Kejar Paket C di Surabaya

Kejar Paket A, B dan C adalah solusi bagi Anda yang sudah berusia di atas usia sekolah namun ingin memiliki pengetahuan, kemampuan dan ijazah setara dengan SD, SMP atau SMA. Kejar singkatan dari Kelompok Belajar. Siapa saja yang ingin mengikuti Kejar Paket A, B dan C harus mendaftar di lembaga resmi yang terdaftar di Departemen Pendidikan Nasional, sehingga nantinya bisa mengikuti Ujian Kejar Paket dan mendapatkan ijazah yang diakui oleh Negara.

Kejar Paket A setara dengan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket B setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan Kejar Paket C setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui program kejar paket tersebut siswa akan mendapatkan pelajaran setara dengan tingkatannya. Di akhir program mereka bisa mengikuti ujian kejar paket (atau istilahnya ujian persamaan atau ujian kesetaraan) untuk mendapatkan ijazah sebagai tanda kelulusan.

Sebenarnya Kejar Paket C sudah ada sejak dulu kala, namun mendadak menjadi sangat terkenal kembali ketika pada tahun 2009 ini banyak siswa SMA yang gagal dalam Ujian Akhir Nasional. Waktu itu tidak ada istilah Ujian Susulan atau Ujian Perbaikan, sehingga jika ingin mendapatkan Ijazah SMA maka harus mengulang 1 tahun di SMA. Mereka lantas disarankan mengikuti Ujian Kejar Paket C dan dengan Ijasah Paket C tersebut mereka bisa mendaftar di Perguruan Tinggi tanpa harus menunggu satu tahun lagi.

Bagi Anda yang ingin mengikuti Kejar Paket A, B dan C tidak perlu malu. Tidak ada kata terlambat untuk belajar meskipun Anda sudah tua. Silakan datang ke lembaga-lembaga penyelenggara Kejar Paket terdekat di daerah Anda. Biasanya di setiap kecamatan atau kota ada yang menyelenggarakan Kelompok Belajar Masyarakat ini. Anda bisa menanyakan lokasinya di Kantor Diknas setempat atau baca iklan di koran pada kategori PENDIDIKAN.

Jika Anda tinggal di Surabaya Anda bisa menghubungi PKBM SETYO EDUCATION di Jalan Achmad Yani No.247. Lokasinya sebelum pertigaan ke arah Jl.Siwalankerto atau Kampus UK Petra, di kiri jalan, menjadi satu dengan gedung SD. Mereka buka malam hari pukul 19.00 hingga 21.00

103 thoughts on “Kejar Paket C di Surabaya

  1. Boyd Soedargo

    Salam kenal om… dari milis bengawan :D

    saya pernah ikut paket c, tahun 2003, tapi sampai sekarang ijazah nya blom saya ambil karna harus ada kwitansi pembayaran lunas paket c. Kira-kira kalau saya mau ambil itu gimana yah? mksdnya tempat terkait yg bisa saya tanya selain ke tempat LPK Paket C yang saya ikuti… :D

    * moga-moga bisa jawab mas :D hehehe bingung *gondelan

  2. Yani

    Informasi yang sangat membantu.
    Mohon informasi apakah ada untuk program kerjar paket A,B,C didaerah Lamongan ataupun Gresik dan kemana saya dapat mendapatkan informasi lengkapnya.
    Terimakasih atas bantuannya

  3. det Post author

    untuk yang berada di luar surabaya silakan bertanya ke kantor diknas setempat, setiap kecamatan mestinya ada kok karena ini program nasional

  4. Soelistijono, SPd

    Salam Persahabatan buat Mas Dion dan semua.
    Hehehe…, kagak nyangka udah ada yang buat info tentang Sekolah Gue. Tanks banget. Kalau boleh diperkenankan gue ikutan nimbrung: “perkenalkan gue adalah salah satu dedengkot di Sekolah Kesetaraan Setyo Education tersebut yang udah hampir kira-kira 8 – 9 tahunan ngurusi sekolah tersebut. Jadi kalau boleh dikata gue sebagai Tutor Senior kedua. Tapi bagi gue lama atau singkatnya menjadi tutor khususnya di sekolah kesetaraan bukanlah ukuran yang utama. Yang terpenting adalah niatan pengabdian dari para tutor semua yang ikhlas sebagai pendidik dan turut mensukseskan program pemerintah yaitu mencerdaskan dan menuntaskan anak-anak bangsa yang ingin memperoleh masa depan yang lebih baik.
    Perjuangan yang cukup berat juga menjadi tutor di sekolah kesetaraan. Bab usia mereka bukanlah usia anak sekolah yang normal seesuai dengan jenjang pendidikan, terlebih latar belakang dari warga belajar tersebut yang beraneka ragam danwarna. Mmaka sebagai tutor… gue harus benar-benar merangkul mereka agar tak terlepas dari rambu-rambu pendidikan.
    Sekolah kesetaraan hadir ditengah-tengah masyarakat tidak boleh dipandang remeh. Dengan hadirnya sekolah kesetaraan seperti Setyo Education ini maka boleh dikata dapat menutupi atau menambal kekurangan kesejahteraan di bidang pendidikan. Jadi kalau ada yang meremehkan info tentang sekolah bebas usia (kesetaraan) itu berarti ikut menertawakan kebodohan bangsa sendiri. Apa nggak pernah ngaji Al-Qur’an khususnya wahyu yang pertama Q.S. al-Alaq, yang intinya menegaskan bahwa kewajiban belajar itu tak pandang ruang, waktu, apalagi usia. Kalau emang info ini dianggap sebagai kebutuhan anda maka manfaatkanlah. Tapi bila info ini tidak ada nilainya bagi anda, cukup anda info-kan pada pihak yang membutuhkannya. Itu sama saja anda memberi tongkat bagi orang yang buta (wejangan Sunan Kali Jaga)
    Buat anda yang pingin bergabung belajar di Setyo Education gue persilahkan datang dan jangan ragu-ragu menuju masa depan… Gue selaku perwakilan para tutor Setyo education siap menyambut niatan baik belajar anda dengan kedua tangan yang terbuka.
    Bagi Mas Dion… yang dengan susah payah menginfo-kan sekolah kami saya ucapkan banyak terima kasih. Sukses selalu buat anda.

  5. purna

    Mohon info untuk kejar paket C di Sidoarjo, kira2 ada ngga ya Om?? and kalo ada dimana tempatnya ?? Thanks………

  6. det Post author

    @Soelistijono,S.pd: wah sebuah kehormatan mendapatkan kunjungan langsung dari pengelola Setyo Education. waktu itu saya tidak sengaja berhenti di Jl.Achmad Yani dan melihat spanduk Setyo Education dan langsung saya tulis mengingat informasi seperti ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Terimakasih juga kepada Bapak, sampaikan salam saya untuk segenap relawan Setyo Education, terus semangat mencerdaskan bangsa!

    @purna: Bagi yang berada di Sidoarjo mungkin bisa gabung dengan Setyo Education, lokasinya dekat dengan bundaran waru kok. Atau kalau masih terlalu jauh bisa ditanyakan ke diknas setempat di mana lokasinya di Sidoarjo

  7. Soelistijono, SPd

    @Saudara-saudara, yang ada di sekitar Sidoarjo kalau memangnya pingin meneruskan studi belajarnya gabung aja ma’ kita. Bab 50% waraga belajar di Setyo Education berasal dari Sidoarjo, bahkan ada yang masih tinggal di Hongkong, Malaysia, dan Amerika yang udah terdaftar menjadi warga belajar Setyo Education.

    @Mas Dion…, thank’s atensinya salam anda telah tersampaikan.

  8. Soelistijono, SPd

    @Mr. Gelandangan biar nggak nggelandang lagi n’ nggak kena tendang terus n’ lalu di-kandangin ama Satpol PP …
    Untuk pendaftaran formulirnya Rp. 75.000,- waktu belajar dari hari Senin at Jum’at on time 19.00 – 21.00 dengan biaya pendidikan per-bulannya Rp 50.000,- Jadwal belajar padat biar kagak ketinggalan jauh ama anak usia sekolah plus kegiatan extra-kurikuler yang enjoy banget seperti : Kelompok Theater, Latihan Tenaga Dalam Super Cepat, Kelompok IT-Komputer, Kelompok Hacking Camp, Kelompok Studi sosial, kelompok footsal, kelompok editing movie, kelompok fishing, Latihan Dasar Kepemimpinan dan lain sebagainya. Dengan catatan bukan “Kelompok Bermain”.

  9. Soelistijono, S.Pd

    Tergantung :
    1. Dari tanggal keluarnya ijazah Anda yang terakhir.
    2. Bisa ditempuh sampai satu tahun bila pertimbangan usia
    3. Ijazah disyahkan oleh kepala Dinas pendidikan Langsung
    4. Sekolah kejar Paket disetarakan dengan sekolah umum maka disebut sekolah kesetaraan.
    5. Dapat digunakan untuk melanjutkan kuliah di tingkat s1

  10. gelandangan

    kira-kira sampe berapa ratus ribu pak, saya pernah sekolah kelas 1 SMA lalu kelas 2 gak lanjut karena gak ada biaya. masuk SMA tahun 2000 pak. terimakasih informasinya

  11. Soelistijono, SPd

    @Mr. Gelandangan, anda tinggal melanjutkan di kelas III karena udah pernah memperoleh pembelajaran di kelas I dan kelas II walaupun tak sampai selesai. Mengingat angkatan belajar anda di tahun 2000.
    Biayanya tinggal anda yang memperkirakan sendiri untuk belajar 1 tahun di kelas III. (spp bulanan x 12 bulan plus biaya ujian nasional). Bisa diperkirakan sendiri khan biayanya ?!

  12. det Post author

    wah ikut senang ada yang merasa terbantu dengan postingan ini. semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

    mas/mbak gelandangan mungkin bisa kontak pak soelistijono langsung di setyo education untuk lebih jelasnya lagi

    maju terus pantang mundur, kawan!

  13. Soelistijono, SPd

    Pengumuman :
    Sekolah Kesetaraan Kelompok Belajar SETYO EDUCATION segera mengadakan Pemberkasan Nominasi pada bulan Januari 2010 bagi yang layak mengikuti Unas Periode I Tahun Pelajaran 2009-2010. Yang belum menjadi warga belajar harap segera mendaftar. Barangkali Anda-pun layak mengikuti Unas tersebut.

    @mas Dion : Mohon maaf numpang posting yaa …

  14. ema

    mas maaf mengganggu aku putus sekolah terakhir kelas 1 tahun 2009 seharusnya saya sekarang kelas II naik kelas III apa saya bisa ikut kejar paket C berapa lama ? persyaratannya apa saja ? daftarya dimana ?
    terima kasih

  15. miyuki

    Tutup pendaftaran sampai tgl brp pak?
    Bs kah sy hnya mnempuh stahun ini?
    Sy mnginginkan kelulusan th 2010
    Kalau sy dftr skrg,thn brpakah sy lulus?
    Umr sy 20
    Sy pernah bersekolah smpai kls 2smu lalu putus.
    Sy mengnginkan ijazah ini untuk berkuliah krn dorongan dr byk pihak.
    Bsakah sy mngkuti ujian th ini?
    Apa saja syarat & ktentuannya pak??
    Terimakasih

  16. Ria

    Kalau mw tw info jelasnya.
    saya ingin tau k mana saya hrs hubungi?
    Kog ga d cantumkan no. telp nya?

  17. Ria

    Tolong segera d jawab ya Pak……….
    saya pgn bgt ikutan.
    tolong jg d ksh info yg sejelas-jelas y.

  18. dewi kusuma

    pak,,soelist…kira2 sy msh bs lnjut’in kuliah g y pak?,,soale sy lht di univ adi buana bwt jurusn PGSD n AkBID..max usia 20 th,,,

  19. det Post author

    Kepada semua calon peserta Kejar Paket silakan baca artikel di atas secara lengkap. Di situ sudah jelas alamatnya. Jika Anda niat belajar silakan datang langsung ke lokasi.

  20. Pingback: Paket C Paket ABC » PAKET C » Kejar Paket C di Surabaya

  21. Pingback: Paket C Paket ABC SD SMP SMA » PAKET C » Kejar Paket C di Surabaya

  22. kiki

    Bisakah orang putus sekolah SMA dikarenakan menikah, mengikuti sekolah kejar paket C?denger2 sekolah kejar paket itu cuman hari sabtu dan minggu, itu pun bisa belajar dirumah sampai waktu ujian tiba. saya tinggal didaerah kapasan, kira2 ada tidak sekolah kejar paket c di daerah tersebut, mohon pencerahannya, kirim di email saya xsinepapers@gmail.com atau no telp 081553924087. terimakasih.

  23. nono

    selain di A.YANI di surabaya dimana lagi ? no tlpnya berapa ? terima kasih sebelumnya

  24. onyeng

    maaf mau tanya, saya brhenti skolah thn 2003 lulusan SD di karenakan ga ada biaya, klo skrg pngen punya ijasah SMA bisa ndak ya skrg umur saya 20 thn pngen lanjut”n skolah lagi….
    kira2 brp lama klo saya ambil paket?

    mohon bantuan & pencerahannya, terima kasih

  25. luks

    sya mau tanya, sya pernah scol tpi klas 1 gak lu2s, ap bsa lungsung masuk klasd 3. trima ksih

  26. muhammad andrean

    kalo kejar paket terdekat di daerah wonokromo mana yaa ommm?soalnyarumahku dekat situ.

  27. julinda

    pak, kl saya itu tamat taun 2006 saya g lulus ujian bhs inggris krg 0.01
    tapi saya g mengulang lagi
    mmg kl di sini saya harus mengulang semua ato hanya ikut kejar paket c
    kl bisa sich hanya paket c saja
    krn saya pgn kuliah taun ini

  28. muhammad rizky

    ASALAMUALAIKUM….. Apakah lulusan paket C bs buat kerja??. dan apakah sudah pasti diterima untuk melamar pekerjaan??.terima kasih. WASSALAMUALAIKUM

  29. parni supar

    pa,aku ingin sekali kejar paket C tapi gimana caranya apa bisa karna aku ada di luar negri?

  30. tien

    yang berkompeten menjawab pertanyaan rekan2 masih liburan ya…..??? Ikut nimbrung ya nanya ya…apa bs ditempuh secara jarak jauh pendidikannya. Misalkan siswanya ada di luar kota surabaya, krn harus bekerja. Jadi sistemnya belajar sendiri, dan dibimbing secara jarak jauh oleh sang tutor. tapi pas waktu ujian harus hadir langsung…… mohon penjelasannya… atau via telpon boleh kan? no telponnya yg ada di blog setyoeducation itu kan?

  31. bastian

    kok Paket C pake bayar perbulan?sama aja dengan sekolah biasa donk?orang putus sekolah kan penyebab utama krn biaya tersebut?
    sama aja bohong donk?

    sekolah paket C di daerah sidoarjo alamatnya bisa ditanyakan di kecamatan candi-Sidoarjo(dekat Polsek Candi).
    sekolah nya ada di desa Bligo sekitar PT.Ecco Indonesia

  32. tien

    mas bastian…yg di sda itu apa cuma paket C saja, paket A dan B nya apa gak diadain juga?? Thanks….

  33. vie2

    Bisa di infokan no telp yg bisa di hubungi untuk PKBM SETYO EDUCATION SURABAYA yg di jalan A.YANI 247 dan info jadwal penyelenggaraannya di th 2010 ada g?mohon bantuannya.Tx

  34. Fahry

    saya mau ikut om di surabaya , tapi saya di tulung agung sekarang .
    saya minta saraannya saya putus sekolah kelas 1 SMk jurusa akuntan .
    saya sekarang seharusnya kelas 2 SMK , karena saya biaya sendiri saya mau ikut ujian tsb biar langsung kuliah, bisa gak om di bantu :)
    terima kasih

  35. layar sambang

    assalamu” allakm wr wb
    saya pengen bgeett skolh dulu sya putus sklh krna , urusn pekrjaan
    dulu sya sekolh smbil kerja trus krjha y brt bgeettt aku g kuat
    jdi aku putus sklh bru 8 bulanan ini aku pengen kejar paket c
    aku pengn nerusin sekolh lagy … aku pengn bgeettt aku mohn , bsa nerusin sekolh lagy
    wassalaaaammmm wr wb

  36. ida

    saya tinggal di daerah wiyung- menganti surabaya, kl sekolah yang ikut kejar paket c dimana ya ? thanks

  37. feri yanto

    kmu lewat aja dari rozal itu terus aja
    dan itu ada yang jualan martabak2 yang di pinggir kiri jalan dari arah rozal . lah disitu kmu nengok kekiri ada papan tulis DINAS PENDIDIKAN aq sekolah disitu skarng ambil paket B
    terima kasih .

  38. feri yanto

    thun ini masih ada . selama tiap tahun klo di tempat qu sekolah kejar paket A,B dan C.

  39. ika rahma wati

    selmt mlm pk bk….saya mau tentg sklh paket ini ..saya tdk pernha sklh tapi saya bnr mau sklh ..paket biar saya bisa sklh sama seperti teman saya ..umur saya 21 tahun tapi saya sdh menikah apa saya nanti kalau selesai sklh paket ini bisa mau sklh yg laian seperti unv atau..smp laian nya ..termaksh…..

  40. irish

    om ni adek saya pengen ikutan kejar paket c yg di sidoarjo waru itu bisa minta tlong alamatnya yang jelas soalnya saya baca dari atas g’ nemu alamt jelasnya yg di waru / no telpnya boleh

  41. Suci

    saya mau tanya, bagaimana caranya untuk daftar kejar paket c dan dimana???
    berapa harganya???
    dan kapan bisa mulai ikut???
    dan bagaimana jika saya inging ikut kejar paket c di surabaya sedangkan KTP saya KTP luar kota????
    mohon bantuannya…
    makasih

  42. Vivi

    mau tanya dong..
    setyo education masih menerima murid baru gak untuk tahun 2011 / 2012?
    dan lokasinya masih tetap di A.yani?
    makasih..

  43. tika laksmita

    pak,saya mahasiswa Pendidikan Luar sekolah unesa. kalo saya penelitian di lembaga bapak bisa apa tidak?

  44. laila nur

    maaf mo tanya
    Law kejar pket sampai brapa tahun???
    Troz biayanya sampai brapa???
    Mhon d jwb
    Thanks

  45. Mashuri

    Meski Anda lulusan dari Paket C … ANDA jangan putus asa, anda bisa melanjutkan ke jenjang perkuliahan S – 1, kuliah di STIS SBI Surabaya, kampus Bisnis dan kampus Islami, Bebas SPP dan Bebas Uang Gedung, Islamic Entrepreneur University … silahkan hubungi 0856.55300.007 atau 0852.591.48.007 Website http://www.stis-sbi.com … Kuliah dan Bisnis berjalan bersamaan … banyak mahasiswa kuliah dan bisnis sukses … ayo susul dengan bergabung di STIS SBI Surabaya

  46. beechan

    untuk yang tinggal di surabaya timur (keputih, rungkut, medokan dan sekitarnya) bisa mendaftar sekolah paket c di jl.medokan keputih no.29 surabaya. telp: 031 81811861, 031 77550826.

    Sepengetahuan saya sppnya 20rb/bln.

    kelasnya jam 5-8 malam

  47. wi suyanti

    assallamualaikum
    yth bpk/ibu
    mohon bantuannya saya mau meneruskan kejar paket c
    saya udah kelas 2 paket c di sekolahan indonesia singapura.
    mohon bantuannya dan apa persyaratannya.

    hormat kami
    dwi suyanti

  48. ance

    saya sekolah sampe kelas 2 dan cuma 2 bulan kelas 3..tp raport stm nya udah ngga ada,,,kalo mau ambil paket c butuh waktu berapa lama…?

  49. rosi

    Mau nanya dong apa pendaftaran skarang masih berlaku gk
    Aq skolah lulusan smp aq pengen ikutan paket C aq kos d surabaya d daerah rungkut kidul aq harus daftar kmn y ,N syaratnya ap aj , aq umur 19 tlong bntuannya y ,,

  50. wariyanto

    met malam Pak,
    untuk kejar paket C pendaftaran bulan Juni th 2013 apa sudah terlambat, klw blm berapa biayanya.
    Mohon dijawab Pak.
    Tks

  51. DIDIN

    SAYA MAU TANYA KEJAR PAKET C YG DEKAT RUNGKUT ITU DIMNA YA TEMPATNYA?TERIMA KASIH BANYAK

  52. Vita

    Askum
    pak saya mau ikut kejar paket C ? Saya perna sekolah sma tpie sampek kelas 1 sma.
    Tpie kenaikan kelas 2 gk aq terusin.
    Kalao saya skrg sekolah kelas 3 sma.
    Pak tolong infonya dimana ada sekolah paket c di daerah lamongan paciran

  53. Vita

    Infonya ada daftar kejar paket c di daerah lamongan paciran .tolong hubungi nomor nie pak 082337072038.
    Mksh :-)

  54. Yudha_Hamaruki

    maap… mau nanya soal yang berbobot banget nih
    kalo saya sekolah mondok 5 tahun trus keluar gak dapat ijazah smp dan sma trus cuma di beri surat hantaran saja dari pondok nya…

    mohon Tolong solusinya dan penjelasannya dalam menjawab soal yang sangat berat ini

    Trima Kasih.

  55. paulus gunawan

    untuk paket c ipa selain di surabaya misalnya didaerah kabupaten nganjuk ada gak ya pak..? masalahnya kemarin saya tanya ke dinas pendidikan nganjuk katanya adanya hanya paket c ips..
    dan proses belajar mengajarnya berapa lama..?
    trima kasih atas penjelasannya..

  56. vira

    td ada penjelasan bhwa bnyak yg dari luar negeri ikut program pembelajaran ini. saya jg kbtla ada di LN, pertanyaan bgmn ujian nanti? apkh bs di wakilkn atau bs sistem online?
    mohon bgt jwbannya. terimakasih sblmnya.

  57. lasmini

    dengan adanya program ini sangat membantu sekali bagi peserta putus sekolah. akan sangat membantu lagi kalau tampatnya ada di setiap kecamatan atau kabupaten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>