Exponential Entrepreneurship, apa itu?

Tadi malam ketika sudah tidur tiba-tiba ada seorang teman yang menelepon saya, mengajak saya hadir ke diskusinya tentang ‘exponential entrepreneurship’. Istilah baru bagi saya, tapi saya segera faham apa maksud dari terminologi tersebut.

Exponential atau eksponensial artinya tidak linear, tetapi progresif, mengikuti kurva lengkung, bukan garis lurus dengan gradien tertentu. Supaya lebih mudah lihat contoh grafik eksponensial berikut ini:

exponential growth

Entrepreneurship artinya kewirausahaan. Jadi mungkin yang dimaksudkan oleh teman saya itu adalah kewirausahaan yang menghasilkan pendapatan progresif. Wow..

Tapi saya langsung ingat sebelumnya teman saya itu pernah meminjami saya sebuah DVD yang katanya penting. “Ini saya pinjami DVD, kamu lihat ya, habis itu nanti saya telpon kamu untuk mendengarkan komentarmu,” begitu pesan teman saya waktu itu.

Begitu saya lihat cover DVD tersebut terdapat logo NETWORK 21. Seketika saya langsung ngakak terbahak-bahak!

Sekitar 9 tahun lalu saya sudah familiar dengan nama itu. Itu adalah support system untuk sebuah MLM dari China. Apalagi kalau bukan TIANSHI atau TIENS.

Dulu ada yang menawari saya MLM ini dengan menggunakan istilah ‘bisnis supermarket’ yang katanya akan mengalahkan hypermart, bahkan carrefour, hanya dalam 1 tahun ke depan. Padahal itu ngomongnya sudah 3 tahun lalu, nyatanya supermarket yang ternyata bernama BANNER STORE itu masih tetap segitu-gitu aja.

Lha kok sekarang pake istilah baru ‘exponential entrepreneurship’. Pake istilah apapun saya tidak akan tertarik, kawan, jadi jangan menawari saya lagi ya, apalagi sampe nelpon berkali-kali. :mrgreen:

Oia, saya berdoa semoga kawan-kawan saya yang terjebak di dalam bisnis MLM segera mendapatkan hidayah dan sadar betapa besar potensi sukses dia jika digunakan untuk mengembangkan bisnisnya sendiri, menjualkan produknya sendiri, bukan menjualkan produk orang lain yang tentu saja profit marginnya lebih kecil, atau jatuhnya harga produk lebih mahal dari kualitasnya karena harus digunakan untuk membayar aneka bonus 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *