Koleksi Batik Indonesia

UNESCO telah memberikan pengakuan kepada dunia international bahwa BATIK adalah merupakan warisan budaya dunia aseli dari Indonesia. Pengakuan lembaga PBB yang mengurusi masalah pendidikan, sosial dan budaya ini tentu saja harus disambut dengan gembira oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sebelumnya negara tetangga telah berusaha mematenkan beberapa motif batik dan diakui milik bangsa tetangga tersebut. Dengan adanya penetapan resmi dari UNESCO tersebut tidak ada lagi yang berhak melakukan klaim budaya warisan Indonesia ini.

batik indonesiaLalu bagaimana sikap kita sebagai warga negara Indonesia? Apakah cukup dengan merakayakannya dengan memakai baju batik hari ini saja? Tentu saja tidak sesempit itu. Lebih jauh lagi kita harus cintai dan bangga terhadap BATIK INDONESIA.

Para pelaku industri kreatif harus mampu menangkap peluang ini. Budaya Indonesia yang telah diakui secara internasional ini harus bisa menghasilkan profit secara finansial bagi warga negara Indonesia. Jangan sampai peluang ini ditangkap pelaku usaha dari negara lain dan akhirnya kita hanya akan menjadi konsumen, bukan produsen!

Motif Batik Indonesia yang sangat beragam nantinya bisa diaplikasikan ke dalam berbagai produk, tidak hanya pakaian. Saat ini sudah ada aplikasi batik pada kayu, kulit, kendaraan dan gadget. Berikutnya mungkin bisa dikembangkan lebih luas lagi sehingga batik benar-benar menjadi ciri khas Indonesia.

Selamat berbatik! 😉

25 thoughts on “Koleksi Batik Indonesia

  1. andif

    saya punya batik karena dibelikan adik sewaktu acara nikahanya 🙂
    tapi secara pribadi saya bangga dengan memakai batik ini
    maju terus Indonesiaku..

  2. Klik 2 Me

    Wah… muaantaaaapppp….. coooiii…
    Yang lebih mantaaaap lagi yang make batik sing nang ndukur iku…. narsis oooiiiiiii…………… wwaaaaakakakakakkaaaaa….. kabuuuuuuurrrrrrrrrrr…….. :p

  3. Anas

    selamat hari batik. maaf rada telat.. btw, kok pake batiknya setengah hati, pake batik gak dikancing? hehehehe.. Saya rasa hari batiknya gak hanya satu hari tetapi setiap minggu ada hari batik. Dan juga perlu adanya kesadaran masyarakat sendiri untuk memakai batik..

  4. Erikson

    kl koteka diwariskan jadi milik asli Indonesia, gmn ya?kr2 pemerintah bakal nyuruh pake g ya selama satu hari wwkwkkwkwkwk

  5. ika

    i like wearing batik.. 🙂

    btw, pp na masih ada $63 pak.. kalo mau, beli sama saya aja, saya jual murah meriah.. hehe

  6. how to buy penny stocks

    The bottom line for Mr. Leach regardless of anything done or not done by the James family, is he was fired for not doing what his employer directed him to do. Basically, insubordination. He has no one to blame but himself, and by suing the university he will be unlikely to find another university willing to hire him.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *