siswa? apakah dengan UAN bisa menjamin siswa dalam kehidupannya ke depan?
    hanya sekolahlah yang mengetahuinya. Hanya sekolah yang dapat menentukan potensi pribadi seorang siswa.
    Pemerintah Indonesia melakukan hal sia-sia dengan dana beratus2 milyar untuk melaksanakan UAN. Carilah cara lain yang efektif, pemerintah Indonesiaku.

  15. Dony

    Utk Smp kn Abiez Gn Unas
    Belajar, Berusaha Dan Berdoa
    Ups…… satu lg lupa Ber”IKHTIYAR”

  16. Ericova

    iy neh g krasa dah unas lagi..
    perlu adanya kerjasama antar teman.yang dulu musuh jadi teman klo gak dipukuli wkwkwk

  17. lola

    gimana sich katanya UAN itu document negara pi kok masih banyak soal soal yang bocor…

  18. langlang buana

    makanya belajar biar ngak banyak yang nasehatin . kalau anak sekalah itu nasehatnya cuma satu yaitu belajar nak………………….yang giat gitu lhoooooooooooo

  19. febri broowniez

    ujian two ga perlu pke contekan atw sejenisnya
    , wlwpun ga lu2s khan ynk penting ju2r………………….
    seharusnya bangga
    ya gaa’

  20. masterjawaban

    mmmm emang bener soal uan wat smp udah bocor terkhusus di malang para gua jual jawaban soal uan di smp 1,2,3,4,5,6,7,8,9 dll hampir semua smp negri dan swasta mewakili pembelian jawaban uang lewat sms.itu faktanya

  21. Pingback: Hasil Unas SMA 2009 Amburadul — deteksi.info

  22. Dery ...rf

    “sialan gw kira bocoran tau2nya nasihat ,,
    mending gw maen rf elven ja..,,
    tap gw ngerini ma un..!!:-(

  23. adit

    hahaha..betul mas…
    bukannya lulus dgn sukses, tapi malah jd bokek..
    wkwkwk..
    temen2 gw juga beli..Tapi gag TEMBUS, alias gag bener KUNCInya/…
    hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *