Kakang Senduk 2010

Ponorogo memiliki tradisi memilih putra dan putri seperti yang terjadi di kota/kabupaten lain. Jika di propinsi Jawa Timur ada Raka Raki, di Surabaya ada Cak Ning, di Gresik ada Guk Yuk, di Madura ada Kacong Cebing, maka di Ponorogo namanya pemilihan Kakang Senduk, yang juga diselenggarakan setahun sekali.

Selama ini saya pribadi belum melihat fungsi strategis dari keberadaan Kakang Senduk tersebut selain untuk menghadiri acara sejenis yang digelar oleh kota lain. Selain itu, untuk promosi pariwisata misalnya, belum banyak bisa diperbuat oleh Kakang Senduk.

Namun desas-desusnya kalau menjadi Kakang Senduk maka akan punya akses khusus untuk menjadi PNS di Kabupaten Ponorogo. Apalagi hampir setiap tahun ada perekrutan PNS. Lowongan PNS Ponorogo dengan berbagai formasi siap ditempati oleh mereka yang punya akses khusus tadi, tidak peduli bagaimana kompetensi akademiknya.

Melihat desas-desus tersebut (kebenarannya belum tentu juga sih, tapi jika benar terjadi) maka bisa menurunkan kualitas SDM PNS. Mengapa? Karena biasanya dalam pemilihan putra putri seperti itu yang menjadi pertimbangan utama adalah kecantikan fisik, tidak terlalu mempertimbangkan kualitas lain.

Entahlah.. Gimana menurutmu?

***posting ini murni untuk ‘tembak keyword’ kakang senduk ponorogo 2010 dan sejenisnya***

10 thoughts on “Kakang Senduk 2010

  1. teguh santoso,st

    “pemilihan putra putri seperti itu yang menjadi pertimbangan utama adalah kecantikan fisik, tidak terlalu mempertimbangkan kualitas lain”
    menurut saya itu tidak benar, waktu era saya(saya kakang ponorogo 2001),filter kelolosan pertama terletak pada test akademisnya.baru berlanjut untuk test2 berikutnya,termasuk penguasaan bahasa inggris dsb..,itu saya mengalami sendiri,

  2. Anibal Molden

    The informative post assited me very much! Saved your blog, extremely interesting categories everywhere that I read here! I really like the information, thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *