Indomie Seleraku, SBY Presidenku

Siapa yang tidak hafal jingle indomie yang begitu melegenda itu. Baru mendengar intronya saja saya yakin kita akan segera tahu bahwa itu adalah iklan indomie. Jingle itulah yang mengantarkan indomie menjadi merek mie instant nomer wahid di Indonesia dan beberapa negara di Asia. Bahkan indomie kemudian menjadi merek generik. Orang menyebut mie instant apapun sebagai indomie, seperti orang menyebut semua air minum dalam kemasan sebagai Aqua.

Nampaknya SBY ingin mengikuti kesuksesan indomie. Bicara presiden maka bicara SBY. Seperti bicara mie instant berarti bicara indomie. Oleh karena itu SBY menggunakan jingle indomie tersebut dalam kampanyenya melalui televisi. Dan tidak tanggung-tanggung, yang menyanyikan adalah Mike, pemenang Indonesian Idol beberapa tahun yang lalu.

Iklan tersebut efektif membuat orang berhenti sejenak dan tidak jadi memindahkan channel televisinya. Bahkan orang akan bergumam mengikuti jinglenya karena memang sudah sangat familiar. Suka atau tidak suka kemudian orang akan tetap menyebut “SBY Presidenku” ketika jingle tersebut dimainkan. Sebuah strategi periklanan yang dahsyat!

Mari kita saksikan bersama, apakah jingle tersebut sukses mengantarkan SBY menjadi presiden kembali, seperti keberhasilan jingle tersebut mengantarkan indomie menjadi merek mie instant paling favorit selama bertahun-tahun.

18 thoughts on “Indomie Seleraku, SBY Presidenku

  1. galihsatria

    Dari Sabang sampai Merauke
    Dari Miangas sampai Pulau Rote
    Pilihan partai boleh berbeda
    Presidennya, tetap SBY…

    SBY… SBY… presidenku…
    SBY dari dan bagi Indonesia…

    SBY… presideeenkuuuuuuuuuuuu…. (rock)

  2. gajah_pesing

    Mie instant adalah makanan selingan dan darurat lapar di saat malas cari makanan gizi brarti nanti kalo kepilih lagi cuma dipakai saat darurat dan selingan aja ya?

  3. LuxsmAn

    Lagunya MEGAWATI untuk KAMPANYE PILPRES :

    Cintaku Untuk Indonesia
    Lirik : James
    Musik : Erland
    Artist : MEGA

    Negeri ku… Kudendangkan Nada Cintaku
    Kau Takkan Terlupa… Hingga Ku Menutup Mata
    Kukagumi… Betapa Hebatnya Putera Bangsamu…
    Yang Korbankan Jiwa Untuk Indonesia Tercinta

    *
    Di Bumi Pertiwi… Ku terlahir
    Suara Hatiku… Menjerit…

    **
    Nafasku.. Raga Dan Jiwaku….
    Tercipta Untukmu.. Kau Tumpah Darahku
    Dengarkanlah Aku… Bernyanyi Untukmu..
    Cintaku Hanya Untukmu… Indonesiaku

    Dan Kini Saatnya.. Kita Bersatu…
    Bangkitkan Semangatmu.. Untuk satu Indonesia

  4. Rahasia Search Engine

    ada2 aja nih…
    para kandidat nampaknya ingin menjadikan ajang ini sebagai ajang INDONESIAN IDOL juga yah…
    mereka berlomba2 berkampanye lewat nyanyian juga ;))
    setelah jinggle n lagu, mereka kampanye lewat apa lagi yah 😕

    postnya keren mas…
    jadi kepingin liat iklannya nih 😀

  5. ericova

    yup yup saya pikir jingle indomi ternyata SBY..SBY gunain teknik marketing in actionya indomi hihihii nice idea for pak SBY 😀

  6. agung setiadi

    makanan instan adalah makanan kelas rendah, dan tak satu pribadipun mau di citrakan sama dengannya apalagi seorang kandidat presiden…makanan instan memang pernah menjadi idola karena kepraktisannya di tahun 60an namun kemudian berangsur-angsur ditinggalkan atas kesadaran kesehatan dan juga pencitraannya yang mulai menurun untuk kelas sosial… hal itu terjadi di amerika…50 tahun kemudian, hari ini di suatu negara miskin di asia tenggara, seorang kandidat presiden justru menggunakan citra mie instan untuk jingle kampanyenya, percaya atau tidak, kejadian itu telah menjadi bukti bahwa makanan instan tetap mendapatkan eksistensinya selama berada di tengah tengah kehidupan dimana jarak antara si kaya dan si miskin tak terjangkau lagi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *