Institut Teknologi Surabaya

Beberapa tahun lalu masih banyak yang tidak tahu singkatan dari ITS yang sebenarnya lalu ngarang singkatan sendiri menjadi: Institut Teknologi Surabaya. Mungkin dimirip-pola-kan dengan ITB: Institut Teknologi Bandung. Padahal aslinya, ITS itu Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Nah, saking banyaknya orang yang salah memanjangkan singkatan ITS, kemudian ITS membentuk tim khusus yang diberi tugas untuk membuat identitas baru berupa logo. Waktu itu Hermawan Kartajaya merupakan satu dari banyak orang yang memberi masukan supaya identitas ITS diperjelas. Bukan mengganti nama ITS menjadi Institut Teknologi Surabaya, tetapi mengeluarkan logo baru yang bisa menjelaskan singkatan ITS.

logo ITSNah, akhirnya lahirlah logo baru seperti gambar di samping kiri ini. Rencananya logo ini digunakan untuk kegiatan promosi atau eksternal. Sedangkan untuk dokumen resmi kampus tetap menggunakan logo yang lama.

Namun ternyata logo ini sekarang sudah digunakan secara luas baik untuk kegiatan internal maupun dokumen resmi semacam ijazah, transkrip akademik, cover laporan, dan sebagainya.

Dengan melihat logo baru ini orang akan langsung faham bahwa ITS adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, bukan Institut Teknologi Surabaya!

Heran saya, Google Map menandai area kampus ITS dengan caption: Institut Teknologi Surabaya! (doh).

4 thoughts on “Institut Teknologi Surabaya

  1. Eko Prasetyo

    hallo,
    aku mau tahu tentang panel surya.Apakah mahasiwa di ITS sdh ada yg secara komersil menjual tehnik surya untuk kebutuhan rumah tangga.thanks

  2. Eko Prasetyo

    hallo,
    Saya mau tahu tentang panel surya,kira2 berapa biayanya untuk kebutuhan rumah tangga.Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *