Kekurangan dan Kelebihan Modem USB

SBO TV SurabayaTadi sore saya diwawancarai oleh reporter SBO TV tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan USB Modem menurut kacamata pengguna. Kebetulan saya merupakan salah satu pengguna setia modem USB. Rencananya hasil wawancara tadi akan ditayangkan di program Gadget hari Minggu ini.

Kelebihan USB Modem

Pertama masalah kelebihan menggunakan USB MODEM. Kelebihan yang paling utama adalah masalah mobilitas. Modem USB ini bisa dibawa-bawa ke mana saja kita pergi. Begitu ingin konek ke internet kapan saja dan di mana saja langsung tancap ke laptop, asalkan ada jaringan dari provider mobile internet. Bayangkan jika kita membawa modem ADSL seperti punyanya speedy, mana bisa kita ngalor ngidul sambil membawa kabel telepon Telkom itu :mrgreen:

Kelebihan kedua adalah sekarang ini sudah banyak provider seluler yang menawarkan koneksi wireless internet berkecepatan tinggi. Sebut saja Telkomsel Flash dan Indosat IM2 yang menyediakan paket unlimited dengan tarif yang relatif terjangkau. Belum lagi operator lain yang menjual koneksinya per kilobyte, seperti AXIS, XL, IM3, Mentari, Simpati dan bolo-bolonya.

Semakin banyak alternatif maka memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menentukan pilihan terbaik. Koneksi operator A busuk pindah ke operator B. Kalau dua-duanya busuk pindah ke operator yang lain lagi. Tapi kalau mau pindah-pindah begini syaratnya harus menggunakan modem USB yang unlocked. Jangan beli yang bundling karena biasanya locked alias terkunci, hanya bisa digunakan untuk satu operator saja.

Kelebihan yang lain lagi adalah modem USB ini cukup bandel dipakai konek ke internet selama berjam-jam. Selama ada jaringan, tancap terus!. Saya sendiri sudah membuktikan, rata-rata modem USB yang saya beli dengan dollar dari seorang mantan kyai kondang di Jawa Timur ini saya gunakan untuk mengakses internet lebih dari 10 jam per hari. Panas? Itu wajar, makanya perlu dikasih kipas supaya tidak terlalu panas. Modem yang lain mungkin juga kuat sih dipakai berinternet selama berjam-jam :mrgreen:

Satu lagi, sekarang ini sudah banyak modem USB yang multifungsi. Bisa sekaligus difungsikan sebagai media penyimpanan data layaknya USB Flash Disk. Jadi tidak perlu repot membawa banyak barang. Praktis!

Kelebihan yang lain? Masih banyak, tergantung dengan pengalaman pribadi masing-masing pengguna. Kalau terlalu banyak menyebutkan kelebihan nanti bisa dikira promosi ;)

Kelemahan USB Modem

Tak ada gading yang tak retak. Begitu juga dengan USB modem ini. Salah satu kelemahan yang paling menonjol adalah kecepatan koneksinya yang sangat bergantung kepada besar-kecilnya sinyal dari operator. Tergantung jenis sinyalnya juga. Kalau pas dapat sinyal HSDPA, 3G atau UMTS rasanya baru diklik langsung mak whuuuuzzzzz…. Tapi kalau dapat sinyal GPRS lemotnya ampun-ampun. Jangankan buka Youtube, loading gambar aja lamanya minta ampun!

Kelemahan lain adalah kurang praktis jika dibandingkan dengan modem PCMCIA dan Express Card yang built-in atau bisa ditancapkan ke slot internal. Namanya juga USB, maka sudah pasti external. Namun demikian menurut saya ini tidak begitu masalah karena bentuk fisik modem USB kebanyakan juga tidak terlalu bongsor. Masih kalah besar dibandingkan mouse.

Kelemahan yang lain saya kira juga masih ada, tergantung dengan pengalaman masing-masing pengguna. Terlalu banyak mengulas kelemahan nanti dikira menjelek-jelekkan atau black campaign. Ini kan musim kampanye :mrgreen:

Saran sebelum membeli modem USB

Nah yang terakhir adalah saran bagi Anda yang sedang berburu modem USB. Saran pertama adalah jangan beli dulu sebelum mencoba koneksinya di rumah Anda. Ini sebenarnya lebih ke pemilihan kartu, tetapi kan jadi mubadzir kalau ternyata semua operator terasa lemot di tempat Anda.

Pinjam dulu modem dan kartu punya teman. Coba kartu A dan kartu B. Bisa konek gak. Kalau bisa konek berarti bisa dipertimbangkan untuk membeli modem USB. Lalu bandingkan cepat mana antara operator A dan operator B. Belilah yang terasa lebih cepat. Tapi beli juga yang terasa lebih lambat, sebagai cadangan. Karena bisa dikatakan semua sinyal operator itu angin-anginan. Terkadang A terasa lebih cepat, di lain waktu terasa lebih lambat.

Pertimbangan lain tentunya harus disesuaikan dengan budget dan teknologi yang akan keluar. Ingat bahwa sebentar lagi di Indonesia akan dioperasikan sinyal WiMax yang kecepatannya bisa berkali-kali sinyal HSDPA atau 3,5G. Kalau ada sih belilah modem yang sudah support teknologi itu. Kalau belum ada ya beli saja seadanya.

Oia, saat ini banyak operator CDMA yang menawarkan internet murah, seperti SMART itu lho. Kalau kebutuhan akses internetnya cuman untuk cek email, chatting dan facebookan, sudah cukup lah. Tapi kalau mau download-download kayaknya perlu dipertimbangkan masalah kemampuan maksimal downloadnya, berapa kilobyte per second.

Selamat datang di dunia mobile internet, Ki Sanak! ;)

40 thoughts on “Kekurangan dan Kelebihan Modem USB

  1. deteksi

    @mbahsangkil: yup betul mbah. fiturnya makin beragam ;)

    @crowpoc: harganya di kisaran 1jt

    @generasi: tidak ada yang lebih stabil om, sama-sama lah, kadang stabilan flash, kadang stabilan im2. beda lokasi beda rasa ;)

  2. galihsatria

    Ingat bahwa sebentar lagi di Indonesia akan dioperasikan sinyal WiMax

    Masih lama mas, mendingan beli modem yang khusus 3G tanpa WiMax. Pas WiMax udah direalisasikan, modem itu sudah setengah rusak dan bisa diganti lagi dengan harga yang lebih ekonomis daripada beli yang sekarang.

  3. pakne.galuh

    pengalaman….

    saya pernah pakek modem huawei E220 nancep terus 24 jam sehari selama satu bulan nonstop

    paling-paling setiap pagi mesti di restart sebentar
    itu setahun yang lalu saat koneksi im2 lagi bagus2 nya
    sekarang?…….
    speedy ajah deh kayaknya :))

  4. olip

    sip sip .. manteb tenan penjelasan nya …

    aku cukup pake Internet W … ajah om

    Internet Warnet … wakakaka … Speedy

  5. jidat

    kalo aku masih setia sebagai blogger W (warok | warnet)
    masih menikmati kumpul2 ma temen diwarnet..
    tapi oke banget usbnya… gak mahal kan om?

  6. eros

    wah harganya belom bersahabat ya. sering nyicipi modem USB, tapi belom punya sendiri sudah mau keluar wimax, doh. lihat entar ae kek gimana si wimax.

  7. Jiewa

    Yup, penting banget tuh buat coba dirumah dulu. Karena koneksi tiap lokasi bisa beda2. Milih modem yg ga bundling musti hati2 juga, karena rata2 refurbished.

    Congratz cak, mangkin populer aja..

  8. Novianto

    Mas, ada punya info USB modem yg utk ADSL? klo ada, yg merk & tipe nya plss

    Thanks

  9. Senno

    Om, saya mao tnya. Type n merk modem usb yg support WiMax apa aja?
    Please reply at senno_jr@live.com
    Maaf kalo merepotkan, byar ga dikira ngiklankan product. :)
    Thanks n regard.

  10. Ginsu

    ulasan famili benar sekali soal kecepatan koneksi yang awalnya semua kencang begitu pelanggang tambah banyak koneksinya jadi kayak jalan kura-kura. yah…. tapi mau pilih operator manapun akhirnya sama saja

  11. Andy MSE

    Saya juga pengguna akses mobile… tapi saya pakai hape. Dulu nggak yakin sih, apa kuat bertahan terkoneksi berjam-jam… Alhamdulillah, hape andalan saya setahun ini masih cukup handal… Nggak sampai 10 hari sih, paling lama 3 hari saja untuk download macam2 distro Linux…
    Kecepatan???
    1, tergantung sinyal… (dan ketentuan sharing yang ditetapkan operator)
    2. ya harus sabar, jangan dibandingkan dengan akses cepat yang fixed…

  12. Jul

    Mas/Mbak..nanya dong untuk modem yang di – lock oleh satu operator tertentu bisa gak ya di – unlocked …supaya bisa digunakan untuk operator yang lain

  13. Regina

    Maaf, oom mau tanya. Apakah kira-kira modem usb dapat digunakan untuk komputer jaringan? artinya jika sebuah komputer mengakses internet dengan menggunakan modem usb apakah komputer yang lain juga dapat ikut terkoneksi dengan internet?
    Terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

  14. edy

    kalo pake USB modem seperti telkomselflash bisa gak untuk pararel 4 komputer & apa kelemahannya

  15. asep dudi

    maaf om mau tanya saya pakai modem usb cdma gimana caranya untuk memararelkan ke computer lain atau melenkan biar mengakses
    bersama sama sama ????…………….

  16. Rizal Tea

    Gan tanya, modem Huawei E220 saya kenapa yach sering nggak bisa terdeksi…. apakah ada solusinya.
    Terimakasih

  17. denny

    promo terbaru dari speedy area surabaya dan sidoarjo
    paket socialia semu unlimited,dengan harga 99000/bulan.
    dapat modem gratis dan biaya pendaftaran gratis
    pasang speedy dapat promo yestv selama 3 bulan
    pasang speedy abonemen telpon turun menjadi 10000.(abonemen asli 35000)

  18. denny

    promo terbaru dari speedy area surabaya dan sidoarjo
    paket socialia semu unlimited,dengan harga 99000/bulan.
    dapat modem gratis dan biaya pendaftaran gratis
    pasang speedy dapat promo yestv selama 3 bulan
    pasang speedy abonemen telpon turun menjadi 10000.(abonemen asli 35000)
    yang belum punya telepon rumah pasang baru cuma 52000 ribu khusus pengguna speedy

  19. denny

    promo terbaru dari speedy
    paket socialia semu unlimited,dengan harga 99000/bulan.
    dapat modem gratis dan biaya pendaftaran gratis
    pasang speedy dapat promo yestv selama 3 bulan
    pasang speedy abonemen telpon turun menjadi 10000.(abonemen asli 35000)
    kalo belum punya telepon rumah…………..
    pasang baru hanya 52000 langsung bisa nelepon promo kusus bagi pengguna speedy

  20. Pingback: Kekurangan dan Kelebihan Modem USB | still process

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>