Jalur Alternatif

Masih berkaitan dengan Mudik Lebaran 2009, setelah melakukan segala persiapan maka sebelum berangkat ada baiknya Anda telah menguasai peta perjalanan mudik Anda. Dari kota asal menuju kota tujuan mudik melalui jalur mana saja dan apa saja yang harus diwaspadai di titik-titik tertentu. Hal tersebut perlu diketahui tidak lain adalah untuk kelancaran dan keselamatan perjalanan mudik Anda.

Misalnya Anda akan melewati jalur Ngawi-Madiun yang terkenal dengan julukan jalur tengkorak. Mengapa dijuluiki jalur tengkorak? Karena di jalur tersebut sering terjadi kecelakaan maut. Mengapa sering terjadi kecelakaan maut? Karena pada rute tersebut terdapat banyak lubang tak terduga sehingga menyebabkan pengendara menghindar, dan itu justru menyebabkan benturan dengan kendaraan lain. Maka ketika akan melintas di rute tersebut Anda sudah mengantisipasi dengan cara meningkatkan kewaspadaan dan kepekaan.

Hal lain yang harus Anda ketahui adalah kemungkinan adanya jalur alternatif di luar rute utama. Begitu terjadi kemacetan yang sangat parah maka Anda bisa mengambil jalur alternatif tersebut sehingga terbebas dari kemacetan. jalur alternatif tidak harus lebih pendek dari rute utama, yang penting adalah menghindari kemacetan yang bisa menyebabkan Anda stress di jalan.

DLLAJ dan Polisi biasanya memasang papan petunjuk pada jalur alternatif ini untuk memudahkan Anda. Contohnya jika Anda akan melintasi rute Jombang-Surabaya, maka ketika sampai di Peterongan (Jombang), sebelum rel kereta api Peterongan Anda bisa belok ke kiri melalui jalur Sumobito. Beberapa papan petunjuk sudah terpasang di jalur tersebut sehingga Anda tidak perlu kuatir tersesat. Jalur tersebut dibuat untuk menghindari kemacetan yang sering terjadi di daerah Mojoagung.

Gunakan Google Maps

Untuk mendapatkan rute utama dan jalur alternatifnya Anda bisa memanfaatkan Google Maps. Peta digital milik Google ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran rute yang akan Anda lalui sepanjang perjalanan mudik Anda. Google Maps ini masih satu keluarga dengan Google Earth yang bisa menampilkan peta bumi hingga mendetail.

Dengarkan Radio

Musim mudik lebaran ini biasanya juga akan dimanfaatkan oleh beberapa radio di berbagai kota untuk menyelenggarakan siaran berjaringan. Contohnya adalah Jaring Lebaran Suara Surabaya yang berisi puluhan radio di seluruh Indonesia. Anda bisa memantau kondisi lalu-lintas terbaru melalui radio-radio tersebut. Sebelum berangkat ada baiknya Anda memcari informasi melalui internet tentang frekuensi stasiun radio di kota yang akan Anda lewati.

Pendengar radio biasanya akan secara sukarela melaporkan kejadian yang sedang mereka alami, misalnya sedang terjebak kemacetan atau melihat kecelakaan. Pada jam-jam tertentu reporter dari berbagai kota akan melaporkan kondisi lalu-lintas di kotanya. Hal ini akan sangat membantu Anda karena degan mengetahui kondisi lalu-lintas maka Anda bisa mengambil antisipasi ketika akan melintasi jalur tertentu.

Periksa Bahan Bakar Kendaraan Anda

Rute alternatif tak jarang sangat panjang dan melintasi desa dan sawah. Untuk mengantisipasi kehabisan bahan bakar maka sebelum masuk ke jalur alternatif periksa dulu kondisi bahan bakar kendaraan Anda. Jika sudah menipis maka lebih baik segera diisi penuh. Akan sangat tidak lucu jika Anda kehabisan bahan bakar di rute alternatif yang jauh dari POM Bensin :mrgreen:

Selamat menikmati perjalanan mudik Anda, semoga selamat sampai tujuan 😉

15 thoughts on “Jalur Alternatif

  1. det Post author

    Beberapa provider seluler selalu mengeluarkan buku petunjuk dan peta mudik lebaran beserta jalur alternatifnya. Anda bisa memanfaatkan petunjuk tersebut 😉

  2. galuharya

    selamat mudik!

    ati-ati dijalan….dan sampai ketemu di Ponorogo
    nanti kita nikmati hangatnya nasi pecel tumpuk plus tempe nya yang kriuk-kriuk.

  3. sex in ukraine

    A helpful post, I just passed this onto a co-worker who was doing a little research on this. And he in fact bought me breakfast because I discovered it for him.. smile.. So let me reword that: Thank you for the treat! But yeah Thanks for taking the time to talk about this, I feel strongly about it and love reading more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with more info? It is highly helpful for me. Two thumb up for this blogpost!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *