Fenomena Bulan Kembar

27 Agustus 2010 17 Ramadan 1431H Hari Jumat

Beberapa hari terakhir saya mendapatkan beberapa SMS yang mengabarkan akan adanya bulan kembar pada tanggal 27 Agustus 2010 yang bertepatan dengan 17 Ramadan 1431 dan hari Jumat. Isi sms tersebut kurang lebih seperti ini:

>>Breaking News<<
di dekat bulan, skrg ada benda langit terang seperti bintang yang setiap hari akan membesar dan semakin terang. itu adalah planet Mars yang sedang mendekati Bumi dan puncaknya nanti tanggal 27 Agustus saat Mars akan berada paling dekat dengan bumi, sehingga hari-hari yang dekat dengan tanggal 27 akan terlihat ada 2 buah bulan. Selama hidup, hanya kali ini kita akan melihat 2 buah bulan di langit. Ingat tanggal 27 Agustus = 17 Ramadan = Jumat.

Benarkah demikian?

Ternyata kabar tersebut hanyalah HOAX alias berita bohong tidak berdasar. Dan ternyata lagi berita tersebut tidak hanya beredar di Indonesia, tetapi juga di luar negeri, dengan dibumbui cerita lokal setempat. Misalnya di Indonesia dimana kebanyakan penduduknya Muslim maka akan dikaitkan dengan kiamat (yang konon akan jatuh pada hari Jumat dan diawali dengan fenomena bulan kembar)

Untuk lebih jelasnya silakan baca penjelasan di blog Earth Sky: Will Mars will appear as large as a full moon in August 2010?

Atau baca postingan terdahulu di blog ini yang saya tulis pada tahun 2008 lalu: Bulan kembar pada tanggal 27 Agustus 2008, benarkah?

10 thoughts on “Fenomena Bulan Kembar

  1. galihsatria

    Kok ya ada aja yang memodifikasi hoax luar negeri jadi lokal. Ironisnya kadang-kadang jika berkaitan dengan agama, ada beberapa pihak yang begitu percaya langsung memforward hoax tersebut tanpa cek dan ricek.

  2. DeathseaL

    kalo melihat mars sebesar bulan sih agak aneh kedengaran nya :D
    tapi kalo melihat mars dengan mata telanjang, kok saya melihat ya :) itu kira kira mars apa venus, wkwkwkw
    buta astronomi :D

  3. ezra

    hari ini saya menyaksikan dengan mata kepala, bulan terlihat seperti kembar di langit tanggal 27 agustus 2010. jam 12.30. malam. dan ini nyata. soal pertanda ????… sya tidak mengerti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>