Kurus = Sexy?

Video tentang Anorexia Nervosa

Definisi, Penyebab dan Akibat Anorexia Nervosa

Anorexia Nervosa atau biasa disebut dengan anorexia (baca: anoreksia) saja adalah sebuah gangguan makan yang terjadi pada manusia. Laki-laki maupun perempuan bisa menderita anoreksia, tetapi 95% kasus anoreksia terjadi pada perempuan. Ini adalah kasus medis sekaligus psikologis.

Anoreksia ditandai dengan tubuh yang sangat kurus dan kering. Awalnya penderita ingin mendapatkan tubuh yang sexy. Kemudian dia melakukan diet secara berlebih dan tidak terkendali. Kondisi psikologis bahkan bisa mendorongnya untuk mengeluarkan kembali makanan yang sudah dikonsumsinya. Tak jarang mereka mengonsumsi obat-obatan untuk menekan nafsu makan.

Akibatnya bukan tubuh sexy nan indah yang didapatkan. Tetapi diet kebablasan ini berakibat pada kekurusan dan dampak sistemik yang lain seperti melemahnya tekanan jantung yang berakibat pada melemahnya tekanan darah, pertumbuhan yang terhambat dan melemahnya kekebalan tubuh yang bisa berakibat penderita mudah sakit.

Selain karena sengaja berdiet untuk mengurangi berat badan, anoreksia juga bisa disebabkan karena kesibukan bekerja hingga mengabaikan waktu makan. Kejadian ini terus berlanjut hingga tanpa sadar tubuhnya menjadi kurus, nafsu makan menjadi hilang dan wajah terlihat pucat.

Jadi apakah Anda masih beranggapan bahwa kurus sama dengan sexy?

Sumber bacaan:

  1. Wikipedia: Anorexia Nervosa
  2. MedicineNet: Anorexia Nervosa

14 thoughts on “Kurus = Sexy?

  1. Anas

    Berarti untuk menjadi sexy perlu cara yang sehat tidak keblablasan. Aku pingin gemukan dikit mas, bosan kuru terus.. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *