Aku Konsumen Hijau

Lestarikan Lingkungan dengan Green Lifestyle

Tahun 2010 ini Dewan Kota Surabaya telah mencanangkan sebuah isu strategis yang akan menjadi fokus dalam agenda kegiatan selama setahun penuh. Isu tersebut diangkat dengan melihat latar belakang kondisi eksisting lingkungan Surabaya yang makin hari makin tidak bersahabat dan makin jauh dari layak untuk dijadikan tempat tinggal yang sehat.

Pencemaran ada di mana-mana dan itu akan mengancam kesehatan warga kota Surabaya. Mulai dari air PDAM yang sehari-hari kita pakai untuk mandi (bahkan memasak), kemudian polusi udara akibat semakin banyaknya kendaraan bermotor, lalu polusi tanah akibat pembuangan sampah non-organik di sembarang tempat, dan seterusnya.

Aku Konsumen HijauOleh karena itu DKS melalui agenda setahun ini ingin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam memperbaiki kualitas lingkungan Surabaya ini. Salah satu langkah nyata yang sedang dikerjakan berupa perekrutan dan pembekalan kader lingkungan yang nantinya bisa bertindak sebagai juru kampanye lingkungan di sekitar pergaulanΒ  sosialnya masing-masing.

Green Lifestyle atau Gaya Hidup Hijau bisa diartikan bahwa masyarakat secara individu sadar terhadap kelestarian lingkungan yang kemudian diterjemahkan ke dalam sikap hidup ramah lingkungan. Aku Konsumen Hijau dapat diterapkan berupa mengonsumsi barang-barang yang ramah lingkungan dan harapannya nanti akan merembet ke Green Business dimana perusahaan akan menerapkan sistem produksi yang ramah lingkungan.

Prigi Ecoton sebagai Project Officer

Dalam diskusi di kediaman Ibu Pinky Saptandari Sekjen DKS tadi siang disepakati bahwa Prigi dari Ecoton akan bertindak sebagai Project Officer. Selama ini Ecoton sendiri dikenal sebagai sebuah LSM yang fokus bergerak di bidang pelestarian lingkungan, khususnya lingkungan sungai. Sementara itu sindikasi DKS yang lain akan memberikan support penuh untuk menyukseskan program tersebut.

Dalam pelaksanaan program tersebut Budiono dan Mbah Sangkil dari TPC (dan DMS) akan memperkuat bagian IT. Kami akan memanfaatkan IT khususnya internet dan blog untuk menyuarakan Aku Konsumen Hijau secara terus menerus bersamaan dengan kampanye melalui media yang lain seperti koran dan televisi.

Semoga impian menjadikan Surabaya sebagai kota yang nyaman dan sehat sebagai tempat tinggal bisa segera terwujud! πŸ˜‰

————-
Gambar: desain kaos Aku Konsumen Hijau by Mbah Sangkil

26 thoughts on “Aku Konsumen Hijau

  1. Anas

    semoga sukses dengan program konsumen hijaunya mas, sukses buat ecoton juga.. Ohiya, kaosnya ciamik, dijual gak?

  2. Joseph Erngin F.

    ayo.. semua teman2 , adik2, bapak2 ibu2.. mulai hari ini perhatikan apa yang kita konsumsi setiap hari, hindarkan pakai kantong plastik ketika belanja, matikan lampu yang tidak perlu , dll.. silahkan mencoba..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *