Sidang Itsbat Idul Fitri 1430H

Taqobbal Allohu Minna Wa Minkum Taqobbal Yaa Kariim Minal ‘Aaidin Wal Faaizin.

Sidang Itsbat (baca: isbat) atau penetapan Idul Fitri akhirnya menetapkan Idul Fitri 1430 Hijriyah jatuh pada hari Minggu tanggal 20 September 2009 (detikcom). Melalui sidang tersebut Pemerintah menetapkan awal bulan Syawal berdasarkan perpaduan dua metode, yaitu Rukyatul Hilal (biasa disebut Rukyat) dan Hisab (Perhitungan).

Rukyah atau Rukyah adalah metode visual dengan menyaksikan secara langsung wujud Hilal atau penampakan bulan untuk tanggal muda. Sementara itu Hisab adalah metode perhitungan astronomi untuk memperkirakan kedudukan hilal pada akhir bulan Romadhon.

Motode Rukyah lazim digunakan oleh kalangan Nahdhotul ‘Ulama atau NU, sedangkan metode Hisab lazim digunakan oleh kalangan Muhammadiyah. Keduanya memiliki landasan yang sama-sama kuat sehingga tidak perlu diperdebatkan mana yang lebih baik.

Selamat Iedul FITRI 1430 Hijriyah, saya Budiono secara pribadi dan istanahosting.com mohon maaf atas segala kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja. Semoga kita menjadi manusia yang bertaqwa kepada Alloh Subhanahu Wa Ta’ala..

11 thoughts on “Sidang Itsbat Idul Fitri 1430H

  1. luxsman

    sami-sami OM….

    wget idulfitri.deb | sudo dpkg -i idulfitri.deb | sudo aptitude update | sudo aptitude safe-upgrade | sudo /etc/init.d/minal-aidzin-wal-faidzin start

  2. luvie

    taqabalallahu minna waminkum.. minal aidin wal fa idzin.. maaf kan semua salah yang pernah ada ya, det.. 🙂 semoga kita semua masih di beri kesempatan untuk bertemu dengan ramadhan tahun depan.. 😀

  3. Sugeng

    Tali benang di gae kloso
    moleh nang jowo numpak sepur argopuro
    pirang-pirang taon aku nduwe duso
    mumpung rioyo aku njaluk rondo sepuro
    Taqobballahuminna waminkum taqobal ya kariem…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *