Sukses bersama facebook

Siapa belum tahu bahwa aplikasi yang berjalan di atas facebook ternyata telah meraup keuntungan hampir menyamai keuntungan yang diperoleh oleh facebook sendiri? Termasuk di dalamnya perusahaan menyuplai berbagai game yang bisa dimainkan melalui facebook. Ini berarti facebook telah melahirkan industri kreatif model baru melalui internet.

Tidak perlu merancang game yang rumit-rumit. Game semacam Happy Farm saja ternyata sudah menghasilkan keuntungan luar biasa besar. Lalu dari mana game tersebut mendapatkan keuntungan, sementara pengguna facebook bisa memainkannya secara gratis?

Happy Farm, salah satu game sederhana tetapi sangat populer di facebook

Happy Farm, salah satu game sederhana tetapi sangat populer di facebook

Jika Anda merupakan pengguna game di facebook, coba perhatikan game yang Anda mainkan. Di sana memang kita bisa bermain secara gratis, tetapi untuk bisa menggunakan fitur tertentu kita harus membayar sekian dollar dengan PayPal maupun kartu kredit! Dan ternyata orang yang mau membayar untuk bisa memainkan fitur tersebut jumlahnya sangat banyak.

Memang belum ada data resmi yang dikeluarkan facebook maupun perusahaan penyuplai game tersebut, namun dari jumlah member facebook di seluruh dunia yang sudah melewati angka 200 juta, jika ada 1% saja yang mau membayar game tersebut, dikalikan misalnya satu fitur harus membayar 10 dollar, maka setidaknya satu buah game bisa mendapatkan 20 juta dollar atau setara dengan 200 milyar rupiah!

Facebook sendiri menurut sebuah sumber, tahun lalu membukukan pendapatan sebesar 300 juta dollar atau setara dengan 3 trilyun rupiah dan diperkirakan akan mencapai 500 juta dollar atau setara dengan 5 trilyun rupiah pada akhir 2009 nanti! Tidak heran jika CEO facebook Mark Zuckerberg menjadi orang terkaya termuda di dunia. Bayangkan, dalam usia 23 tahun sudah memiliki perusahaan yang dirintisnya sendiri dan saat ini memiliki lebih dari seribu karyawan!

Gimana, Ki Sanak, ngiler gak?!

24 thoughts on “Sukses bersama facebook

  1. olip

    wakakakakaja ,,, happy farm mang bikin happy

    ngilerrr omm … aku mau dunk jadi istrinya Mark Zuckerberg, pasti pdo mbateke ki … siji mbatek gelem siji mbatek wegah … wahahahaha

  2. GlongGongan

    alo om det….
    uda lama ndak muter2 aq ^_^….

    wakh enak dunkz, bisa meraup keuntungan sampe segitu banyanknya ^_^. jadi kepingin aku …….

    !… Salam Perut …!

  3. Suwahadi

    Hm… bener banger kisanakβ„’
    Tapi mungkin ladang mereka yang paling besar tentunya masih pada lapak iklan.
    Saya saja andai tarif iklannya murah tentu akan segera pasang ads disana.
    Selain karena sudah over popular Fesbuk ini, perancangan iklan sangat bisa to the point target.
    Semua bisa di setting mulai dari layout, sampai target ads.
    Kapan ya pemuda Indo bisa niru si Mark…? πŸ™‚

  4. Solomon Mensi

    The nice article encouraged me very much! Bookmarked your website, very excellent categories everywhere that I read here! I appreciate the information, thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *