SBY-HNW SBY-HR SBY-SM SBY-B

Ada beberapa nama yang santer disebut-sebut akan mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono pada Pemilu Presiden 2009 mendatang. Ada yang dari partai politik, ada yang dari kalangan profesional.

Judul di atas adalah singkatan pasangan-pasangan tersebut:

  • SBY-HNW, Susilo Bambang Yudhoyono – Hidayat Nur Wahid (PKS)
  • SBY-HR, Susilo Bambang Yudhoyono – Hatta Rajasa (PAN)
  • SBY-SM, Susilo Bambang Yudhoyono – Sri Mulyani (profesional)
  • SBY-B, Susilo Bambang Yudhoyono – Boediono (profesional)

Boediono diprediksi banyak pengamat politik akan dipilih SBY untuk mendampingi dirinya. Boediono sebelumnya pernah beberapa kali menjadi menteri.

Selain profesional, low profile dan bersih, Boediono juga relatif diterima oleh partai lain anggota koalisi pro SBY sehingga bisa meminimalisir potensi konflik kepentingan.

Koalisi pendukung SBY terdiri dari Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa. Partai Persatuan Pembangunan diperkirakan juga akan bergabung dalam koalisi ini.

Sementara itu kubu Megawati juga sedang intensif melakukan komunikasi politik dengan partai lain. Gerindra yang akan berkoalisi dengan PDIP dikabarkan memasang harga mati untuk posisi Calon Presiden. Hal ini tentu menyulitkan Megawati Soekarnoputri yang juga mengincar posisi capres.

Saat ini baru pasangan Jusuf Kalla – Wiranto yang sudah mendeklarasikan pencapresannya secara resmi. Meskipun awalnya mendapat perlawanan dari internal Golkar tetapi hari ini pasangan tersebut diberitakan sudah mendapat dukungan penuh dari Golkar.

Seperti telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum, Pemilu Presiden akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2009. Masyarakat diharapkan berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi yang menelan dana trilyunan rupiah ini.

Semoga bermanfaat! 😉

23 thoughts on “SBY-HNW SBY-HR SBY-SM SBY-B

  1. ilyas

    saya sih suka SBY – Sri Mulyani, tapi SM terlalu identik dgn amerika jadi banyak pengamat yg menilai ini komposisi yg bisa merugikan citra SBY.

    Poin seimbang untuk HNW dan Boediono

    Siapapun wapresnya, SBY Presidennya…

  2. endar

    siapapun wakilnya dan bila terpilih lagi semoga tetap mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi atau golongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *