Peluang Bisnis

Budi mengambil mata kuliah Pengantar Ilmu Statistik. Buku kuliah yang dijadikan referensi resmi oleh dosen sangat tebal sehingga banyak teman satu kelas Budi menjadi malas membawa buku tersebut. Budi kemudian berinisiatif memfotokopi buku tersebut per satu bab. Karena dirasa lebih praktis maka teman-teman Budi nitip difotokopikan.

Kejadian tersebut berlangsung selama satu semester hingga akhirnya Budi menjadi koordinator fotokopi berbagai mata kuliah dengan mengambil sedikit keuntungan, cukup untuk tambahan biaya hidup di Surabaya.

***

Ono butuh satu set komputer untuk mendukung kelancaran kuliahnya. Namun Ono tidak memiliki cukup uang untuk membeli komputer baru. Ono kemudian jalan-jalan ke Hi-TechMall, sebuah mall yang khusus menyediakan produk IT, termasuk komputer. Di sana Ono mendapatkan sebuah komputer bekas merek DELL seharga 2 juta.

Besoknya, sambil mencari bahan buat tugas kuliah di internet, Ono iseng-iseng mengecek harga komputer yang baru dibelinya. Ternyata komputer tersebut dibanderol 2,5 juta. Ono kemudian iseng-iseng menawarkan komputernya melalui www.bekas.com dengan harga 2,4 juta.

Tanpa diduga ternyata banyak yang langsung menelepon Ono memesan komputer tersebut. Ono kemudian melepas komputernya seharga 2,4 juta dan besoknya kembali ke toko untuk membeli komputer sejenis, lalu ditawarkan lagi, lalu laku lagi.

Demikian seterusnya hingga kemudian Ono menggeluti jual beli komputer bekas dengan hasil yang cukup lumayan. Dalam satu hari Ono bisa mendapatkan keuntungan hingga 10 juta!.

***

Dion mengelola blog pertama kali pada tahun 2004 ketika menjadi penyiar di sebuah radio yang bermarkas di Graha Pena. Namun waktu itu ia membuat blog hanya karena urusan pekerjaan. Baru pada akhir tahun 2007 aktifitas blogging mulai menjadi hobi.

Awalnya dia membuat blog gratisan di wordpress dan blogspot. Namun karena dirasa kurang keren, akhirnya Dion membuat blog baru dengan domain name dan hosting sendiri. Blognya yang baru tersebut dikelola dengan serius dengan niat awal untuk berbagi informasi, sesuai dengan domain blognya yang berakhiran dot info itu.

Pada suatu hari Dion berdiskusi dengan blogger asal Jogja tentang peluang mendapatkan duit dari ngeblog. Namun infromasi yang didapat tentang make money blogging tersebut sepotong-sepotong sehingga perlu digali sendiri dengan ilmu coba-coba. Setelah mencoba dan mencoba akhirnya Dion menemukan jalannya. Dolar mulai menetes ke rekening PayPal-nya.

***

Tiga kisah di atas menggambarkan bagaimana sebuah peluang bisnis bisa muncul. Bisa karena kebutuhan, bisa karena kebetulan dan bisa karena kesengajaan.

Pertama muncul karena kebutuhan. Budi butuh membawa materi kuliah yang tidak merepotkan dan akhirnya dia mendapatkan peluang bisnis dengan menjadi koordinator fotokopi.

Kedua muncul karena kebetulan. Ono tidak sengaja membeli komputer untuk dijual kembali. Tetapi begitu melihat harga di pasaran ternyata lebih tinggi maka muncul ide untuk menjual kembali komputernya.

Ketiga muncul karena kesengajaan. Dion sengaja mencari peluang mendapatkan uang melalui blognya. Setelah menggali informasi dan mencoba berbagai cara akhirnya dia menemukan peluang.

Tentu saja masih banyak jalan lain untuk menemukan peluang bisnis. Tapi harap diingat bahwa Anda tidak akan pernah menjadi pebisnis selama Anda masih merasa nyaman dengan keadaan yang sekarang. Mengikuti seminar tentang bisnis mungkin akan berguna menambah wawasan tentang peluang bisnis dan juga semangat Anda. Tetapi yang lebih penting adalah Anda segera memulai bisnis Anda.

Segeralah keluar dari zona nyaman Anda dan mulai bisnis dari sekarang juga!

———–
***nama dalam kisah di atas bisa jadi bukan nama sebenarnya dan hanya untuk kepentingan ilustrasi cerita 😉

22 thoughts on “Peluang Bisnis

  1. detx

    @dawam: peluang bisnis ada di sekitar mas, ndak perlu diajarkan, hanya gimana menyikapi peluang itu. cuman ndlongop apa gimana

    @luxsman: apane man sing gratisan?

    @sarimin: peluang bisnis gak hanya peluang dapat duit lho mas.. ada peluang yang lebih besar yaitu menyejahterakan diri sendiri dan orang lain yang menjadi mitra

    @gentho: wah iki onok juragan wedus etawa

    @galuharya: kita kerjakan habis lebaran om! 😉

    @andri: banyak yang lebih sukses setelah berani memulai bisnis sendiir 😉

    @lamendol: meluncuuuuuuurrrrrr….

  2. detx

    @sawali: betul pak, selama masih masih aman berada dalam zona nyaman tersebut, peluang apa saja yang ada dianggap sebagai bukan peluang..

    @luvie: iya betul itu, harus terus berusaha, kalo gagal dicoba lagi dan lagi..

  3. zero mind

    Mantab, satu tokoh 3 cerita… Budiono Memang Top…. kalau disingkat jadi Budi M. Top…

    saya tunggu cerita sukses lainnya seperti yg jualan pulsa itu loh mas!

  4. ndop

    ndop mengenal blog sejak 2007, dia tau blog justru dari kakaknya yang sekarang justru tidak punya blog. Iseng-iseng dia bikin blog di blogspot. Lalu pamer karya, lalu mulai dikenal karena template blognya yang dioprak-aprik jadi unik.

    ketemu sama o-om. Dia mesan gambar vector ke saya. Saya kasih free soalnya memang masih coba-coba.. akhirnya, lha kok blogku diposting alias direview. Saya pun mulai dikenal. Lalu saya mektor anang, lalu ronggo, lalu lalu lalu… banyak yang saya kasih gratisan…

    banyak yang rikues tutorial, saya pun membuatnya dan alhamdulillah kok ya satu-satunya blog yang memberikan tutorial vector corel draw.

    Karena yang pertama, makanya tutorialku banyak yang ngopas. Tapi nggak papa, yang penting terkenal..

    *****

    rekeningku pun sekarang ada isinya.. walau belum berdijit 7 tapi mayan lah buat ditabung beli leletop…

  5. Newbie Adieska

    What an inspiring story. Betul banget bang… Peluang bisnis sebenarnya ada dimana-mana. Tinggal bagaimana caranya kita untuk betul2 berkomitmen untuk menjalankannya sebaik mungkin 😀

  6. det Post author

    @zeromind: wakakaka… Budi M Top, jangan pak nanti dikira saya masih ada hubungan sama M Top yang lain :mrgreen:

    @suwung: diajar? hayo sini sini *ambil pecut*

    @dNoxs: sedikit saja kalo kebanyakan nanti kekenyangan 😉

    @ndop: begitulah ndop, peluang ada di mana-mana termasuk dari skill yang kita miliki. selamat meneruskan bisnis jual jasa redraw-mu 😉

    @dafhy: dalam keadaan terjepit memang manusia bisa saja menjadi lebih kreatif mas

    @iephe: lho siapa yang jadi tukang fotokopi pe? koordinator pe… [sekte anangiyah iki ketokane]

    @adieska: sepakat dengan suhu adieska 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *