Peluang Bisnis Online Melalui Blog

Namanya Agung, lulusan sebuah universitas di Surabaya. Dia pernah ikut seminar yang saya berikan di HI-TECHMall tentang peluang bisnis online melalui blog. Seminar yang merupakan agenda TPC tersebut diikuti oleh 50 orang, sesuai dengan kapasitas tempat duduk ruang seminar kami.

Dalam seminar tersebut saya mewanti-wanti peserta untuk mengikuti 4 langkah sederhana dalam upaya mencari uang melalui blog. Langkah tersebut merupakan rumus dari seorang pakar monetize blog dari luar negeri dan menurut saya masih relevan. Yang harus dilakukan adalah melakukan langkah demi langkah secara urut.

Nah, rupanya Mas Agung ini kebingungan dalam mengimplementasikan 4 langkah sederhana ini. Beberapa kali dia menelepon saya dan akhirnya saya undang untuk bertemu di kantor TPC. Dalam pikiran saya, Mas Agung sudah memiliki blog, sudah mengisinya dengan konten yang bagus, sudah melalukan berbagai upaya promosi untuk menarik traffic dan kemudian bingung pada langkah selanjutnya.

Mas Agung kemudian datang ke kantor, ditemui oleh Gandhi, Dhadhang dan Fayyas. Saya sendiri masih menerima tamu yang lain, Mas Agus dari Piranha Mas Group, Malang.

Setelah berbincang-bincang, ternyata dugaan saya salah. Alih-alih sudah membuat blog dan mengisinya, ternyata Mas Agung ini masing bingung dengan seberapa besar prospek mencari uang melalui blog. Dia terus bertanya berapa uang yang akan dia dapatkan jika nanti benar-benar membuat blog!

Kompak kami berempat langsung tersenyum, agak geli. Pertanyaan Mas Agung ini mungkin pernah ditanyakan oleh yang lain. Bagaimana mau menjawab kalau langkah dasarnya saja belum dilakukan?

Lalu kami berikan pertanyaan balik, kira-kira jualan es teh itu prospek gak? Dalam benak banyak orang jualan es teh mungkin tidak menguntungkan. Tetapi siapa sangka ada penjual es teh yang mampu meraup nett profit 800 ribu rupiah per hari. Dalam sebulan bisa dapat 24 juta!

Tetapi apakah lantas semua penjual es teh akan mendapatkan uang sejumlah itu? Jawabannya tentu saja bisa jadi lebih kecil, bisa jadi lebih besar. Tergantung banyak faktor.

Mas Agung manggut-manggut, bersalaman dan akhirnya pamit, karena kami berempat juga sudah berdiri untuk keluar mencari makan di Warung Tejo, di belakang gedung HI-TECHMall.

10 thoughts on “Peluang Bisnis Online Melalui Blog

  1. mbah sangkil

    yg sering menjadi sebuah salah kaprah adalah bahwa mencari uang lewat blog adalah proses instant, padahal mencari uang lewat blog adalah proses berkesinambungan yg cepat dan lambat menuai hasilnya tergantung dari pemilik blog itu sendiri

  2. novi

    Ya gapapalah.. bagaimanapun client harus bertanya dan disini TPC sudah tepat menjadi tempat rujukan yang Insyallah tidak menyesatkan.

    Selamat buat rekan2 TPC yang sudah standby disana…

  3. Xitalho

    Salut buat TPC….
    Pembelajaran ke masyarakat memang kadang-kadang butuh ke sabaran lebih… setidaknya bisa dilihat animo masyarakat cukup besar.

    Sukses

  4. Pakacil

    Orientasi hasil kerap kali mendahului orientasi proses bagi mereka yg ingin memulai usaha, dan ini adalah kesalahan fatal pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *