Cara Merakit Bom

Dalam perjalanan menuju kota Ponorogo ini beberapa kali saya menjumpai penjual koran. Sekilas melirik headline koran-koran tersebut masih diwarnai berita seputar bom. Ledakan bom di JW Marriott dan Ritz Carlton beberapa hari lalu ternyata menguntungkan media massa. Selama beberapa hari mereka tidak perlu pusing hunting berita. Bahas saja tentang bom, beres!.

Mengintip Kompas, hari ini mereka membahas robot penjinak bom. Jawa Pos, kalau gak salah lihat, membahas jaringan Noordin Top yang dituding berada di balik berbagai aksi pengeboman di berbagai negara. Bom, bom dan bom. Begitu ditakuti tapi dibahas di mana-mana.

Sementara itu polisi, utamanya tim densus 88, terus memutar otak untuk menemukan siapa pelaku dan dalang pengeboman di Indonesia. Tapi sayangnya menurut saya polisi kurang kreatif dalam perburuan bomber itu. Terbukti dari semua nama yang diduga pelaku bom bunuh diri tersebut selalu dikaitkan dengan Noordin Top dan Jamaah Islamiyah. Apa hanya mereka saja yang bisa merakit bom?

Kalau mau cermat, sebenarnya banyak sekali pihak yang pantas diduga menjadi pelaku pengeboman. Nelayan banyak yang bisa merakit bom, terbukti dulu pernah ada ledakan bom high explosive di Pasuruan. Lalu pembuat-pembuat mercon itu, cara kerja bom dan mercon kan (mungkin) sama saja? Sama-sama pakai black powder, sama-sama pakai pemicu atau detonator supaya bisa meledak.

Heran saya media, khususnya TV, malah mengajarkan bagaimana merakit bom. Mereka menunjukkan secara detail di dalam sebuah tas laptop dipasangi mur baut supaya daya merusaknya lebih dahsyat ketika bom di dalam tas laptop tersebut diledakkan. Maka makin banyak saja orang yang tahu bagaimana cara merakit bom. Dan semakin banyak yang bisa merakit bom maka (apakah) semakin besar potensi ancaman bom (?).

Bagaimana menurut Anda?

64 thoughts on “Cara Merakit Bom

  1. det Post author

    *menjura ke sangbayang, blogger ngawi yang katanya seluruh posting panjangnya itu ditulis pakai hp*

  2. mbah sangkil

    kebebasan media memang lagi bermasalah kayaknya, filter berita udah menjadi nomor sekian yang penting rating dan update cepet. Kasus bom ini terlihat bagaimana media massa bisa memberikan justifikasi walau tidak secara terang2an kepada beberapa orang padahal pihak penyidik belum menentukan si orang tersebut sebagai tersangkanya

  3. galihsatria

    Tapi sayangnya menurut saya polisi kurang kreatif dalam perburuan bomber itu. Terbukti dari semua nama yang diduga pelaku bom bunuh diri tersebut selalu dikaitkan dengan Noordin Top dan Jamaah Islamiyah. Apa hanya mereka saja yang bisa merakit bom?

    Tentunya dugaan ini bukan asal bacot, ini adalah hasil investigasi fakta-fakta di lapangan. Juga dilengkapi dengan data intelijen. Jangan terlalu meremehkan Densus 88.

  4. Andy MSE

    saya tahu berbagai macam rangkaian elektronik untuk detonator, namun hanya sedikit tahu mengenai peledak… bisa kasih tahu saya???
    *arep tak bom umahmu*

  5. SanG BaYAnG

    Waduh..,jenengku kq malah di bawa-bawa di komen je..

    Kalo soal bom jangan sebut2 namaku lo ya..,soale aku isone ngebom ki.. mung nek pas wetenge mules tok je..

  6. udienroy

    Kunjungan perdana. Merakit BOM kebanyakan orang pada bisa, Tehniknya sama dengan petasan, tapi yang sukar di dapat biasanya bahan kimianya, tidak semua tempat ada kan? lagi pula orang bisa merakit BOM tapi kadang2 malah takut sendiri. kalau2 tiba2 BOM rakitan sendiri itu meledak hehe

  7. ericova

    yah ini mengajarkan orang buat bom @_@ malah bahaya klo digunakan informasinya oleh orang yang tidak memiliki moral dan tanggung jawab

  8. Wandi thok

    Jadi cara merakit bomnya gimana mas? :roll: Salam kenyal kembali nggih. Blogger setingkat professor ki nek nggawe judul jan pinter-pinter jebulnya :D ^O^

  9. tyok

    Itulah Indonesia….. informasi yang disiarkan di TV semuanya mendidik generasi2 kita ke arah yang jelek!!!! jadi ……………… ?????*/#!%^&@

  10. didi

    aku jg bs bkn nya gmpang za, , , ,, , , ,
    pke An pLus Solar , , , , ,, , ,
    Buuummmmm ad tambahan satu lagi he he he SeCreat

  11. MARTE

    TINGGALKAN CARA LAMA ISI PULSA ANDA & UBAH dengan KONSEP FLEXTER sehingga HP ANDA bisa berubah menjadi MESIN UANG OTOMATIS yang dapat menghasilkan Uang JUTAAN RUPIAH/hari bahkan PULUHAN JUTA RUPIAH/hari, masih tidak percaya & berani terima tantangannya, segera bergabung dan Hub : 085641241615:(MARTE) atau klik : http://www.17-klik.blogspot.com sebagai Informasi untuk ANDA.

  12. syarief

    cara merakit bom itu sebenarnya mudah, kamu tinggal tangkap noordin M top terus kursus dech padanya he…he…he…^_^

  13. awan

    wah 2 malah pada mbahas booooom, jd ngeri nich. Harusnya agak di pasang filter yang tebal untuk kebebasan informasi

  14. juragan

    emang media sekarang kebablasan, apalagi televisi…yang penting dapat uang, urusan kedaulatan keamanan jadi nomor 1000000000000000…..media/wartawan koreksi diri donk, jgn kebablasan mikir perut sendiri…kalau perlu negara dijual ama wartawan/media demi perutnya sendiri…

  15. Mujahidin Slow

    Cara Merakit Bom

    Onde2 didalamnya kasih TNT .. terus ditancep pake detonator, nah detonator ini bisa diganti ama cabe merah.. jadi, tinggal diemplok..he..he..he..

  16. zuluh

    Caro mambuek onde-onde

    1. ang cari tapuang taruih tapuang tu ang campua jo talua itiak jan lupo buang yang kuniangnya, dan agiah ka ambo.
    lai tau ang alamaik ambo.
    ambo tingga di tapi lauik dakek matoari, di tapi-tapinyo ado urang manggaleh jaguang baka. ang agiah se ka urang manggaleh tu.

  17. pujiyono

    dulu-dulu ga ada bom, kebiasaan tiap bulan puasa bikin petasan/mercon ,waktu kecil kurang bahagia bukan jihad, giliran udeh dewasa bikin petasan malu mangkanye si noordin biar ngetop ngebikin petasan nyang gede

  18. muhammad jibril

    barang siapa yang bisa merakit bom nisya nya kita hancur-kan orang yang beragama non muslim dan barang siapa yang ingin belajar merakit bom datang-lah menemuiku untk menghancurkan indonesia………………….!!!

  19. fahri hidayat

    saya heran juga.. salah satu stasiun televisi bertajuk investigasi malah membuat masyarakat penasaran dan mencobanya. Programnya bagus tapi penyajiannya yang kurang pas. pernah saya mengikuti tentang pencurangan listrik, air, bom ikan trs bom utk meledakkan batu kapur dll. Kemudian pencurangan makanan boraks, pewarna, minyak goreng bekas dan formalin. Informasinya sangat berguna tapi ya mbok jangan disertai cara pembuatannya. masyarakat yang semula g’ tahu karena rendahnya iman malah mencoba mempraktekkan ditambah lagi mereka makin pintar membuat cara bgmn lebih aman utk melakukan aksinya, jadi yang semula cukup jadi informasi malah merajalela. Tolong dech, ditinjau lagi penyajiaanya….

  20. joko

    cara bikin bom ,bubuk mercon 5kg di taruh dikaleng roti. taruh ditengahnya bom booster yg dibungkus plastik tipis bahanya bubuk korek api halus dan 2 kawat dari bolam sepeda motor yg ujung nya di pasang serabut cucian panci, pasang kabel neg dan pos itiv ke baterai hp , modiv dg jam weker , saklar ,ato remot kontrol tamiya .bahan merconnya 60 gr bbk potsium klorat ,bbk bro 20 gr , bbk belerang 10 gr, ini ramuan made in indonesia

  21. risky iskandar

    CARA MEMBUAT BOM
    1. panaskan minyak goreng.
    2.masukan tempe.
    3.aduk aduk jangan sampai gosong
    4.ambil piring.
    5.sajikan dan siap santap.
    untuk resep lebih lanjut lihat di majah 245168

  22. Wildanela

    cara merakit Bomb. bangun pagi siapin koran bekas, kalo buang air besar taro aja di koran. lemparin deh ke orang yang ente ga suka. bom aja pake bungkusan tadi

  23. wahyu

    kyak-a trorr BOM udah ada d mna2…………………
    tpy klw d’tmpt gwe’bkn-A trorrr BOM ””
    MLHan trorrrr anginn r;but yg bwuuuu bngettttttttttt………….

  24. fickar

    menurut saya merakit bom itu sangat sulit dan dapat resiko yang tidak memungkinkan…tolong jangan menghancurkan negeri kita ini..negri kita ini sudah indah jangan lah di hancurkan dengan sejenis bom..

  25. jaka

    hendaknya media massa dan elektronik ikut serta menjaga situasi yg kondusif. Tidak terfikirkah efek dari pemberitaan anda sekalian menjadikan suatu yg berbahaya untuk warga mungkin juga jadi bumerang jangan asal demi rating dan kesohoran dan dieluelukan menjadi nomor satu sementara efektifitas dari pemberiataan anda menjadi sangat terlupakan. Ataukah anda sekalian berafiliasi di dalamnya ?….wallohualam bi sawwab….semoga negeri kita aman sentosa……amiiiin

  26. Budi

    Dengan alasan apapun membunuh sesama muslim tuh haram hukumnya karena darah seorang muslim itu haram dibunuh oleh sesama muslim lainya kalaw tidak berdasarkan syariah kecuali setelah dia kafir……..jangan2 orang kafir yang membunuh orang2 muslim…….

  27. radiojingle

    nah, jelas kan. tv tuh yang jelas-jelas menampakkan cari jadi teroris. mereka malah ngajari cara ngebom.
    kalo agan cek juga ada majalah yang bahasa masalah militer, mulai dari jenis pesawat, alat-alat senjata, dll.
    kenapa tv nya koq gak dituduh sebagai sumber teroris?
    lha koq malah pondok pesantren yang jelas-jelas gak mendidik teroris malah dibilang sarang teroris.

  28. bgs

    memang perubahan sosial yang terjadi sekarang ini karena pengaruh dari media.. banyak media yang “melebay”kan beritanya.. maka berhati2lah ,
    kita harus bisa mencerna berita dari media dengan bijak…

  29. pulsa all operator

    Kalo gw bisa bikin bom, gw mw bikin tuh, buat bom bunuh semua kuman, biar semua anak angsa sehat gak kena kuman, dri pada bikin bom, mending bikin daia (heheheh cuma sbun)

  30. pedulimoral

    TOLONG PARA AHLI BOM JANGAN NGELEDAKIN BOMNYA SEMBARANGAN, BANYAK KORBAN YANG TIDAK BERSALAH, BAHKAN SEORANG ANAK KEHILANGAN ORANG TUA YANG MEREKA SAYANGI BEGITU JUGA SEBALIKNYA

  31. pedulimoral

    UNTUK PARA TERORIS JANGAN KAU KORBANKAN ORANG ORANG YANG TIDAK BERSALAH, KAMI RAKYAT INDONESIA SAMA SEPERTI KALIAN CINTA KEADILAN DAN CINTA KEJUJURAN TAPI BUKAN BEGITU CARA NYA, KALIAN ORANG YANG TAAT AGAMA BAHKAN LEBIH BAIK DARI KAMI, CUKUP SUDAH BANYAK KORBAN YANG TIDAK BERSALAH

  32. saprol

    Woooyy teroris kuda cuki ,,, apa yg d ajarkan d agama mu .
    apa mmang islam mngajarkan ajran sperti itu ,,,
    klo mmang brarti islam jga KUDA CUKI denk BABI LASO ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>