Belajar Fotografi

belajar fotografi

Ketika Tim Aku Konsumen Hijau melakukan kegiatan sulam mangrove di Bozem Wonorejo kemarin kami melihat beberapa kelompok orang yang terlihat seperti sedang belajar fotografi. Seorang model menjadi objek beberapa calon fotografer yang dibimbing oleh fotografer betulan.

Saya tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Tetapi ada satu orang yang setiap kali mereka habis motret selalu melihat ke kamera para peserta lalu memberikan semacam pengarahan. Mungkin itu gurunya, yang sudah menjadi fotografer betulan.

Memang beginilah harusnya belajar fotografi: langsung praktek di lapangan tanpa kebanyakan teori. Teori bisa diberikan kemudian ketika menemui masalah di lapangan. Atau bahkan kita bisa men-sintesa teori itu sendiri secara induktif berdasar pengalaman-pengalaman yang kita dapatkan selama praktek.

Dengan hanya membeli kamera DSLR yang mahal dan lensa berbagai jenis yang komplit lalu membaca teori fotografi saja tidak cukup. Kamera hanyalah sebuah alat yang akan terus berkembang pesat menyalip kemampuan kita jika kita berhenti belajar.ย Untuk mengasah kepekaan terhadap objek estetik perlu banyak mengasah kemampuan dan sense di lapangan.

Belajar fotografi bukan sekedar memotret. Tapi bagaimana menangkap sisi estetis sebuah objek untuk kemudian kita bekukan ke dalam sebuah keabadian berupa potret yang mampu membangkitkan imajinasi dan apresiasi positif dari orang yang melihatnya di lain waktu.

*) disarikan dari berbagai sumber. foto milik mbah sangkil

12 thoughts on “Belajar Fotografi

  1. mar

    siapa punya buku panduan kamera canon A650
    atau tlng web memuat tentang A650
    maturnuwon……………………………….

  2. best design company in india

    I in point of fact like this fill someone in on, i did not materialize a destiny of the things that you posted in here. i ahve much more creative news regarding these topics and topics tied up to it. some people may boon it grievous to understadn the english vernacular but i find it moderately calm for the solitariness that has make to be what is todays policy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *