Blood Donation at PMI Surabaya

Donor Darah

Jika Anda sedang dalam kondisi yang sehat, tidak bepergian ke luar negeri selama 6 bulan terakhir, tidak sedang hamil dan berusia di antara 17 hingga 65 tahun, maka sudah cukup syarat sah untuk melakukan donor darah. Lebih baik lagi jika donor darah itu dilakukan secara rutin dengan selang waktu minimal 2,5 bulan. Jangan kuatir kita akan kehabisan darah karena begitu darah kita diambil maka tubuh akan memproduksi darah yang baru hingga volumenya sesuai dengan keadaan semula.

Jika ingin melakukan donor darah, datanglah ke kantor Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia terdekat di kota Anda. Jika Anda tinggal di Surabaya, kantor UTD PMI ada di Jl.Embong Ploso No.7-15. Kantor tersebut buka selama 24 jam untuk menerima sumbangan darah dari Anda. Saya sendiri kemarin (03/08/09) melakukan donor darah untuk yang ke-lima kali, bersama dengan Mbah Sangkil dan Bimo.

Proses donor darah dimulai dari pendaftaran donor. Isikan data diri dan kuesioner secara lengkap. Setelah itu akan dilakukan pemeriksanaan golongan darah, rhesus, kadar haemoglobin dan tekanan darah Anda. Sebelum memasuki ruang penyadapan darah Anda diminta untuk mencuci lengan kanan dan kiri dengan sabun yang sudah disediakan. Kesemua langkah itu tadi termasuk dalam tahap persiapan. Sedangkan tahap intinya adalah proses penyadapan darah melalui lengan kanan atau kiri. Sebuah jarum kecil akan ditancapkan tepat di bagian atas siku-siku. Sama sekali tidak sakit, masih lebih sakit digigit semut. Oleh karena itu tidak perlu takut. Rileks saja ;)

Darah Anda akan diambil sebanyak 350 cc dalam waktu sekitar 15 menit, bisa kurang bisa lebih. Darah tersebut ditampung di dalam sebuah kantong khusus darah yang bergoyang-goyang di atas timbangan. Begitu volumenya mencapai 350 cc maka timbangan akan berhenti bergoyang dan petugas akan menghentikan penyadapan darah Anda. Jarum kecil dicabut dan bekas tusukannya akan ditempeli dengan plaster. Proses penyadapan darah telah selesai dan Anda bisa meninggalkan tempat. Biasanya PMI akan memberikan makanan ringan berupa kue dan susu. Selain itu Anda juga diberi multivitamin dan mineral dalam bentuk kapsul bernama COROVIT.

Menurut Ibu Asih, petugas PMI Surabaya, darah dari pendonor tidak bisa langsung disalurkan, tetapi harus diperiksa kesehatannya terlebih dahulu, termasuk diperiksa dari kemungkinan mengandung virus penyakit menular seperti HIV AIDS. “Jika darahnya sehat maka bisa diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Tapi kalau darahnya tidak sehat maka PMI akan mengirimkan surat undangan dan kemudian dokter akan menjelaskan perihal ketidaksehatan darah Anda”, begitu terang Ibu Asih. “Kadar haemoglobin yang diperkenankan untuk donor adalah antara 12,5 hingga 17″, begitu imbun Ibu Asih. Sementara itu tentang adanya persyaratan “tidak bepergian ke luar negeri dalam 6 bulan terakhir”, Chahyani petugas PMI Surabaya menjelaskan hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari adanya kemungkinan darah tertular penyakit endemi yang ada di negara tujuan.

Setetes darah Anda bisa menyelamatkan nyawa penderita. Berikan milik Anda untuk menolong sesama. Bagi yang belum melakukan donor darah segera kunjungi kantor PMI terdekat. Bagi yang sudah lama tidak donor darah, mumpung lagi ingat segera bikin jadwal ke PMI. Salam donor darah!

39 thoughts on “Blood Donation at PMI Surabaya

  1. GA

    dari kecil sampai dewasa belum pernah sekalipun saya donor darah.

    sepertinya harus segera diwujudkan nih

    salam NORAH

  2. mas8nur

    wah aku mbayangne ae dah klemun-klemun apalagi kalo di sadap beneran ya, belum punya nyali. Perlu mental tersendiri memang bagi yg parno sama jarum suntik kayak aku.

  3. Fany

    waduh udah start duluan ya.. denger2 temen2 BloodforLife+blogger2 mo bikin gerakan nasionalnya bulan ini.. Yah pada gak bisa ikutan donor lagi donk ya..

  4. sawali tuhusetya

    meski hanya setetes, darah kita akan sangat bermanfaat utk menyelamatkan nyawa sesama kita. sayangnya, saya jiuga ndak memenuhi syarat utk mendonorkan darah, mas dion, keke ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>