Hari Pahlawan

Peristiwa 10 Nopember 1945 merupakan salah satu pertempuran paling dahsyat yang terjadi di Surabaya. Tanggal 10 November tersebut kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan yang berlaku secara nasional di Indonesia. Peringatan tersebut tidak lain adalah untuk memberikan penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang mengupayakan dan mempertahankan kemerdekaan negara republik Indonesia.

Konteks pahlawan pada masa-masa penjajahan kolonial tentu saja berbeda dengan pahlawan pada masa sekarang ini. Jika dulu musuh kita nyata, yaitu Belanda dan Jepang, maka saat ini musuh kita tidak nampak namun ada di mana-mana. Penjajah masa kini terus mengintai dan merongrong segala sendi kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Maka pada masa sekarangpun kita masih butuh para pahlawan untuk memerdekakan Indonesia dari penjajahan 2.0™ :mrgreen:

Penjajahan 2.0 adalah model penjajahan interaktif, berjaringan, terstruktur dan masiv atau tersistem. Penjajahan yang melibatkan penjajah dan terjajah untuk mendapatkan hasil jajahan yang optimum. Dalam membantu penjajah, si terjajah bisa terlibat secara sadar maupun tidak sadar. Penjajahan model ini tidak lagi menyerang bangunan fisik, tetapi menimbulkan efek kerusakan yang sangat parah pada bangunan mental bangsa.

Yang dijajah pada model penjajahan 2.0™ adalah ideologi. Maka untuk melawannya juga harus menggunakan pendekatan ideologi. Menyadarkan para terjajah yang secara sengaja maupun tidak sengaja membantu penjajah dengan ilmu pengetahuan. Senjatanya bukan lagi senapan, meriam, bom, granat, dan sejenisnya, tetapi media yang memiliki kemampuan penetrasi subconsciuous secara soft. Salah satu media tersebut adalah BLOG.

Komunitas Blogger SurabayaDitepatkan dengan Hari Pahlawan 2 tahun yang lalu, sekumpulan BLOGGER di Surabaya telah mendeklarasikan berdirinya Komunitas Blogger. Komunitas ini secara sengaja ingin mengambil peran penyadaran melalui ilmu pengetahuan. Mereka ingin mengingatkan, menegur dan aktif di tengah-tengah kehidupan masyarakat Kota Surabaya untuk menuju tata kelola kehidupan yang lebih baik dan bebas dari penjajahan 2.0™.

Peran yang bisa diambil mungkin belum seberapa. Tetapi ini adalah embrio yang akan terus tumbuh dan berkembang. Sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Tentu saja tidak bisa berjalan sendiri, tetapi harus bergerak bersama warga kota yang lain. Untuk melawan sesuatu yang tersistem harus secara tersistem pula.

Semoga berhasil!

Selamat Hari Pahlawan untuk Indonesia dan selamat ulang tahun ke-2 untuk TuguPahlawan.Com! 😉

14 thoughts on “Hari Pahlawan

  1. kucluk

    Selamat Hari Pahlawan…..

    Selamat Ultah yang ke-2 buat TPC

    Selamat Ultah yang ke 49 buat ITS

    Selamat Ultah yang ke 18 buat adekq

    *wkkw

  2. Andy MSE

    Selamat Hari Pahlawan untuk Indonesia dan selamat ulang tahun ke-2 untuk TuguPahlawan.Com! 😉
    *maaf, berhubung kehabisan kata2 terpaksa ngopi dari alinea terakhir*

  3. pakne galuh

    selamat hari pahlawan dan selamat ulang tahun buat TPC.

    saya benar-benar bangga jadi orang surabaya,lahir, besar dan mencari rejeki di kota pahlawan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *