Pengertian Domain dan Hosting Indonesia

Bagi pegian bisnis online, memiliki domain dan hosting adalah hal yang wajib. Domain adalah alamat sebuah website yang pada umumnya diawali dengan www diikuti dengan nama yang pendek dan jelas dan diakhiri dengan sebuah ekstensi. Contoh ekstensi domain adalah .com, .net dan .org untuk domain internasional. Sedangkan untuk domain Indonesia memakai ekstensi .web.id, .or.id, .go.id, .ac.id, .net.id dan sebagainya.

Sedangkan hosting adalah tempat penyimpanan file yang online terus sehingga bisa diakses setiap saat. File yang dimaksud adalah file-file website. Untuk mengakses file tersebut kita mengetikkan alamat IP dari tempat penyimpanan atau server pada web browser kita. IP adalah angka-angka yang menunjukkan lokasi. Nah, domain tadi fungsinya untuk memudahkan kita mengingat angka-angka tersebut. Tidak perlu mengetikkan angka, tapi cukup mengetikkan kalimat atau kata pendek, yaitu domain name itu sendiri.

Pengertian domain dan hosting Indonesia dengan mudah akan kita fahami dengan analogi sebuah rumah. Setiap rumah pasti memiliki alamat jalan. Di dalam rumah itu ada macam-macam barang milik pemilik rumah. Nah, domain name adalah alamat jalan itu, sedangkan hosting adalah bangunan rumahnya. Sedangkan website adalah bangunan rumah beserta isinya.

Nah, saya rasa itu yang bisa saya jelaskan kepada Anas, dan beberapa orang lagi yang sedang sibuk mencari “pengertian domain dan hosting Indonesia” di dunia maya!

11 thoughts on “Pengertian Domain dan Hosting Indonesia

  1. Anas

    iya mas det, analoginya memang benar, ibarat sebuah rumah pasti memiliki alamat yakni domain, gimana mau ngirim surat/paket lewat pos kalau alamatnya salah atau gak jelas. 😀

  2. det Post author

    haha saya ndak ngikut kontest pak, hanya menjawab permohonan dukungan dari mas anas, dia berharap banget supaya menang sampe nyepam2 lewat facebook..

  3. Pingback: Membangun Kerajaan Bisnis Online « Deteksi Media

  4. Pingback: Lomba SEO gak jelas! | Mbah Sangkil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *