Keyword Density, Apaan Sih?

Pernah gak membaca sebuah blog atau website yang dalam satu artikelnya terdapat satu kata atau frase yang diulang-ulang terus? Kata atau frase tersebut memang sengaja sering disebutkan oleh penulisnya dengan harapan akan terindex oleh mesin pencari seperti Google jika ada orang yang mencari informasi dengan keyword tersebut.

Bisa jadi penyebutan sebuah kata atau frase secara berulang tadi adalah trik SEO andalan si penulis. Saking semangatnya seringkali pengulangan tersebut sampai kebablasan sehingga dalam satu artikel sampai tidak ada kata atau frase lain selain kata atau frase yang dibidiknya.

Menghitung Keyword Density

Bagaimana mendapatkan skor keyword density? Hitung jumlah kata atau frase yang diulang tersebut, lalu bagi dengan jumlah keseluruhan kata dalam artikel tersebut lalu kalikan dengan 100%.

  • Jika keyword itu berupa kata:

(jumlah keyword / jumlah total kata) * 100%

  • Jika keyword itu berupa frase:

((jumlah keyword * jumlah kata dalam keyword) / jumlah total kata) * 100%

Sumber valid: Wikipedia (yang mau membantah silakan membantah wikipedia ya xixixi…)

Contoh: dalam sebuah artikel yang terdiri dari 100 kata terdapat 5 kata ‘madu’. Maka bisa dihitung keyword density untuk ‘madu’ adalah: (5/100)*100% = 5 %

Keyword Density yang bagus

Menurut para ahli SEO yang artikelnya pernah saya baca, skor keyword density yang bagus adalah antara 1 hingga 3% saja, tidak lebih. Jika lebih dari 3% itu maka Google akan menganggapnya sebagai upaya keyword spamming dan bisa berujung pada pem-blacklist-an.

20 thoughts on “Keyword Density, Apaan Sih?

  1. galihsatria

    Pernah gak membaca sebuah blog atau website yang dalam satu artikelnya terdapat satu kata atau frase yang diulang-ulang terus?

    Pernah, di blog ini. 😉

  2. Andy MSE

    owalah… itu sering terlupakan…
    kadang2 memang bersemangat, jadinya muncul di gugel cuma sebentar, habis itu ilang blasss… hahaha…

  3. Anggara

    klo mengulangnya sesuai dengan konten artikel gpp….tp kalau ngulangnya ga nyambung dg konten artikel..yah….he he he….
    silakan kunjung balik ke blog saya: film,bisnis,ekonomi,manajemen, teman yang kunjung dan kasih komen, akan saya kunjungi balik dan sy kasih komen juga…

    http://profilbisnis.com

    tks.

  4. portal cerita lucu humor

    jadi yang bagus itu 1 – 3 % yah… loh situs saya 8 % berarti jelek dong… wah saya pikir semakin banyak keyword semakin maknyus … mantab infonya gan… ngurangi density dulu ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *