Bonek Viking Satu Hati

Saya termasuk yang tidak begitu suka nonton pertandingan sepakbola, baik di TV maupun secara langsung di stadion. Kalau sesekali ada yang tanya berapa skor pertandingan ini melawan itu tadi malam akan langsung jawab dengan senyum. Heran juga kenapa ada orang yang bertanya skor pertandingan bola kepada orang yang gak suka nonton sepakbola :mrgreen:

Tapi akhir-akhir ini saya sedikit terusik dengan fenomena suporter bola. Ada yang bermusuhan, ada yang bersaudara. Belum lama ini berbagai media heboh menayangkan BONEK yang sedang melintas di Solo dan disambut dengan lemparan batu dari PASOPATI. Ada apa gerangan sehingga BONEK dan PASOPATI begitu bermusuhannya?

Lalu jika mengamati komentar di sebuah posting di blog ini yang berjudul Bonek Persebaya, tampaknya ada permusuhan juga antara AREMANIA dan THE JACK dengan BONEK. Entah apa penyebabnya sehingga para komentator saling serang dan mengumpat.

Yang menarik adalah adanya istilah BONEK VIKING SATU HATI. Saya baru tahu setelah googling bahwa VIKING adalah sebutan bagi suporter PERSIB Bandung. Bagaimana ceritanya kok bisa BONEK yang berasal dari Surabaya bisa bersaudara dengan VIKING dari Bandung padahal jarak geografis kedua kota sangat jauh.

Sampai sekarang saya masih bertanya-tanya, apa penyebab para suporter tersebut bermusuhan, dan apa pula yang menyebabkan mereka bersaudara?

82 thoughts on “Bonek Viking Satu Hati

  1. endar

    saya sendiri juga heran dengan supporter yang sampai begitu “gilanya” dengan klub idola.
    pernah saya lihat stiker “football is my religion”. gila…
    tapi prestasi persepakbolaan indonesia tetap jelek hehehehe

  2. Anton

    Aku yo gak ngerti Mas … !!! takon ambek Mas Gajah pesing wae …. koyo e Mas Gajah iku … Bonek Mania …. hee hee hee hee hee !!!! hidup bonek !!!! bondo lan nekat … ojo bondo nekat … iso rusak kabeh Indonesia Raya

  3. katakataku

    permusuhan dan / atau persaudaraan antar supporter sepakbola memang tidak bisa menjadi faktor penentu bagusnya persepakbolaan di negeri ini……….. gak nyambung –heuheuheu……

  4. avy

    Oknum-oknum bonek gaplek’i kabeh….
    mosok mau nang ngagel, nang tengah dalan bakar busane jok pas traffic light mari carefour ngegel.
    itu pertama.
    kedua, ndelok bonek numpak motor, guak sampah sembarangan.

    jadi kesimpulannya ….bonek kuwi….

  5. Frenavit Putra

    sampeyan takon dior.. arek e pernah ndongengi aku masalah opo o bonex viking satu hati.. opo o pisan musuhan karo the jack, pasopati lan arema.. InsyaAllah detil..

  6. pakne galuh

    “bonek viking satu hati, suporter lain hati-hati”

    itu salah satu tulisan kaos hijau yang dijual di depan gelora 10 november surabaya

    ngonoh herane yo wakeh sing tuku :mrgreen:

  7. agus

    Kalo Arek Malang & Arek Suroboyo memamng sudah bermusuhan lama, sejak tahun 70-an. Bukan hanya di Sepakbola, tapi di kehidupan sehar-hari. Juga Genk-Genk Malang & Surabaya. Bahkan di perkemahan di Gunung Bromo juga pernah ada tawuran Arek Suroboyo & Arek Malang. Kalo Bonek Viking satu hati, saya gak tau kenapa…..

  8. aku

    masih ingat ketika babak 8 besar d jakarta, ketika beberapa bonek diserang FBR (Forum Betawi Rembug)…..saat itulah beberapa viking jakarta menyelamatkan/menyembunyikan bonek d rumahnya masing2 dan ketika beberapa viking d palak d atas kereta saat melintas solo, beberapa bonek menyelamatkannya….
    saat itulah rasa persaudaraan mulai muncul dan viking mengundang bonek d ultahnya….

    bonek musuhan dgn arema sudah lama (mungkin malang iri ma surabaya krn surabaya ibukota jatim)
    bonek musuhan dgn the jack (dapur umum bonek d serang dan ibu2 yg memasak d situ jg d pukuli)
    bonek musuhan dgn LA Mania (masih ingat ketika persebaya menang telak ma persela d stadion surajaya lamongan,,saat itulah LA Mania masuk k lapangan dan memburu bonek sampai ada yg mati padahal wktu final piala gubernur d stadion 10november melawan deltras, LA Mania d sambut hangat bonek)
    bonek musuhan dgn solo (ingat waktu solo kalah ma persebaya d kandangnya, saat itulah bonek yg berkunjung k sana d kepung d dalam stadion sampai berjam2 padahal wktu pasopati solo ke surabaya d sambut bonek dgn baik)

  9. dhodie

    Kalau saya bilang ini karena fanatisme kedaerahan yang sempit.. Pokoknya daerah gw mesti menang, dengan cara apa pun. Kalo kalah? Timpuk bis lawan, hajar orang-orangnya….

    Bandingkan sama Liga Inggris, seorang Ayah tanpa ragu membawa anak-anaknya ke stadion untuk menyaksikan pertandingan.. Saya memimpikan kita bisa seperti itu.

  10. felicity

    Saya jadi heran kenapa suporter Persib disebut atau menyebut diri Viking?…. bukannya Viking itu dari Skandinavia ya…. kenapa nggak nama yang lebih original… ah, entahlah…

  11. arek lawas

    MUSUHAN sesama suporter mah wajarr hahahaha, klo lagi segerombolannn baru anrkiss dan musuhhhann tapi klo ketemu satu satu di kantor , sekolah, mall, parkiran kantor yaa sodara, malah cela cela an ajahhh woii ade bonek nihh, woik jekjing , kingg vekingg , begituu lochhh……gitu aja kok repot,

  12. jey

    u/ sdr. “aku” saya tebak anda adlah anggota dr bonek. kata siapa duku pasoepati melawat ke surabaya di sambut hangat, yang ada sambutanyya adl “lemparan batu juga….

  13. boiz

    ganti saja ketua pssi nya … mudah”an semua akan berez . Ketua nya (ada d balik jeruji) apalagi kebawah nya, .. .. Bravo Indonesia.

  14. burhan bonek

    yang saya tau sebagai bonek permusuhan itu semua bukan di dahului oleh bonek, tetapi itu semua ulah Aremania yang membakar stadion kebanggaan warga surabaya, sehingga berdampak warga surabaya khususnya bonek merasa marah, saat itu juga terjadi keributan yang sangat besar hingga menelan ratusan korban jiwa khususnya Aremania sekitar 300 orang meninggal dan hanya puluhan bonek meninggal dalam insiden itu karena Bonek dibantu oleh deltamania(suporter deltras) yang juga merasa sehati dengan bonek.

    Kisah lain yaitu permusuhan LAmania dengan bonek,hal tersebut di mulai karena penghianatan sebagian pendukung persebaya di Lamongan yang membelot mendukung persela, pertikaian juga diakibatkan sepuluh bonek di tampar oleh LA mania karena tidak mau melepas atributnya saat lawatannya kelamongan saat derbi jatim antara persebaya Vs persela.

    Persaudaraan bonek dengan viking karena mereka merasa sehati yang diakibatkan oleh mereka selalu dianak tirikan oleh pemerintah dalam semua kasus yang mereka alami.

    SALAM BONEK SATOE DJIWA BERANTAS AREMANIA

  15. indra

    viking bonek satu jiwa, apapun yang akan terjadi kami akan tetap bersatu, bandung kota viking juga kota bonek, begitu pula surabaya akan tetap menjadi rumah kedua bagi viking, jangan pernah berfikir bisa memecah belah kami, karena siapapun orangnya yang berani merusak persaudaraan kami akan berhadapan dengan 2 club suporter
    terbesar di indonesia. jabat erat dari kami viking jabodetabek banten.

  16. cak campur

    arema jancok the jack anjing la mania keparat pasoepati bangsat bagai sahabat bonek sejati ayo kita hancurkan para bajingan karo para biadam semua anjing jancok bangsat

  17. VIKING BONEK MAGELANG

    VIKING BONEK ONE HEARTH
    Melihat sejarah, VIKING dan BONEK adalah pendukung sejati dari klub perserikatan yang sudah menjadi musuh bebuyutan dari sejak jaman perserikatan, yaitu PERSIB dan PERSEBAYA. Dilihat dari kacamata awam, tidak mungkin pendukung sejati yang berani mati demi mendukung timnya bisa bersahabat bahkan bersaudara dengan pendukung sejati yang sama-sama berani mati demi mendukung tim musuh bebuyutan. Tetapi ternyata VIKING dan BONEK membuktikan bahwa mereka bisa. Persaudaraan mereka dilandasi perasaan senasib dimana mereka selalu dijadikan bahan hujatan dan pendiskreditan dari masyarakat sepakbola nasional. Bahkan pers nasional pun paling senang apabila ada kerusuhan di partai yang melibatkan PERSIB atau PERSEBAYA karena bisa dijadikan headline dan sudah jelas pihak mana yang akan disalahkan.

    Sejak dulu VIKING dan BONEK diidentikkan dengan kerusuhan. Istilahnya dimana ada pertandingan yang ditonton oleh VIKING atau BONEK maka akan terjadi kerusuhan. Hal-hal jelek dan bersifat mendiskreditkan itulah yang lebih sering diekspos oleh media massa nasional. Padahal tidak semua kegiatan atau kelakuan VIKING dan BONEK berujung pada kerusuhan. Dan tidak semua kerusuhan itu diakibatkan oleh mereka. Mereka hanyalah kaum tertindas yang selalu dipersalahkan karena dosa-dosa di masa lalu. Sangat jarang sekali (atau bahkan tidak pernah?) media massa nasional memberitakan kegiatan positif yang VIKING atau BONEK lakukan. Sangat jauh berbeda dengan pemberitaan media massa nasional tentang pendukung tim lain. Ketika terjadi kerusuhan yang melibatkan mereka hanya ditulis sedikit (atau bahkan tidak ditulis sama sekali?) dan ditutupi dengan kata-kata “oknum yang mengatasnamakan pendukung…”. What a bullshit! Sedangkan ketika melakukan kegiatan positif, media massa nasional langsung memberitakan secara besar-besaran, sebesar berita kerusuhan yang melibatkan VIKING atau BONEK. Bahkan saking terlalu seringnya pemberitaan yang memojokkan VIKING sebagai bobotoh PERSIB, bobotoh lain yang bukan anggota VIKINGpun menjadi antipati terhadap media massa nasional. Sampai ada jargon di kalangan bobotoh bahwa “PERSIB besar bukan karena pemberitaan media massa nasional, PERSIB besar karena bobotoh dan prestasi. PERSIB dan bobotoh tidak membutuhkan media massa nasional untuk menjadi besar. Media massa nasional-lah yang membutuhkan PERSIB untuk menjadi besar dan terkenal”.

    Hal itulah yang mungkin menjadi salah satu penyebab munculnya perasaan senasib dan berkembang menjadi ikatan persaudaraan, selain tentunya kerusuhan di Jakarta dimana BONEK yang hendak mendukung PERSEBAYA di Senayan diserang oleh sepasukan organisasi masyarakat (?), yang tidak usah saya sebutkan disini karena semua juga sudah tau, dan kemudian diselamatkan oleh beberapa bobotoh (anggota VIKING) yang kebetulan sedang ada disana. Juga ketika PERSIB melawat ke Surabaya, dimana anggota VIKING yang mendukung PERSIB di sana dijamu sangat baik oleh BONEK. Demikian pula ketika PERSEBAYA yang bertanding di Bandung, giliran BONEK yang dijamu sangat baik oleh VIKING.
    Indahnya persaudaraan diantara dua kubu suporter TERBESAR di Indonesia itu. Jadi saat ini BONEK bukan hanya berarti BONDO NEKAT, tapi bisa juga berarti BOBOTOH NEKAD.
    Karena VIKING atau BONEK sama saja!
    by. MILLITAN HOOLIGANS VIKING BONEK MAGELANG

  18. 1 jiwa

    diam menakutkan
    gerak mematikan
    1 jiwa untuk bonek & viking
    masa terbanyak di indonesia
    merdekaaaaa

  19. Sakahayang

    Buat mas Agus pertanyaan sampeyan kenapa VIKING BONEX SATU HATI jawabannya SIMAK ada di VIKING BONEK MAGELANG…

  20. ArekMalang

    Gawe bonek sing ngaku jenenge burhan :
    Koen sik goblok wes metuwek..Aku saiki takon, kapan Arek Malang khususnya AREMANIA ngobong stadionmu?terus oleh kabar teko ndi awakmu kq iso ngomong Arek Malang mati 300?Ngarang ae raimu….!!!
    Seng onok iku Bonek*cuk* ngamuk2 pas krungu kabar Arek Malang razia libom plat L goblok ndhek sekitaran malang..
    Aq wes dadi AREMANIA mulai tahun ’95…
    Lek pancen bonek karo deltamania keroyokan mungsuh aremania pancen tau nang ‘darjo, tapi arek malang ora mundur lek atas’e mungsuh raimu-raimu sing ngaku bonek, cuk!!

  21. basory aregk bonek

    bermusuhan itu.gara_gara.arema pancen jancokan.lek bersaudara encene viking enakan………………….

  22. andre

    basory:jarene sopo arema jancokan?bonek sendiri golek perkoro….aremania cinta damai,dmn pun arema berada pasti damai..contoh terakhir wktu KSN bonek dteng 15 orang tp dismbut dgn baik oleh aremania,gak rusuh.viking ma bonek dl musuhan,tp krn viking musuhan ma the jack dan bonek musuh abadi the jack akhire bonek damai dgn viking jd satu sodara,tp goro2 bonek viking ikut2 rusuh mbek arema./pdhal aremania sllu nerima viking di malang…salam satu jiwa aremania…bonek viking JANCOK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  23. demax aremania mondoroko

    bonek seng melok nyocot nang kene pancen goblok kabeh kok. jarene cinta nang persebaya,,,dhisik persebalon degradasi tambaksari sepi cok,,,dasar suporter goblok karbitan,, gae viking rombeng aremania gak mondor cok ngatasi bacot gedhemu. cuih

  24. adh22play

    disitulah letak kerendahan mental suporter indonesia…
    mereka tidak pernah menerima hasil dari pertandingan yang ada…
    di pikirannya hanya ada kata menang….
    padahal pertandingan itu ada yang kalah, ada yang menang dan terkadang seri…
    tim raksasa eropa pun pernah merasakan menang, kalah, ataupun seri…
    harusnya otak suporter indonesia itu DIPAKEK!!!!

    baik bonek the jak viking aremania… lebih indah kalian damai…. karena kalian merupakan kelompok suporter besar di indonesia….

    sekali lagi salam damai suporter indonesia….
    karena kita adalah satu indonesia…..

  25. bonek_paloma

    indahnya persaudaan suporter indonesia, untuk pertanyaan bonek viking satu hati? krn kita berdua merasa dianak tirikan oleh semua , dll. klu semua mau instropeksi diri mungkin semua bisa bersahabat, mulai PSSI. kesebelasan di indonesia ini bisa juara klu ada uang dan punya mafia di PSSI. klu ngandalin pemain bagus mustahil bisa juara, contoh gmn arema di kerjain wasit di kediri sampai bakar stadion, tapi klu skrang aku 1000% yakin bahwa arema pasti JUARA krn pengurus arema ada bang ANDI DARUSSALAM. selamat buat arema

  26. AremaniA - IndonesiA

    @Bonek Paloma,.. omongan anda sedangkal otak anda, pantas kalau orang-orang banyak yang bilang bonek adalah cerminan kemelaratan, kemiskinan, tidak berpendidikan dan kebodohan. AREMA bisa juara karena ada AREMANIA yang selalu memenuhi stadion waktu laga kandang, laga tandang-pun suporpter tim lawan juga akan berbondong-bondong menyaksikan “kehebatan” Tim AREMA. Coba sebutkan Panpel Tim Mana di Indonesia ? yang pendapatannya hingga MILIARAN RUPIAH… maaf,.. sampai saat ini hanya Panpel AREMA,… malah kabar yang terakhir AREMANIA TERBAIK DI ASEAN,.. silahkan kalau mau iri dalam hal KEBAIKAN !!!

  27. Laskar Bonek

    Judulnya di atas udah jelas, BONEK VIKING satu hati. Tapi kenapa gerombolan aremania JANCOK bin PECUNDANG seperti aremaling indonesia, demax aremaling mandaroko, andre & arekmaling diatas malah menghujat seenaknya? pake otak kalian!! Siapa disini yang memancing keributan sudah terlihat jelas. Memang tepat yel-yel yang selalu disenandungkan para Bonekmania “AREMA JANCOK DIBUNUH SAJA”

  28. just-bagus

    Kalo Bonek(PERSEBAYA) dan Viking(PERSIB) bersaudara mah sejak lama, sejak Munculnya lagu “naek kereta api Kebandung Surabaya….” Lah coba kalo Lagunya Waktu itu Liriknya “Kemalang Surabaya…” Pasti AREMA BONEK satu hati…… Salam Satu Indonesia…Damai Itu Indah…

  29. uka

    wes g usah banyak mulut…..
    seng penting fakta yang buktiin siapa juara sejati…
    n sapa yang pecundang abadi yang slalu banyak omong…..

  30. Cha

    Buat ”aku” dan ”burhan bonek”..
    Pertama,,arema ngga prnah iri sma sby cm gra2 sby ibukota jatim,,cz malang skrg uda smakin keren g klah am sby..
    Kedua,,ap bonek ne emg byk omg y.. Dr smua komen cm komen kalian yg puanjaaaaang bgt.. Ckckck..

  31. tedyy

    bonek memang aneh, mulai suporternya yang bodoh dan ketuanya yg kampunngan. sejak dulu bonek didukung pssi, terbukti hinca itu titipan bonek yg langsung membebaskan bonek pasca kerusuhan asu semper. sekarang berlagak kritis jadi bulan2nan pssi, padhal itu karna ulah mereka sendiri yg njarah2 dimana2, termasuk di sidoarjo & gresik.kabar terakhir bonek dimusuhi habis2 pssi karena memang kebodohan mereka sangat mudah dimanfaatkan untuk kepentingan politik sehingga merusak sportivitas sepak bola. di degradasikan sajalah, biar aman dan maju sepak bola indonesia. bonek memang virus yang sudah menulari viking…hancurkan semuanya!!

  32. fuck the jack

    VIKING B0N3X SAMA SAJA
    ASAL JGN THE JACK ”ANJINX”
    THE JACK ITU ANJINXXXX

  33. Panjul

    PELANGGARAN BONEK : (1) Dilarang pakè atribut apapun yang berbau persebaya di dalam stadion manapun selama 2 tahun, FAKTANYA mereka tetap bandel abaikan skorsing komdis. (2) Dilarang nonton di luar kandang stadion manapun selama 1 tahun, FAKTANYA mereka juga masih tetap bandel abaikan skorsing komdis. AKHIRNYA tiada kata maaf + tak usah ditunda2 lagi DEGRADASILAH HARGA PAS YANG TAK DAPAT DITAWAR LAGI BAGI PERSEBAYA + BONEKNYA. SELAMAT YAA…!!!

  34. erik

    buat bonek yang namanya burhan n aku….

    klo km g tau apa-apa g usah banyak bacot….. kami bukan anak bayi yang g tau apa-apa. seluruh indonesia tau seperti apa kelakuan kalian, penjarahan, penodongan, pencurian, anarkis.. dll. g usah ngomong supporter, bus pemain aja klo maen di surbaya pasti dirusak.. gak tau itu bus pemain arema, persema, Persela dsb… itu kah yg namanya supporter sejati… meneror pake cara2 NDESO… udah kaya gitu aja masih g juara malah degradasi………. bodohnya. ngaku warga metropolis tapi kelakuan kayak orang bar-bar……. instropeksi diri dulu goblok.

    aremania anti tai kebo ijo

  35. yuam

    betul…betul…betull…

    bonek memang anjing, siapa bilang LA mania pendukung bonek yang berkhianat. kami LA mania sejak lahir anti bonek, yang cuma bisa anarkis. dasar bonek g tau malu, sukanya jd provokator……..
    dan hanya orang-orang bodoh yang mau menjadi soulmate-nya buaya sarap. bonek takut sama garis AREMA-THE JACK-LA MANIA makanya ngemis-ngemis dukungan…… cuih

    LA MANIA-anti bonex jancok’s

  36. bima [bonek kalimaya]

    1000.000% suporter seluruh indonesia benci la mania, soale la mania kalau di kandang sendiri brani coba kalau di luar kandang dia tdk brani.opok”o de’e gak wani!!! soale la mania iku suporter banciii salam suporter indonesia. bonek mania 100% anti la mania sampai tua

  37. bima [bonek kalimaya]

    arema;arek,maling,ayam the jak; tempat hewan jakjing persela;laskar jokontol cankir pasoepati;pasukan suporter empek paling mati . itulah musuh 2x kita salam bonek gresik

  38. bima {bonek kalimaya]

    WOOOI PARA WONG MALANG KON SAIKI ISOK SENENG YO. COBA DELOEN TAHUN NGAREP, AREMA PASTI BANGKRUTT SOALE KENTEAN DANA……………!! KAPOKK.
    AKU AREK BONEK KALIMAYA ANTI AREMA SELAMANYA

    BONEK KALIMAYA 100% ANTI AREMANIA

  39. gyas

    viking bonek harus tetap 1 hati untuk selamanya…..
    jangan sampai terpisahkan walau sampai di akhir zaman………..

    HIDUP VIKING AND BONEK…………….

  40. odhiq

    bonek viking stu jiwa
    indahx prshbatan bonek viking
    tk dpat dluiskn dlam byangan
    maju trus bonek viking…
    dlm membantai AREMA JANCUK, THE JACK ANJING

  41. gopunk

    contoen deltras wahai superter indonesia….
    superter yg netral (adem ayem) no anarkis,no rasis

  42. NEO VIKING GENERASI BARU

    HIDUP VIKING.. KAMI VIKING GENERASI BARU MENGAKU CAPEK DENGAN POLAH TINGKAH BONEK YANG SELAMA INI SUDAH IKUT MENCORENG NAMA BAIK BANDUNG.. KAMI SADAR SEMUA INI KARENA KAMI TERPROVOKASI OLEH HASUTAN ANARKIS BONEK MANIA YG SELALU INGIN MEMBUAT RUSUH.. MULAI SAAT INI KAMI INGIN LEPAS DARI BAYANG-BAYANG BONEK.. HANCURKAN BONEK JAUHI BONEK DEMI SEPAKBOLA YG DAMAI DAN AMAN.. HIDUP VIKING VIVA VIKING SEJATI SATU HATI HANYA DENGAN YG CINTA DAMAI..

  43. bonex

    the jack bantai inex (vkg & nek) jangan tkut cuma sama org kmpung an. THE JACK kamulah yang berkuasa dan labih KEJAM. THE JACK MANIA. ILOVE. sampai DUNIA akhirat!!!

  44. KEKUASAAN THE JACK & AREMANIA'

    THE JACK adalah ibukota THE JACK. bangke bonek(a) ame viking bantai aje klo ade di daerah ibukota kite yang pade merantau di AREAL GARIS ORANGE THE JACK. dah pade pulang kampung aje urusin tuh saweh yang pade suka cungkul ( petani) hahahahahahahahahahahahahahahahahahahaahahhahhahahahahahahahahahahahahhahaahahahahaheheheheheheheehehehheheehheehehehehhehehehehehihihihiihihihihihhihihihihihihiihihihihihhihihihihihihiihwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkkwk…………………………………………………………………………………………..MAMPUS LOH BONEK (BOBO AND NENEK) VIKING BANGSA……………………….T..

  45. BONEK MALANG

    wes rek ojok tukaran ae……podo2 bejate ae kok saling menghujat……mendem ae enak

  46. SURABAYA FC ANTI PERSEBAYA

    setelah bonek dn persebaya degradasi.. kami arek2 suroboyo anti bonek akan mengganti citra rusuh surabaya dgn klub milik rakyat surabaya di perantauan.. SURABAYA FC.. klub ini akan memiliki suporter yg dibina lgsung oleh klub,namanya SURABAYAMANIA.. semoga bisa berdamai dgn smua klub di indonesia, trmasuk AREMA,PERSIJA,dn PERSELA.. Surabayamania akan menolak anggotanya yg tidak mau meninggalkan budaya bonek.. semua anggota baru surabayamania harus melupakan bonek selama2nya,dilarang memusuhi sesama suporter,melupakan menghujat Malang,Jakarta dll.. Kami SURABAYAMANIA akan mengusir bonek yg berani masuk ke barisan suporter surabaya FC.. mudah2an Surabaya FC bisa promosi ke ISL mski butuh perjuangan. salam damai buat AREMANIA, THE JAK, dn LAMANIA.. skali lagi SURABAYAMANIA ANTI BONEKMANIA..

  47. one

    buat suporter aremaling,bnr br kali ini aremaling bnyk suporterx karena juara…
    bonek ga iri koen juara,krn persebaya di musuin sama PSSI jancok..
    ojok bangga dadi warga malang..
    RAIMU KBH BIEN yo arek bonek ae..
    cok najis wedok malang di gilir ambek arek the jack anjing..
    kota the jack kota banjir..
    mreka smua akan tenggelam..
    ga usa di bunuh mereka smua,,
    entr jg pd mati sendiri..
    sama2 the jack kok berantem..
    suporter goblok..
    yyaaaa gt suporter jago kandang kambing..
    hahahahahaahahahahahahah
    aremaling the jackambing sampah indonesia…
    kalian smua iri pd kami..
    bonek viking satu hati..

  48. SPIRIT VIKING BONEK

    Saudaraku Bonek, Hati2 dengan Statement provokasi model NEO VIKING GENERASI BARU.Jangan terpancing dan mudah diadu domba.Saya yakin, Mereka2 yg anti kita berusaha dgn berbagai cara untuk mengadu domba.Keep spirit VIKING BONEK SATU HATI !!!

  49. Andy Freezing

    Neo Viking Generasi Baru??
    Itukan orang yang takut dengan bersatunya Viking-Bonek. Provokasi dunia maya seperti ini biasa dilakukan musuh-musuh kelompok yang sedang bersatu. Hahahaha…..Provokasi murahan ala Aremania, JakMania, LAmania, dan monyet-monyet lain yang bermusuhan dengan Viking-Bonek.

    Viking-Bonek satu hati, yang lan hati-hati!

  50. radjabonek

    ancen bener arema iku jancok
    wez ga usah didebat
    bonek viking seduluran smpek mati
    trus pokoke lek delok arema karo thejak iku ayo dipateni
    setuju a…
    wez ga usah kakean omong maneh
    lek lamongan iku ga usah dibahas soale banci kaleng

  51. gilang aremania surabaya

    salam satu jiwa…
    aku aremania tapi asli arek suroboyo dulur…
    ebes kerjo kodam,aku sekolah sma persid wonokitri..
    kalo anda sekolah n memiliki pndidikan,anda pasti gak ngrti sama apa yang di bicarain sama bonek…kata demi kata yg mereka bilang,tidak pernah mengandung isi yang jlas..mereka cuma bisa menghardik orang,pdhal mereka sndri bingung sama apa yang mereka katakan..semakin mereka menghardik,semakin terlihatlah latar belakang n latar pendidikan mereka yang jelek n bodoh..
    by:gilang aremania wonokitri surabaya

  52. Bill Heuett

    This excellent post helped me very much! Saved the site, extremely great categories everywhere that I see here! I really appreciate the info, thanks.

  53. yudi mulyono

    Forza BoNek (Bondo Nekad)….!Klo BONEK-VIKING SATU HATI…!
    THE JACK-AREMANIA SATU JIWA….! jadi kesimpulnx….Boooss..?
    – BONEK bermusuhan ama AREMANIA (jatim)
    – THE JACK bermusuhan ama VIKING (jabar)
    karena kedua daerah dan kedua kesebelasan mempunyai komunitas suporter yang sangat Fanatik dan banyak…..!!

  54. bonek kampus

    gilang > anda belum kenal bonek kawan.. anda hanya mengenal bonek dari kulitnya saja… tidak semua bonek latar belakang pendidikannya jelek. … anda hanya terlalu sombong.. banyak teman bonek yang latar pendidikannya sarjana ataupun anak kuliahan… trims. sinyal wani

  55. harry bonek

    aku mau cerita dikit, waktu tret tet tet th 1989 ke jakarta, ribuan Bonek yg ikut, gak hanya bonek surabaya saja, banyak yg dari kota kota lain di jatim…..terutama yg blm ada kesebelasan di daerahnya yang ikut di kompetisi tertinggi PSSI. mereka bangga dgn sebutan Bonek……kalo anda punya ortu ato sodara ato teman yg gila bola saat itu, tentu mereka tahu. Tentang keributan yg sll melibatkan Bonek waktu away ke kota lain. memang kemungkinan terjadi sangat besar, kenapa ? karena banyak kota yg mereka lalui, dan sambutan dari warga yg dilewati beragam, ada yang baik dan ada yg tidak…..anda tahu sendiri lah, gmn ceritanya….. maka beruntunglah anda suporter kesebelasan lain waktu away….jalur yg anda lewati tidak ada / pernah melewati Surabaya…karena memang geografis nya begitu……entah apa jadinya, jika suporter yg dianggap bermusuhan dgn Bonek , waktu away melewati surabaya ???? tp mudah mudahan dgn usaha dari teman teman Bonek tuk berubah, semua kekhawatiran itu tak terjadi………Salam 1 nyali …..WANI.

  56. dimas

    halaaaaahhhhh

    wezzz ket mbiyeeennnn arema n the jack

    AAAAANNNNNNNJJJJIIINNNKKK kabehhhhhhhhh

    cooooooooooooooooooooooookkkkkkkkkk
    ULTRAS GRESIK NOMER SIJI

  57. rizhell

    bonek viking gak bakalan bisa di pisahkan…degan cara apapun…. kami bonek viking siap tempur kembali…setelah kami selamat dari tawuran tandang sidoarjo….viking bonek membuktikan bahwa kami punya nyali besar dikandang maupun tandang…salam viking bonek satu nyali,,wani….

  58. rizhell

    viking bonek satu darah…satu jiwa dan raga….kami ibarat kakak dan adik….yang selalu bersama dikala suka dan duka…. kejadian di sidoarjo membuat kami geramm…haus akan kebencia,,,,, buat musuh kami…. gobloooook semuanya…. viking jakarta utara

  59. gendruwo

    SEJARAH PRMUSUHAN LAMANIA & BONEK

    1.)Th 2003 tp Lupa tnggl n bulannya….pagi hari mnjelang prtndingan Persela vs persebaya klo nggak salah dlm prebutan piala gubernur…sejak pagi hari rombongan bonek sudah berdatangan ke lamongan dan tk jarang pula bonek2 yg memadati n nongkrong di warkop2 di LA…
    Sekitar pkl 10.00wib ribuan bonek udah memadati surajaya n menerobos masuk stadion memenuhi tribun2 dan mengibarkan spanduk2 bonek..mereka bernyanyi , berteriak dg sikap arogannya…
    Sebenarnya wktu itu udh ada beberapa Anak2 LAmania yg tau apa yg di lakukan bonek..tp LAmania brsikap dingin…saya sndiri jg sudah mondar mandir dstu dr pgi..tp blm pakek atribut LAmania karna msh ada urusan laen…
    Mnjelang skitar pkl 12.30 ada beberapa rmbongan LAMANIA yg mulai brdatangn trmasuk saya…tp sikap n ulah bonek smakin rasis n anarkis…mereka tk hny mnguasai surajaya..tetapi jg meneriakkan hinaan buat LAmania bahkn mreka jg membakar bendera2 n spanduk persela/LAmania…
    Kami LAmania yg jam sgitu dg jmlh kcilpun marah..terjdi baku hantam dg bonek dsekitar luar surajaya….
    Tepatnya pukul 13.00 insidenpun trjdi..kami LAmania yg smakin bnyk brgerak n brsatu menuju surajaya mengusir ribuan bonek yg mnguasai surajaya…bentrokn fisikpun tk dpt di hindari banyak bonek yg trluka bnyk yg lari ke sawah2 dan bahkn ada bonek yg meninggal akibat jatuh dr truk saat lari..dan mati di hajar di sawah2 sblh barat surjaya(skrg di bngun mushola)….
    Akhirnya ribuan bonekpun brhasil di usir dr lamongan..dan prtandingan brlangsung tanpa bonek..

    2).rombongan LAmania yg dtng ke gelora 10 nov di lempari dr luar stadion..pulangnya kami LAmania di hadang dg lemparan batu di sidotopo dan skitarnya…trjdi jg bentrok fisik ketika LAmania turun memberi prlawanan tp dpt di redahkn petugas…ada LAmania yg trluka akibat lemparan batu..

    Begitulh crita singkat awal prmusuhn itu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>